Tahapan Pembuatan Website

Untuk membuat sesuatu, perlu adanya persiapan yang menunjang untuk pembuatan sesuatu tersebut sehingga dapat selesai sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai contoh, kita akan membuat kue, hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mewujudkan pembuatan kue tersebut antara lain: alat-alat pembuat kue, bahan-bahan kue, keterangan resep jika perlu. Seperti halnya pembuatan kue, pembuatan website juga mirip seperti diatas tahapan-tahapannya, dimana jika kita akan membuat sebuah website ada beberapa yang perlu dipersiapkan, antara lain:
- Alat-alat yang digunakan untuk membuat website, dalam hal ini software yang digunakan, misalnya menggunakan Adobe Photoshop sebagai alat desainnya, Macromedia Dreamweaver sedagai alat untuk coding, dan sebagainya.
– Bahan-bahan untuk website tersebut, dalam hal ini adalah materi atau informasi yang akan ditampilkan pada website yang kita buat, misalnya: biodata, curiculum vitae, list barang dagangan, profile perusahaan, dan banyak lagi yang lainnya.
– Setelah software tersedia di komputer kita, dan materi sudah ada, baru kita dapat memulainya dengan mendesain layout, programnya sampai dengan selesai.
– Setelah semua selesai, kemudian kita tes.
– Seletah tes sukses, baru kita bisa upload ke server, baik itu yang gratisan atau yang beli.
Tahapan pembuatan website secara sederhana dapat digambarkan dalam flow chart seperti gambar di bawah ini:

untitled.gif

By Supono. Jadilah komentator yang pertama!

About these ads

26 comments on “Tahapan Pembuatan Website

  1. tulisan yg sangat menarik

    hanya jikalau website yg kita buat = bagus, biasanya tidak ada kata selesai, selalu saja ada beberapa hal yg perlu di-improve di kemudian hari

    kecuali kalo website yg kita buat=mati, barulah ini yg dinamakan selesai sebenarnya, alias game over he he

  2. Maksudnya selesai sesuai perjanjian (surat kontrak), toh kalau ada perbaikan selama masa gransi mah just OK, tapi kalau ada tambahan improve yang main-lain, nah itu kayanya kudu bikin surat kontrak baru, jadi harus BEGIN lagi.
    Intina selesai teh dah masuk rekening 100% lah he he…

  3. # To spypark.reborn:
    Memang benar boz, apalagi basic kita bukan orang desain komunikasi visual. Jadi otak teh lebih ke “ngejiplak” he he…

    # To Soul_Master:
    Sama-sama.

    # To alva:
    Ada yang kelewat kayanya, seharusnya Mulai->Selesai->Bayar

  4. hmm.. *lirik kiri kanan* ada yg mo buatin ga buat yuke, tapi gratis… wahahaha
    *hare gene gratees* maap mas, kali ajah ada yg baik hati bikin web buat yuke gitu….

  5. Setuju :)
    Ini adalah proses dasar dalam pembuatan website.
    Kalo boleh nambahin, menurut saya ada satu proses lagi, yaitu pengetesan setelah upload, menurut saya ini penting karena banyak kasus dimana kondisi web server tempat upload tidak sama dengan kondisi server yang ada di komputer kita.

    salam kenal mas

  6. Mungkin tak cukup sampai disitu banyak aspek yang harus diperhatikan terutama dari segi kelayakan web itu digunakan serta yang paling penting adalah sekuritynya, sehingga harganya bisa jadi mahal. Biasanya pembeli pengennya murah dan cepat online tanpa mempertimbangkan segala resikonya. Akhirnya bangun baru lagi dan anggaran lagi lagi dan lagi…
    Thanks ya.! sy jd byk belajar dari sini :-) salam buat semua blogger..

  7. # To neng yuke:
    Silahkan masukan proposalnya unruk pembuatan website gratis, beserta kompensasinya. he he

    # To iponk:
    Benar sekali mas, saya buat alur sederhananya dari awal hingga menjadin website, misalnya dari membuat kue dari membuat adonan menjadi kue jadi, pas di tes, apa itu pahit apa itu enak pokoknya jadi (tahapan sederhananya) seperti itu.

    # To didinsadidin:
    Sekurity adalah hal paling utama, ada beberapa aspek dalam penanganan sekurity ini, yaitu kecerobohan dalam pembuatana script dan di sisi server tempat kita menyompan file-file nya apakah sudah terjamin keamanannya atau tidak. Disini kita harus pandai-pandai memilih server dan banyak referensi bagaimanan menjadi programmer yang baik sehingga script yang kita ga menjadi “senjata makan tuan”.

  8. # To desman:
    Salam kenal desman, untuk cara bikin web, mungkin banyak buku yang membahas tentang ini. Kalau ditanya cara atau bikin web, banyak instrumen yang masuk, dari mulai desainer yang mendesain web, analis, programmer, dan lainnya.

    # To SinauBisnis:
    Untuk menghitung estimasi biaya, biasanya dari requirement atau seberapa besar dan rumit kah sistem/website yang akan dibangun.

    # To sapiebiru:
    Kan nara programmer, masa ga bisa koding, pelanggaran akademik dong

  9. Salam kenal buat semuanya….
    buat cara bikin web, mungkin kalian buka aja joomla, trus daonload dech….

    selamat membuat web yach……..

    SEMANGAT………………

  10. Y memang waktu sampai tahap coding g semuanya bisa dikerjakan sendiri dari 0 buat beberapa orang.. memang bener2 master programing yang mampu coding dari 0.

    Sekalian mau tanya tahap yang bener kalau mau buat toko online bagaimana Pak?

    Sekarang sudah banyak aplikasi e-commerce (toko online) dimana kita tinggal setup (install) dalam waktu kurang dari 15 menit bisa dipakai, misalnya http://www.opencart.com kita tinggal menambahkan barang-barang yang akan kita jual. Semudah itu…

    Supono

  11. mohon bantuannya account facebook saya ambarita84@gmail.com tidak dapat digunakan sudah 2 bulanan
    informasi yang saya dapatkan adalah

    Account Disabled

    Your account has been disabled. If you have any questions or concerns, you can visit our FAQ page here.

    sudah saya confirmasi ke facebook namun jawabannya mohon maaf account anda tidak dapat digunakan lagi, karena ada alasan tertentu oleh admin

    jadi disini saya bermohon bantuan kepada saudara/i bagaimana account facebook saya dapat digunakan kembali. terimakasih. salam ambarita84@gmail.com

    Langsung kontak ke Admin nya Facebook sesuai dengan langkah-langkah yang ada di FAQ, jika tidak sesuai dengan FAQ, maka tidak akan diterima, karena kemungkinan besar yang membalas email Anda adalah system (mesin).

    Supono

  12. kok gak ada desain database dulu gan? bukannya kalau buat web harus ada desain database dulu gan.

    Sori gan, ane masih pemula.

    Tahapan di atas adalah tahapan pembuatan web yang sederhana (statis) yang tidak memerlukan database. Untuk lengkapnya tahapan pembuatan sebuah perangkat lunak (dalam hal ini website) banyak sekali model yang sudah distandarkan, misalnya Waterfall, Spiral, dll dan biasanya dipelajari di RPL (rekayasa perangkat lunak). Ini lebih ke gambaran secara umum untuk orang awan (end user)

    Supono

  13. Ping-balik: Proses Produksi Website | ayuputriani

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s