Arti Sahabat

SahabatKalau ada pertanyaan tentang apa sih arti seorang sahabat, coba baca ini :

Kamu tau arti sahabat, apa berbedaanya dengan teman ?

Sahabat adalah orang yang paling dipercaya, yang bisa diajak cerita tentang masalah kita, yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita. Seorang sahabat sejati sulit sekali untuk kita cari atau kita jumpai, karena mencari sabat sejati itu memang bener-bener sangat sulit.

Teman adalah seseorang yang kita kenal dan seseorang yang bisa kita jumpai disaat tertentu atau tidak selamanya kita jumpai. Mencari teman itu mudah bahkan sangat mudah, kita cuma menemui orang yang tidak kita kenal, lalu mengajaknya kenalan, ketika sudah kenal maka ia sudah bisa kita anggap sebagai teman.

Sahabat adalah seseorang yang kalau kita lagi sedih ia bisa membuat kita tersenyum sementara ketika kita senang dia akan lebih senang dari kita. Yap, rasanya nggak terlalau berlebihan kalau keberadaan seorang sahabat emang sangat istimewa, Ia menjadi zat penting yang memberi warna dalam kehidupan kita. So, punya sahabat bukan lagi sebuah keharusan melainkan kebutuhan, pasti anda setuju bukan? Nah buat kamu yang sampai detik ini belum menemukan seseorang yang cocok intuk menjadikan sahabat, coba deh lebih keras lagi berusaha mencarinya. Punya sahabat itu ga ada ruginya, malah akan lebih banyak rezeki he…, sebab sekali lagi sahabat membuat hari-hari anda akan lebih hidup dan bermakna. Ga percaya, kalo gitu coba deh baca point-point berikut, dijamin kamu akan termotivasi untuk mencari sebanyak-banyaknya. Itu pun kalau kamu bisa menyimaknya bukan sekadang baca doang.

Sahabat itu teman curhat, ngga ada istialh stress ketika dirundung masalah, seberat apapun masalah itu kalau kita punya sahabat. Dalam hal ini sahabat bisa menjadi tempat berbagi cerita, teman curhat, yang nyaman. Kita bisa ngungkapin semua perasaan kita selain kepada keluarga (kalau jauh dari keluarga) atau pacar (sebaiknya jangan) yaitu kepada sahabat kita. Sahabat itu adalah dewa penolong. Butuh bantuan, butuh pertolongan kenapa engga lari ke sahabat. Siapa tau dia bisa bantu, bisa kasih solusi, atau paling tidak sekedar opini. Tapi bukan berarti setiap masalah harus lari ke sahabat, yang paling baik dan utama adalah dengan menyelesaikannya dengan sendiri, baru ke keluarga terus orang terdekat yaitu sahabat dan tidak lupa minta kepada yang di atas. Belajar mandiri ceritanya.

Sahabat itu orang yang yambung diajak ngobrol, enak diajak diskusi, teman berbincang yang menyenangkan dan semua itu akan tercapai manakala kamu bisa saling mengenal kepribadiannnya masing-masing (takut orangnya suka ngomongin rahasia orang, gawat men…), Sahabat itu orang yang dengan kelapangan hatinya bisa mengerti kita, dengan keterbukaan tangannya bisa menerima kita apa adanya, tanpa pernah berusaha mempengaruhi apalagi mengubah keadaan kita.

Sahabat itu cermin bagi diri kita, rujukan tempat kita mengekspresikan diri. Sahabat itu seperti tubuh, bila tubuh kita salah satu sakit, maka yang lain akan merasa sakit. Misalnya kalau kaki kita terantuk batu, pasti dengan mulut refleks akan bilang “aduh”, tangan langsung mengusap dan mengobatinya, tanpa diminta dan tanpa disuruh, begitu juga seorang sahabat dia akan punya kesadaran diri kalau sahabatnya sedang dalam kesulitan, dan itu dilakukan atas dasar keikhlasan bukan paksaan apalagi pamrih, ya seperti tubuh kita yang sakit tadi.

Kalau begitu, siapa sahabat kamu?

128 comments on “Arti Sahabat

  1. kamu tahu artinya blog ? apa bedanya dengan situs …. ?

    ah bagiku sahabat tidak terdefinisikan, aku tidak terlalu setuju pabila sahabat = teman yg bisa bisa dijdikan ngobrol, teman yg bisa diajak diskusi atau teman yg mengerti & memahami tentang kita

    kenapa ? kita bisa terjebak dalam suatu definisi, suatu saat bila si dia tidak lagi bisa diajak ngobrol atau tidak bisa diajak diskusi, lalu kita menganggapnya bukan sahabat donk ?…..

    _________

    lieur nyak ?, sama sayah ge lieeur, pengen bisa css euy (halah naon hubungana sahabat jeung css) xixixiixi

  2. Klo buat aku, sahabat yang paling dekat adalah ibuku, dia adalahsegalanya bagiku. Aku selalu menumpahkan kekesalan kepada dia, Terima Kasih Ibu, nah sahabat yang kedua siapa yah?

