Membuat ScreenShoot/PrintScreen dari HP Nokia

shoot2.jpgPrint Screen adalah salah satu fasilitas yang disediakan untuk meng-capture/mengambil gambar pada layar monitor kita (misalnya komputer), biasanya digunakan untuk bahan tutorial, presentasi atau yang lainnya. Dengan hanya menekan tombol “Print Screen” pada keyboard komputer Anda kemudian meng-paste nya dikanvas gambar (misalnya photoshop), maka jadilah gambar sesuai dengan apa yang ada pada monitor.

Nah sekarang, apakah ada fasilitas untuk meng-capture/mengambil gambar dari layar handphone atau HP kitaseperti layaknya printScreen di komputer?, tentunya banyak sekali.

Salah satunya ini,yaitu dengan menggunakan program bikinan Symbian “ScreenShots”, kamu bisamengdownloadnya dengan meng-klik aplikasi screenshots60_ota2.sis ini. Untuk menggunakanaplikasi ini, HP Anda harus support aplikasi Operating System atau Sistem Operasi Symbian Seri 60 ke atas Versi 1 keatas. Silahkan check manual book HP untuk mengecek-nya, kalau ga support, beli aja dulu HP nya kemudian baca lagi tutorial ini, he…

  1. Download aplikasi screenshots60_ota2.sis
    Saya tidak langsung meng-download ke HP (pertimbangan pulsa he..), tapi ke komputer dulu, kemudian install dari komputer menggunakan konektor, bisa kabel data, Bluethoot, infrared atau media lainnya.
  2. Install Aplikasi
    shoot1.jpgPastikan Anda mempunyai program “Nokia Application Installer” atau apalah, biasanya bawaan driver kabel data atau HP nya. Setelah PC terhubung dengan HP, maka tinggal klik dua kali pada program yang sudah di download pada HP Anda akan terlihat seperti gambar disamping ini. Tulisan itu abaikan aja, peringatan standar vendor itu mah. Kemudian ikuti saja instruksinya sampai instalasi selesai.
  3. Setting Dulu
    shoot3.jpgSetelah Anda berhasil menginstall apikasinya, maka akan tampak di layar HP kamu seperti gambar diatas. Pertama, buka aplikasi tersebut, kemudian pilih option – setting (Gambar No.1), Pada pilihan setting ini Anda dapat mengkonfigurasi penyimpanan gambar hasil capture, nama file, folder penyimpanan (Gambar No.2). Anda juga dapat mengeting default penyimpanan image, apakah di Phone atau Memory Card, Kemudian Shortcut Key adalah tombol untuk mengcapture, secara default Pen + * kalau di komputer seperti PrintScreen.
  4. Cara Menggunakan
    Buka program tadi, kemudian pilih Hide, secara otomatis ketika kita akan meng-capture akan aktif. Contoh hasil capture dengan Themes HP Windows XP (maaf agak narsis dikit fotonya he…)
    screensp1.jpg
About these ads

15 comments on “Membuat ScreenShoot/PrintScreen dari HP Nokia

  1. pono gmana cara nge download aplikasi yang di atas
    udah aku klik brapa kali ko nggak keluar keluar…
    balas alfin teman kampus kamu yang pindah ke manajemen

  2. # To costfix :
    Saya belum pernah install di device sony ericsson, tapi yang saya tau dan saya baca, aplikasi ini bisa jalan di sony ericson type p800, p900, p910i, p990. Untuk nokia banyak banget seperti : 7650, 3650, 3660, 6600, 6670, 6680, 6681,
    6260, 6630, 7610, 9500, 9300, 3230, 3250,
    N70,N72,N73,N90,N91,Ngage-(QD)dll

  3. # To agi:
    Kenapa yah, kebetulan saya blom pernah pake N-Gage, tapi menurut saya jika ada sistem operasinya ga da massalah. Coba cek sistem operasi n versinya.

    #To yeni:
    Untuk N70 bisa, aplikasi tuk nokia itu banyak banget, coba liat misalnya di http://www.getjar.com

    # To spypark.reborn:
    Sama-sama. bisa di install ga?

  4. Kalau mau download dari komputer lalu di pindahkan ke HAPE gimana caranya? Pake bluethoot bisa nggak? Lalu, bisa buat nokia 7210 supernova nggak? -_________- makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s