Sejarah NOKIA

Anda mungkin mengira NOKIA adalah perusahaan yang dibangun untuk tujuan pabrik atau industri seluler. Kita selidiki, kata NOKIA berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negar Finlandia Selatan. Sejarah NOKIA ditemukan oleh Fredrik Idestam untuk perusahaan mesin penggilingan bubur kayu pada tahun 1865. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. Tahun 1950-an chief executive officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, masa depan pertumbuhan beberapa sektor ini (bubur kayu dan kertas) akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki (disini udah mulai menjurus ke seluluer).

Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). Dan tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi Nokia. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun, tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia berjalan sukses. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman, SEL, tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus.

Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.

Pada awal 1990-an Nokia sempat krisis, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan Nokia menjadi nomor satu.

Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA, karena itulah moto NOKIA.

Anda tau bahwa dulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), tapi sekarang apa kata Orang Ddepartemen Luar Negeri negara itu (Jyrki Vesikansa) : “Dulu kami hidup dari hutan, tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia,”. Apakah indonesia bisa ?

About these ads

38 comments on “Sejarah NOKIA

  1. NOKIA…emang banget se “telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA”. Sandainya Indonesia kayak Finlandia (Klo dulu orang Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), yang hutan Indonesia berjuta2 hektar,,,, bisa2 Indonesia punya buaaaaaanyak pabrik Nokia neh…..=p

  2. Pake nokia mah awet

    lamun pake nulain babari ruksak kami mah

    ternyata selidik demi selidik Nokia mah menuna sederhana

    makacih atas artikelnya

  3. # To IRSYAM:
    Banyak kok sekarang mah, silahkan huntung langsung ke toko elektronik tersekat

    # To Musik indonesia:
    Sama-sama

    # To Mynokia-phone:
    Silahkan, jangan lupa copyrightnya yah heu heu

    # To ucup:
    Ya itu mah masalah selera aja.

    # To d-Generation:
    Thx for share.
    Jump to your URL

  4. trims sejarahnya bpk supono, saya lg perlu bgt bwt bahan laporan PkL saya. jika ada lagi beri tau saya ya…

  5. eta kumaha nya ngulik na, tina tukang kertas kana elektronik, elektronik jaman harita nu kumaha atuh…

  6. Hmmmh,, sayangnya sekarang hp buatan cina sudah mulai mendominasi dan sudah mulai mendapatkan brand positioning yang bagus juga di hati orang indonesia,, nokia harus bekerja keras untuk tetap dapat bertahan

  7. wah kalau dunia kenal dgn hp IP( INDONESIA PHONE) pasti semua orang akan terkejut.
    sayang produk ini terjual utk luar negri dan disamarkan produk IP agar tdk diketahui warga INDONESIA

    sekarang indonesia mmg dah punya hp , laptop, dan msh bnyk lg yng kln tdk tau
    krna hanya terjual di luar negri, klu di dlm negri kata produk manajemen gak laku….

    from TIRTO

    085763108088
    UTK INFORMASI

  8. Kalo bsa bljar dr itu,indo skses.tp orng indo ska skolah tp mls bljr.
    Gek skolah byayax mahal.pmrintah cma bsarin lumbungx aja.

  9. Luar biasa sejarahnya!!!!
    saya sebagai orang indonesia mempunyai cita2 ingin menciptakan mesin waktu, yng bisa keluar masuk masa lalu dan masa depan, itu cuman hayalan bukan cita2 hehehe…. :)

  10. mudah mudahan kita bisa mengambil pelajaran, dari perjalanan kesuksesan NOKIA. siapa tau nantinya Indonesia bisa lebih maju dan sukses..

  11. Hello friends, how is the whole thing, and what you would like to say concerning this article, in my view its genuinely amazing in favor of
    me.

  12. Do you have a spam problem on this blog; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have developed some nice procedures and we are looking to swap techniques with others,
    be sure to shoot me an e-mail if interested.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s