  3. # To adit :
    Emang benar, sahabat sangat jauh artinya dengan teman, apalagi dengan css he he … Sahabat itu lebih dalam dari teman

    # To Nina :
    Ibu yang pertama, surga ada di telapat kaki ibu kan nin? Sahabat yang kedua Aku juga boleh (promosi :D)

  4. beuh mang ibu teh samsak yah pake dibuat numpahin kekesalam segala … xixi.

    nin ati2 adit mah suka ngigit … mendingan ma aRai .. halah2 paan coba maksudna :D

  5. sahabat biasanya selalu care dalam keadaan apapun namun teman hanya care ketika dlm suatu keadaan tertentu saja.

    misalnya teman kampus = bisa jd sahabat kampus jika di luar kesibukan kuliah tetep temenan walau tdk sedang kuliah sehingga bisa disebut sahabat

    gitu kali ya

  6. sahabat ya?banyak(DheWieDieHeReRa).Tp aku punya seorang sahabat yg sekarang udah ga bisa di ajak share lagi, n dia cuma cerita klo dia lg sedih or banyak masalah, klo lagi seneng lupa deh. apa itu msh bisa d sebut sahabat?

  7. # To aRai :
    Ibu tea atuh, pokokna mah orang yang paling mengerti kita we lah dia teh

    # To Temen, Maria :
    Yups betul sekali

    # To hesti :
    Itu sahabat kamu juga, dengan menceritakan ketika dia sedih, maka itu otomatis dia udah percaya ke kamu, mungkin kamu kurang deket atau kurang berinteeraksi aja sekarang-sekarang ini. (Saya kaya konsultan euy he he)

  8. YUupZ….
    Sahabat mang susah banget nyarinya, n aku baru nemuinnya baru2 ini aja….
    N kerasa banget klo hidupku jadi beda setelah ada dia….
    Langkahku lebih ringan n buat aku jadi selalu bahagia karena kehadirannya dihidupku….

    Sahabatku,
    Orang yang sangat berbeda dari orang2 biasanya,….istimewa gt deH!!!!
    N ga bisa diganti’in oleh syapa pun!!
    Aku sayang banget ma sahabatku….
    Dy orang yang paling mengerti aku….
    Aku senang bisa ketemu dy….
    Sahabat….oh..sahabat!!!

  9. kawan,,adakh kini seseorang yg bisa mengerti ak?seseorang yg bisa merasakan kepedihan hatiq,n seseorang yg sll ada untkq? terkadang tuhan i2 gk adil,dy bisa menberi kebahagiaan untk org laen,tp tdk untk driq..kawan,,msh adakah sedikit kebahagiaan yg tersisa untkq?? seandainya saja ada seseorang yg bisa sedikit mengerti ak,mk ak akn berusaha memberikan yg terbaik bwtnya…

  10. sahabat yah…….?

    “to nie” janganlah kamu berputus asa, di lain waktu pasti akan ada orang yang mengerti hati kamu, dan satu hal jangan lah kamu menyalahkan Tuhan, dan janganlah kamu bilang kalau tuhan itu gak adil ,tuhan memberikan cobaan sama kamu ,berarti dia masih sayang sama kamu, mungkin kamu tak menyadari di sekelilingmu masih banyak orang yang terhina, tercaci maki, karena kerasnya hidup, kebahagiaan tak akan pernah hilang …cobalah kamu syukuri apa yang tuhan pernah berikan? manusia itu gak ada yang selalu bahagia , ………. kebahagiaan pasti ada ….., asal kamu mau mensyukuri apa yang pernah Allah berikan dan mau mencari kebahagian itu ,pasti kamu bisa ? ox ma’af bukan aku menasehati aku juga pernah ko ngalamin seperti itu , mungkin lebih dari kamu !!!!

    kawan -kawan…….. sahabat itu memang susah di cari , tapi tampa kita brusaha mencari, kita tak akan pernah menemukan sahabat sejati ……….

    sinarieun lancar xixixixi

  11. hmmm…
    sahabat kalo menurut saya..
    seseorang yang mengerti diri masing masing satu sama lain

    tapi dia ngga harus selalu ada untuk kita, dia kan juga manusia, punya kesibukan juga

    tapi ketika berbagi , baik itu duka dan suka , dia bisa mengimbangi, tau perasaan kita , menyelami apa yang kita rasakan berusaha tidak menyakiti hati kita..
    sahabat akan berusaha membantu kita keluar dari duka , turut sedih ketika kita bersedih, turut berbahagia ketika kita bahagia

    dan dia merasa kita juga sahabatnya

    yang bisa dipercaya , bisa mengerti kita, memahami apa yang kita rasakan, kita ingini…. dan ingin semua merasakan arti bahagia…

    sahabat sejati tidak perlu banyak…
    satu pun cukup…

    banyak banyak berteman itu bagus…
    bahkan sangat bagus…
    jaringan yang kuat adalah jaringan temen yang saling mendukung satu sama lain untuk terus maju….
    merdeka …

  12. # To Thinkiey:
    Sahabat itu ngenengin…

    # To nie:
    Mudah2an dah menemukan sahabat yang kamu idam2kan

    # To adit:
    Sip

    # To sira:
    Merdeka!

  13. SahAbad itu memank menyenangkan ! .Tapi , mencari nya sulit bgt ! ! Sampe skrg pun , w blm bisa memiliki se0rank sahabad ! Tapi , kalo teman ato yg skedar kenal sih banyak !! Aku pernah berusaha baik dan setia pada seorang temand , aku pgn bgt bs jd sahabad dia , tapi sepertinya dy gag anggp aku shabad ! Dya gag bs nerima aku apa adnya ! Dy selalu membnding2kan aku dgn teman iank lain ! Katanya , teman iank lain lbh bisa diajak brchanda drpd aku ! Dan dy jg kbiasaan nyebar2in aib aku ! Tapi , kdg dy jg ska baik ! Aku bgg . . . Apa itu namanya sahabad ? ? Masih byk bgt yg pgn aku critain. . ? ! ! Bls iah.

    Sahabat itu satu tujuan sama kita, sebagaimana kita seperti mendayung perahu untuk menuju tempat tertentu, bagaimana jadinya apabila kita mendayung ke utara dan dia mendayung ke selatan, ga akan sampe. Masalah pasti ada dalam perjalanan, sikapilah dengan hati yang terbuka dan penuh dengan kekeluargaan

  14. . Wad kalian iank lump puna sahabad , .Gag sendiri kug ! Aq jg sma ! Mencri sahabad memank sulit skali, mengerti perasaan qt , menerma qt ap adnya , dll . Tapi , smpe skrg aku tetab brusaha mencari . Karena, aq yakin akan ada orank iank betul2 klob dgn kuhh ! Terus berjuank ia , kawand kawand ! Chayo ! ^^.

  15. bagi w sahabat tak dapat dikatakan memakai kata2,w menyesal rusakin hubungan sahabat w,padahal w tau w ini salah tapi w marah nya ke dia,w ne sahabat yg jahat ya… meskipun w org china tp skp dan sifat w buruk sekali…

  16. “SAHABAT” adalah “TEMPAT SAMPAHKU”…

    di kala aku sangat membutuhkan sesuatu,,aku terpikir olehnya,,

    berbohong di antara kami,,,adalah hal yang wajar,,
    dan smua itu hanyalah panggung sandiwara dalam hidup,,,

    aku pribadi tidak pernah mendapatkan sahabat yang bisa bertahan lama smpai sekrang ini,,,

    adanya smua itu tinggal kenangan….

    kehilangan dy adalah,,,kehilangan sebagian organ tubuh, sehingga itu menyebabkan qta lumpuh,,,,

    luv_u plend,,,,I always need,,remember for U…

  17. menurt a sahabat to,…..

    g”smua na bs di percaya…
    soalna q pernh dikecewain m shabat q sejak kcl..
    jd na a traoma…
    q g’bgitu cuka bersahabatn mending kt tmenan j…

    Semoga menemukan sahabat yang terbaik…

  18. sahabat…????
    gw pernah trauma sama sahabat sendiri…nusuk dari belakang yang dia lakuin..setelah sekian lama gw percaya penuh ma dia…heeemmm…mungkin mending temenan aja x yah. hehehe

    OK, temenan juga ga apa-apa.

    SPN

  19. Bwad aku ,susah bgt nyari sahabad , yg betul2 peduli dgn ku dn slalu brda di smpg aku . Knapa c , temen2 aq cma bth aku pas lg perlu aja ? Giliran , gag ad prlu sma aq , mrka ninggalin gt aja .. Lama2 aku cpk kalau aq slalu digituin .. Slma ini, Sebenarnya aku udah brusaha untk bersikp baik dan prhtian sma org yg aq pengn jd sobt aq , tapi ttp aja akhr2na dia lbh mmlh deket sma org lain dibndg aku dn cma ada prluna aja pas dkt ma aq. Apa yg slh sih sama aku ???

  20. well….best friend always keep best friend’s secret
    best friend always trust each other…….
    thanks for trusting me. then, u r my best friend too

  21. Saat rona semangatku memudar
    dia hadir menyemarakkannya

    Saat aku lelah mengejar asa
    dia hadir menuangkan percikan harapan

    Saat hari terasa begitu senyap
    dia hadir menorehkan warna ceria

    Saat mata ini tiba-tiba berembun
    dia hadir memberikan sebentuk perhatian,

    pun sebaLiknya…

    dari situLah aku menemukan makna inDah sebuah persaHabatan

  22. setuju sebagian….
    karena sahabat gak harus selalu sejalan dgn kita
    tpi dia adalah orang yg bisa membuat kita tersenyum saat menangis

    tpi, gmana klo kita justru baru menyadari bahwa kita ternyata menyukai sahabar karib kita? tapi, sahabat kita sdh punya pacar??

    wadugh… ada solusi’a gak?

  23. # To Manda:
    Pertama kita harus satu visi dan misi dengan dia, kamu harus ngangap dia bagian dari kamu, begitupun sebaliknya. pastikan itu.

    # To aci:
    You are my best friend too :D

    # To martha:
    Sip, harus ada sahabat berarti.

    # To yuNie:
    Sip

    # To re_Tha:
    Ga apa klo emang itu terjadi. Heu heu…
    Tapi jangan klo udah punya pacar mah

  24. @re_Tha: hmmm….nikmatin aja buuu
    rasa cinta itu anugrah
    gag bisa ditebak datang dan perginya
    just enjoy every single beat of your love
    tapi kita juga harus bisa memposisikan diri
    karena dia udah punya pasangan
    jangan sampai menggganggu kehidupan peribadi dia
    percaya deh……
    hubungan persahabatan itu lebih indah
    everlasting
    hahahaha
    iya gag pon?

  25. Bwt re_Tha

    Pershbtn sering brakhr dgn prcintaan, tp prcintaan tdk prnh brakhr dgn prshbtn. So, pkrkn mtng2.. Krn klo prcntaan udh brakhr, brarti yg smula shbt jd brakhr jg khan..

  26. Shbt…??
    Ak akn mrasa skt mlht kau trsakiti, Ak akn mrs resah, melihtmu gelisah. Ak akn menari, melihtmu brnyanyi. Ak akn gmbra, melihtmu bhgia. Dan ak akn menyesal jk mmbiarknmu mnderita. Krn bgtu brartinya seorng shbt bgku.

  27. ,,,yah,,,punya sahabat emang bikin seneng,,,,
    tapi,,,,

    ,,,gua puny sahabat tapi,,,gua g tau dy nggep gua shbt krna ap?????

    gua masih bingung ,,,sbnarnya punya shbt mnyenangkann atw ngga????

  28. gua punya sahabat, mereka penting banget bagiku, apa jadinya kalo gak ada mereka. mereka slalu membenarkan kesalahanku kadang bahagia kadang sedih, mungkin bagi mereka memang sahabat bukanlah segalanya, tapi aku tetap membutuhkan mereka, aku sudah merasakannya apa kamu juga?,siapa sahabat sejatimu ?

  29. persahabatan dimulai dengan kepercayaan dan harus menerima sisi-sisi baik dan buruknya itulah sahabat…??
    tp aku ga percaya dengan sahabat..??
    karena sahabat itu egois dan menyebalkan,, susah digertiin
    huhhhhhhhhhhhhhh….????

  30. kalau di bilag harus percaya sesama sahabat lalu.,, apakah sahabat itu harus berpikiran Negatif dalam arti lebih percaya kpada orag lain dari pada shabatnya sendiri…???????/

  31. sahabat..
    gw punya tmen dr smp.. tp skrg jarak kita jauh bgt,

    adapun skarang.. gw punya tmen di kampus gw. gw dah anggap dia sahabat gw, tp krn ada masalah tiba2 dia ngomong “klo gw dan dia baru kenal, gw gk tw apa2 ttg dia (pdhl qt dah 4 thn dr awal masuk)”. Dan klo minta saran dr dia, dia selalu jwb cari org yg bener2 kenal ma lu..
    Gw jadi berpikir mungkin slama ini dia anggap gw temen biasa..
    gw dah lelah deketin dia,, mcoba terbuka ama dia, tp klo dia tetep aja nutup hatinya..

  32. # To sHapHiirE:
    Saya setuju sahabat adalah cermin kita.

    # To arindakira:
    Mungkin anda belum menemukan sahabat sejati

    # To aan:
    Itulah sahabat

    # To miulde:
    Mungkin klo saya baca dari deskripsinya, itu baru setaraf teman, belum masuk klasifikasi yang dinamakan sahabat.

    # Tere:
    Iya, karakteristik sahabat adalah seperti yang saya jabarkan diatas, mungkin kita menganggp dia sahabat, tetapi dia blum menganggap kita sahabat

    # To RiddA…:
    Sahabat akan Memberi warna bagi kehidupan sehari2

  33. sahabat bagi aq adalah seseorang malaikat yang selalu membuat ku bahagia,walaupun itu suka dan duka,kami selalu tanggung bersama phitnya!
    satu rasa
    satu hati
    satu tanggung jawab
    satu kebersamaan
    satu kekuatan
    satu penanggungan
    itulah sahabt sejati…..
    tak akan luluh dimasa panas
    tak akan beku di masa dingin
    takan leleh bila dipanaskan
    di selalu mekar walaupun musin kemarau
    prom:dari anak tkj doloksanggul smk n2 humbang hasundutan

  34. menurut Ak,SAHABAT 2 gk Da di Khidupan Qta.2 menurut Ak lo………..tp lo yg ln gK teU.Langgeng j dech yang pny shbt.

  35. PuNya Sahabat HdP MakiN b’Warna..

    SahaBat adaLah sBagiaN dr diRi kiTa kHan slaLu aD b’Samanya..

  36. sahabat itu artinya teman yg SEDANG bisa sehati dg kita
    jadi relatif
    ga selamanya sahabat bisa di anggap sahabat
    karena sahabat bisa menjadi teman

    emang beda antara sahabat dengan teman.
    Tapi menurut gw sahabat itu ga selamanya bisa di anggap sahabat, karena sahabat bisa menjadi teman karena banyak faktor, misal kerjaan, masalah, trus rumah tangga
    dll deh….

  37. g selamanya sahabat akan terus jd sahabat kita, dan itu sangat menyakitkan, maka bersahabatlah hanya dengan Allah karna Allah g akan pernah meninggalkan kita

  38. mmm,,,,

    ap y?

    yg jelas sahabat adalah orang yg paling berharga buat Q,,,
    mrka bs nghibur Qta d saat Qta agy bete,,,agy sedih,,,agy seneng,,,pokke,,mreka always stay buat Qta,,,,

    hwhwhwh,,,

  39. cari temen mang gampang, tapi sahabat ?
    gw punya banyak temen tapi yang begitu close ma gw bisa di itung. Kebanyakan sahabat gw cowo, dan sedihnya persahabatan kami disalah artikan ma orang-orang. Menurut gw sih sah-sah aja kita falling in love ma sahabat kita, asal kita ingat komitmen kita tuh apa ? G enak lo sahabat jadi pacar, kalo dah putus dah g kenal.. susah lo nyari sahabat yakin deh, so kita mesti pertahankan sahabat2 kita. Jangan dihancurin oleh keegoisan kita akan perasaan kita… Buat gw sahabat tetep sahabat, coz buat sahabat tidak pernah ada kata putus.

  40. jgn trllu pcya bgt m yg nma’y sahbt/tmn coz mreka tuh bsa mnjdi lawan bgi qta….dia bsa z culas m qta…
    lebih nyaman m ma2 z coz dia g mungqn mnghianati qta….

  41. Dlu q pny shbt,pas klz 2smp!Kmi 2kompak bgt!Tp stlh næk klz 3 mrka spt g pdli lg ma shbt2yg læn!Kl ktmu pun kdg dspa kdg g!Tp q msh ngnggep mrk shbtq,cz mrkalh yg ngrbah q utk lbh mngrti khdpan!But,q msh rgu,p msh da pluang bwt kta jd shbt lg??

  42. Q pux sahabat..dy sangat pengrtian..mau menerima Q apa adanya menghiburQ saat Sedih,,,ada saat aku butuh dy.,,,Pokoknya sempurna banget………..AQ sayang Qmue sahabatQ………………………………….(SS)

  43. Sahabatku adalah keluargaku, pacarku,..
    Tempat aku curhatin smua keluh kesahku…
    I love my best friend…….
    Ivon, Peppy, Shinta, Mea, Debbie, leonard, Dea,,…
    We are friend 4ever…..

  44. @ To All:
    Begitu banyak respon tentang artikel “Arti Sahabat” ini. Terima kasih untuk semua responnya, kalian adalah sahabat-sahabat bloggerku.

  45. Sahabat tu sgalanya dlm hdup, tnpa shbt qta bkn ap2, tpi smpai skrg aq blum mnemukan seorang shbt, dri dlu aq mengidam-idamkan se’org shbt yg setia ma aq, ka’ gmn cranya cri shbt sejati?????????

  46. . Q g’ tw persis ap arti shbat . .
    . Tpi bgiQ jgn trllu prcya deCh ma shbt . .
    . Cz dy bza nusuk dri blkang . .
    . kyk kzahQ . .
    . Ap tu artix shbt ? ?

  47. menurut saya
    Sahabat itu memberi, bukan meminta
    Sahabat itu berkorban, bukan dikorbankan
    Sahabat itu dicari, bukan ditunggu
    Sahabat itu dilakukan, bukan dibicarakan
    Sahabat itu adalah keikhlasan kepada semua teman, maka sahabat itu pun akan datang

    Yang terpenting adalah Kenali dulu diri sendiri kita sendiri…

  48. aq sch emnk pux shbt tp aq bngng knpa sch klw kt ktmu psti slh stu di antra kt ad yg mlu2 gt, aq ingn skli hlngin rs mlu it tp gmna crx
    dan aq jg bngng ktx shbt sllu ad wktu kt sdih atw sa2t kt mmbthknx tp dy g prnh kyk gt ke aq. apkh dy adlh bnr2 shbt sjtiq???????????

  49. # To valen:
    seharusnya jangan malu-malu, karena sahabat sejati itu terbuka dalam masalah temannya, sehingga akan memberikan motivasi, nasihat, dan lainnya

  50. ah bagiku gak ada kata sahabat semuanya sama, sahabat mang bener bisa diartikan kayak gitu tapi didunia ini rata2 gak da yang kayak g2 semuanya pembohong dan penghianat, jadi buat w gak ada kata sahabat

  51. ba90s) 3mg bnr sahabat itu lbh pnyg dari tm3n. sekarang ini q dh ngrsain pny shbt sjt.; kl u blum pny mkne ndang cri; djmin pny shbt it nyengn.

  52. Shabat adalah seseorang yang bisa mengeritik kita menjadi lebih baik, bukan seseorang yang selalu berkata IYA…………………………………………………………………………..

  53. saya setuju bgt apa yg di bicarakan di atas. . ..
    tgapi di kehidupan aq ada seorang shabat deketnya sendiri menghianatin sahabatny sendri. . .
    nah aq mnt gmna pndptnya .. . ?????????
    hehhe

  54. # To ciphid:
    Mungkin hanya orang2 yang pernah, sedang dan akan mendapatkan sahabat yang bisa menjeskan arti sahabat sesungguhnya.

    # To naning:
    Saya setuju dengan Anda, yu kita sahabatan.

    # To s0bat:
    Sekarang udah di tinggalkan kayanya tuh fs, karena jejaring sosial baru muncul, yaitu facebook, tetapi And sangat setia yah…

    # To zuniasari:
    Salah satunya itu sari…

    # To gini:
    Pendapat saya atas kasus gini adalah: mungkin itu belum termasuk ke ranah sahabat, jadi masih dikatakan teman. Sahabat itu seperti yang diceritkan diatas kurang lebihnya seperti tiu.

  55. sahabat tu adL……

    kebahagIaAn q,,,,,?
    em..

    hafied ,.hanief ,andi , dimas eN endok..

    I love U puOl……..

    friend forever………

  56. Sahabat buat ku tdk bisa di ungkapkan dngn kata2..sahabat buat ku orang yg paling berarti dalam hidupku..

  57. aph itu sahabat ketika dia meninggalkanku di saat aku menahan rasa sakit??????????????
    apa itu sahabat ketika dia membuatku mengharap kedatangannya???????
    apa itu sahabat ketika dia membuatku menahan tangis namun dia tak bisa hapuskan dukaku???????????
    apa itu sahabat ketika di saat ku butuhkannya tapi raganya tak mampu penuhi itu???????
    apa itu sahabat ketika dia berpaling dari senyumanku??????????
    apa itu sahabat ketika dia berniat meninggalkanku tanpa alasan????

  58. tp, knpa disaat sy pux shbt yg bnr2 sy percayai tb2 dya menghianati saya n cerita sembrg dblkg sy…!!!!!!!

  59. Sahabat. Apa sih arti dari sebuah persahabatan?? Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau kemana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat saya bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas dimana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.

    Terkadang saya dengan enteng menyebut, dia itu sahabat saya. Tapi ketika ditanya ini itu tentang sahabat saya yang berhubungan dengan keluarga, pendidikan dan lain-lain, saya bingung jawabnya. Dari situ saya mikir, apa saya ini sahabat yang baik? Apa saya pantas disebut sahabat? Karena saya menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu saya memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy ke sahabat-sahabat saya. Saya lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabat saya. Bukannya saya orang yang nggak peduli dan nggak mau tau, tapi menurut saya persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tau tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut. Saya sudah ngerasain pahitnya persahabatan ketika saya bilang dia sahabat saya, ternyata dia hanya memanfaatkan apa yang saya punya dan lain-lain. Ketika saya sedang jatuh, dia malah meninggalkan karena merasa ga ada yang bisa diberikan oleh saya.

    Cuma segitu arti persahabatan ??

    Suatu hari saya menyatakan A adalah sahabat saya. Ketika A ditanyakan, siapa sahabat kamu, A menjawab B, C, D, namun tidak menyebutkan nama saya. Dari sini saya mencoba memikir ulang. Apakah saya bukan termasuk sahabatnya? Apa saya bukan sahabat yang baik? Hal ini sering terbesit dalam pikiran saya Teman saya banyak. Saya pergi dengan teman-teman yang berbeda. Namun apakah mereka adalah sahabat saya? Karena terkadang teman untuk hang out berbeda dengan sahabat.

    Ada seorang sahabat saya mengirim sms pernyataan, “Saya nggak berharap untuk jadi orang yang terpenting dalam hidup kamu, itu permintaan yang terlalu besar. Saya cuma berharap suatu hari nanti kalo dengar nama saya, kamu bakal tersenyum dan bilang, dia sahabat saya.” Damn! Itu benar-benar merasuk ke hati saya. Itulah kata-kata yang saya cari. Saya tidak butuh pernyataan apa-apa. Tapi ketika ada orang menyebutkan nama saya, ia akan bilang “Ndo adalah sahabat saya”. Saya nggak perlu menyebutkan siapa-siapa aja sahabat saya, because you know who you are. Buat saya, sahabat adalah orang yang menganggap saya sebagai sahabat. Kita tidak perlu nyebutin sahabat saya adalah A, B, C, D, E. Karena 1 nama saja terlupakan, orang itu pasti akan sedih. Begitupun sebaliknya. Kalo sahabat kamu menyebutkan nama-nama sahabatnya namun lupa untuk menyebutkan nama kamu, kamu pasti sedih. Karena itu saya cuma bisa dibilang orang-orang yang merupakan sahabat saya adalah orang-orang yang menganggap saya sebagai sahabat.

    Berikut adalah kutipan pernyataan dari seorang sahabat:

    Seorang teman tetap memberi ruang gerak pribadi, privacy sebagai seorang manusia. Dan kita akan berasa deket dengan dia walaupun ga ketemu dan ga kontak dalam waktu yang lama. Karena pertemanan itu pada dasarnya dari ikatan hati. Ga bakal ilang walaupun dimensi jarak memisahakan kita. Kita harus mengkui bagaimanapun juga kita ga bisa menghilangkan dia dari hati kita. Dan tanpa teman, kita ga akan seperti sekarang ini.

    Ndo says:

    “Manusia selalu hidup berkelompok. Tiada manusia yang dapat hidup dalam kesendirian. Apabila ada, maka manusia tersebut benar-benar mahluk yang malang dan hidupnya tentu tidak berwarna.”

  60. memang banyak defenisi tentang sahabat.tetapi kita bisa becermin dengan Rasulullah SAW.bagaimana sikap dia kepada para sahabat-sahabatny dan juga sebaliknya.
    Allah telah mempersaksikan persahabatan Rasulullah dengan Abu Bakar dalam Al-Qur`an, yaitu dalam firman-Nya : “…sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada sahabatnya: `Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita’.” (QS at-Taubah : 40) sahabatnya kepada rasul.

    betapa besar peran seorang sahabat dalam kehidupan ini,dikehidupan ini kita memang tak bisa berdiri sendiri tanpa ada orang laen.

  61. memang banyak defenisi tentang sahabat.tetapi kita bisa becermin dengan Rasulullah SAW.bagaimana sikap dia kepada para sahabat-sahabatny dan juga sebaliknya.
    Allah telah mempersaksikan persahabatan Rasulullah dengan Abu Bakar dalam Al-Qur`an, yaitu dalam firman-Nya : “…sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada sahabatnya: `Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita’.” (QS at-Taubah : 40)

    betapa besar peran seorang sahabat dalam kehidupan ini,dikehidupan ini kita memang tak bisa berdiri sendiri tanpa ada orang laen.

  62. Assalamu ‘allaikum

    Sahabat menerima kehadiran dan memberi perhatian dengan ikhlas. Seperti matahari yang menyinari bumi walau siang berganti malam. Seperti bumi yang tetap menerima sinarnya walau panas sudah amat menyengat.

    Untuk: ndo,jagalah sahabatmu yang mengirim sms itu. hanya dengan membaca tulisanmu aku bisa merasakan kekuatan emosinya. Dia adalah orang yang baik hatinya.

    wslm.

  63. sahabat . . ?
    sahabat ntu org yang membawa sswtu kbhagiaan bwt qta . .
    tpi juga pukulan . .

    seperti aq sekarang ini . .
    perih rasanya . . >_<

  64. sahabat merupakan harta paling berharga dalam hidup kita….
    jangan sampai kamu kehilangan sahabatmu…
    meskipun seberapa berat dan seberapapun sulitnya itu….tapi kamu harus tetap menjaga persahabatan yang telah teralin dengan sepenuh hatimu…..

  65. Sahabat adalah orang yg bisa mengerti kita dalam keadaan senang mau pun duka!!!!!
    tp sebagai sahabat gg itung_itungan masala uang…
    jk ada y kita bantu,!

  66. bagi gue yah sahabat tu kaya kk kita sendiri dia slalu menemani aku di saat aku butuh dan tdk bth …………. :)

    gue mohon pertemukan gue sama sahabat gue lagi di telah pergi ke pranciss gue udah mohon dari dulu pgn ktmu sma sahabat gue di parisss mudah”han do’a gue ter kabul……………………….. :) ….byee

  67. tp gi mn,,,klu terxta shbt kita adalah org yg kita syg,,, apa kita hrs cerita sm dia…???atau hx memendam itu…??? apa itu tdk akn merusak smwx…???

  68. buat saya shbt emang penting tp bbrp dr shbt saya berubah jd penghianat !!!!!
    apa ada sahabat yg bisa nya ngeboongin kita ????
    hati saya sakit kerena sahabat saya yg selalu boongin saya !!!

  69. puzzzzzzzzzzziiiiiiiiiiiiinkkkkkkkkkkk baca’a……….
    hruzzzzzzzzzzzzzz kmentarr aphaaa…………..

    heeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhheeeeeeeeeeehhhhhhheeeeeeeeee………………………

  70. menrut aQ shbat itu………..sma ja kyak yg dblang yg lainx..yg pZti seorang shabt akan te2p slalu dkat,,gk khan aDa yg bSa mshin…….dan gK khan ngeras jaUh sTu sma Lain,,wLwpun jraK diMensa msahin Qt…shabt aakan sLalu ada d kaLa Qt da msLah..
    tPi klw Qt puxa msaLah sndri ma Shabat Qt gmana ???dan truz b’Lanjut..aPa itu mSih d sebut sahabat ??????

  71. SaHaBaT………… . . .HnGga SaAt InI SaYa BeLuM MnEmuKan SeOrAnG sAhAbAt. . . .. SaYa seRiNg bRnGgaPaN bAhWa dIa adLh SaHaBAt SaYa tP KnYatAaN Ny dIa tDk LbH sBgaI TmAn.
    SbNaR nY sHbAt iTu SpRtI ApA……?

  72. ini bagus bget ….
    aq ska … kta” yg di buat hampir sma dengan yg aq alami ..
    nmun shabat q kni tlah pergi….
    hikz…hikz….hikz…… sedih nya

  73. Terima kasih kepada smua yang sudah share tentang sahabat, smoga yang belum punya sahabat dapat menemukan arti sahabat, yang sudah punya semakin erat persahabatannya.

    – Supono -

  74. Sahabat ???

    Dulu aq pcaya ma adanya SAHABAT . Pi , tepat di sweetseventeen aq , aq jd gaa pcaya sama sekali ma arti sahabat .
    Cz why ?
    Soalnya , pada moment yg special , dimana tu hari teristimewa aq , mereka malah pada gag peduli ma aq . Sahabat q yg selalu aq puji didepan semua orang , dia gag dteng sama sekali di acara aq .
    SAHABAT yg udah aq anggap seperti adik aq , dia juga gag nemuin aq disaat hari istimewa aq .
    Dan satu sahabat aq lg , aq yg selalu berusaha ada untuk dia di saat dia susah , di saat dia butuh bantuan , jangan kan untuk menemui ataupun memberikan sesuatu yang special , untuk say happy ja enggag !
    Dimana perasaan mereka ?

    Dianggap pa aq selama ini ?

    Pacar aq ngucapin happy bday k aq telat , dan dia juga gag bisa nemuin aq disaat itu . pi , perasaan sakit aq gag sedalam yg aq rasa k sahabat aq .
    Karena buat aq , sahabat orang kedua yg paling berarti di dalam hidup aq setelah keluarga aq -_-

  75. segi 4 pnya ujng 4,segi 3 pnya sudut 3,sbuah garis pnya ti2k awl dn akhir,tp prshbtn sprti lngkaran,krna g pnya ti2k awal dan ti2k akhir,akn ttp myambung trus……and g putus2.

  76. Sahabat? Teman?
    sebenarnya mereka mempunyai hubungan yg dekat, bila kita tidak punya teman maka kita akan tambah sulit menemukan yg namanya sahabat…?

    namun apabila kita sudah punya sahabat maka mencari teman akan tambah mudah…?

    sahabat dan teman mereka berdekatan..
    so cari lah mereka berdua bila kau tak ingin sendirian…
    karena manusia adalah mahkluk sosial yg saling membutuhkan..

  77. sahabat ??…
    aku blom jumpa tu yg nama nya sahabat sejati…
    semoga suatu saat aku akan bertemu seorang sahabat yg baik..

    yang ada di saat kita butuh atau bahkan saat kita tidak butuhpun sahabat ada disamping kita untuk menemani kita..

    (amin)”

  78. terima kasih sabahat ku iank baek…

    aku tidak akan pernah meninggalkan aku seumur hidup…

    terima kasih sahabat sejati ku

  79. sahabat adalah teman yg bisa membuat kita sakit hati, sedih dan merasa menyesal mempunyai atau mengenal teman tersebut apabila kita merasa tidak dianggap sebagai orang yg penting dalam hidupnya.

  80. arti sahabat tidak lebih dari orang yg pernah kita kenal dan pada suatu saat kita merasa sangat dekat. Belum tentu dia merasa dekat dg kita. Karena itu bersiaplah untuk sakit hati..

  81. shabat gk slamany indah dirasakan.tp bnyk rintngan di dlamnya…
    tp jk kita mampi mlewati rintangan itu,mka jdilah shabat sjati..

  82. sahabat itu kalo kita cerita sesuatu rahasia ga da lagi kata….”jangan bilang siapa2 lo”…krn qt udah saling percaya

  83. sAHabAT
    saHAbaT,,
    Q taU Q ha’Y 0rng YG ksEKiaN Dri BNyk ORng YG me’YYanGI u. . .
    v q INGn mNJd oRng PRtmA Yg aDD d sMPinG U, saT Kau KHlaNGn aRAh,, .

    SAHABAT. .
    JKa wKTU q tAK bnYK u/ u ,, MKa q INgn D stIAp dTAk jNTunG Q teRDngAR olEH u .. pERtnDA q mSIh aDD u/ u ,,,

    SAHABAT. .
    jka q prnh mnjadi penyayat hti u ,, mka q ha’ya ingin mnta snyum termnis dri u ,, q hanya ingin menjadi sahabat mu .. sampai nanti ,, sampai ku tertidur lelap di bawah timbunan tanah . . .

  84. sahabat…???
    sejak 6 tahun yg lalu… sahabat adalah orang paling penting dalam kehidupanku. karena jadi anak kos yg jauh dari orang tua. dan karena itu, setiap ada masalah bukannya curhat sama orang tua tapi malah sama sahabat.
    3 tahun di stm, ku punya beberapa sahabat yang selalu mengerti diriku. tapi…. lulus dari stm, kita menyebar… banyak dari mereka bekerja, dan kehidupan kita jadi berbeda, dan jarak yang sangat jauh yang memisahkan kita.
    di kehidupan yang sekarang. ku menemukan beberapa teman dekat, bersama mereka ku slalu bisa tertawa. mereka bisa mengerti diriku, tapii…masih belum bisa di bilang sahabat. sampai sekarang,masih berasa sendiri.
    (walah kok malah curhat)

    sahabat orang yang selalu disamping kita, bukannya di depan atau di belakang kita.
    kalau kita akan masuk jurang, sahabat bukannya ikut masuk jurang tapi dia ada di bawah, mencobba untuk membantu kita.

  85. menurut aku sih shabat emang penting
    apa lagi sahabat bisa membantu kita
    dalam suka dan duka
    apa lagi sahabat cowo paling perhatian sama kita
    kalau cewek mah lumayan sih baiknya
    menurut aku sih sahabat paling penting-ting di dunia
    tahu gg sih sahabat nomor satu ituh apa
    ya mama doong soalnya mama sudah merawat
    dari kecil,terus memberi asih.
    abis itu sahabat kedua cewe dan cowo
    yaitu sahabet satu-satunya yang paling
    mengerti tentang kita ?,.,,.

  86. sahabat itu adalah segalanya tpi sahabat yg paling dekat adalah bunda tanpa adanya bunda kta akan bingung.hanya bunda tg paling ngerti akan perasaan anak nya dikala susah dan di kala kita senang bunda selalu ada untuk kita.i love you bunda

  87. sahabat itu adalah segalanya tpi sahabat yg paling dekat adalah bunda tanpa adanya bunda kita akan bingung.hanya bunda yg paling ngerti akan perasaan anak nya dikala susah dan di kala kita senang bunda selalu ada untuk kita.i love you bunda

  88. menurut saya…
    sahabat adalah seseorang yg memehami kita ,mau berbagi kebahagiaan dan menemani kita di kala senang mau pun susah…
    sahabat selalu memberikan yg terbaik untuk kita.
    memberikan nasihat jika kita melakukan kesalahan,mendorong kita untuk menjadi orang yg sukses,dan hal-hal yg baik untuk kita..

  89. buat gw sahabat tu sama ja kyak tmen ,gx da yg bisa ngertiin keadaan kita ,bisa nya ngomel mulu …………………..

    gx bisa d ajak serius maunya pecanda mulu

  90. aku sering kali di hianati ma sahabatku, knapa aku gk prnh pnya sahabat sejati? seperti apakah sahabat sejati itu?

  91. bagi saya shbt hny benalu yg merugikn saya krn saat sya snang + ad uang aja merka dtang.,kalo merka sneng ako d.tinggal gitu aja…

    mka.x sampek skrang gak prnh sma shbt…

  92. sahabat saya tidak pernah ada dari pertama saya sakit sampai saya sembuh padahal saya butuh banget hiburan dan semangat karna saya ngerasa kesepian.
    apakah itu yg dinamakan sahabat???

  93. betul itu sahabat adalah segala’a bagi kita.kita lg sedih dia membuat kita tersenyum kembali
    THANKS’A SAHABAT AQ :(

  94. betul itu sahabat adalah segala’a bagi kita.kita lg sedih dia selalu ada di samping kita dan membuat kita tersenyum kembali.
    THANKS’A SAHABAT AQ
    BEST FRIENDS FOREVER

Berikan Balasan

