Contoh Lamaran Pekerjaan

Bandung, 12 Oktober 2006

Kepada Yth. :
Supono
Kepala Web Dev. Medium Creative
di Bandung

Dengan hormat,
Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman bekerja yang saya miliki, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, untuk posisi sebagai W E B   D E S I G N E R (WD).

Saya kini berusia 22 tahun dan sudah menyelesaikan pendidikan Diploma III di Jurusan Teknik Informatika – Politeknik Pos Indonesia Bandung, dengan IPK (^_^). Saya memiliki kemampuan dalam bidang Sitem Informasi.

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan pula Daftar Riwayat Hidup dan surat keterangan lainnya agar menjadi pertimbangan lanjut Bapak/Ibu.

Saya sangat berharap dapat memperoleh kesempatan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang kualifikasi yang saya miliki. Besar harapan  saya untuk dapat bergabung dan ikut mengembangkan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan bantuannya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Nama Anda

=============================================================
Seletal itu menambahkan keterangan pada halaman selanjutnya :
1. Data pribadi (Nama, ttl, telp, mail, dll)
2. Pendidikan Formal dan non formal
3. Keahlian (cth : Expert PHP, Familier dg Internet, dll)
4. Sertifikasi (Sertifikat yang pernah dibuat)
5. Hobi
6. Pengalaman kerja
7. Hasil karya Anda dan penghargaan (cth : pernah membuat aplikasi)
8. Data lain yang perlu

124 comments on “Contoh Lamaran Pekerjaan

  1. saya minta tolong berikan contoh surat lamaran yang sedikit berbeda, karena yang diatas bnetuknya umum sekali. trus yaNg paling penting untuk Curiculum Vitae bisa gak berikan gak sedikit lebih kreatif. bukan bentuk form pada umumnya. makasih sebelumnya

  2. # To Lina :
    Kalau masalah kreatifits pembuatan surat lamaran pekerajaan, tergantung jiwa seni kita sih, mungkin aja menurut kita bagus belum tentu menurut orang lain bagus. Standar kontennya seperti diatas

    # To Irak :
    Ma’af disini bukan kontak jodoh he he …

    # To Dhen :
    Mas dhen, lebih baik buka lapangan kerja sendiri, ya kalau mau pengalaman dulu mah ga apa-apa ding…

  3. mas tolong kasih contoh laamran pekerjaan ke Bank soalnya sekarang ada banyak versi baru, tapi terkesan kurang sopan. tolong ya….
    thanks………

  4. #To ratna :
    Baiasanya pihak Bank sudah memberikan format lamaran pekerjaan yang diinginkan pihak Bank. Untuk masalah “kesan tidak sopan”, Anda dapat mencari buku-buku yang membahasa bagimana membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. he he…

  5. pingin bgnt berbagi pengalaman mulai dr trik n tips bwt lamaran, wawancara, maupun jurus jitu biar asyik kerja dan diterima dimanapun…

  6. # To assa :
    Silahkan berbagi pengalaman tips dan trisknya, kalau saya kebetulan pernah di wawancara dan pernah juga nge-wawancara orang :D. Kalau tips dan triks dari saya sih umumnya sama seperti apa yang di bicarakan orang, misalnya :
    - Berpakian rapih (kesan pertama membuat orang kagum)
    - Berkata Jujur (Bilang ya klau bisa, dan tidak kalo memang tidak), ga perlu improvisasi atau membuat orang percaya pada kita, padahal kita cuma tau sedikit ttg itu.
    - Be your self (jadi dirimu sendiri)
    - Kadang2 si pewawancara suka menjebak kamu dengan pertanyaan atau lainnya (hati-hati)
    - Jaga tinggkah laku (seperti ketika berbicara mata melihat ke mana)
    - Pokoknya banyak lah…

  7. hallo mas pono…. bingung nech mo kmn cari kerj blm dapat jg. aq sebenarnya pngen punya swalayan tp bingung berawal dari man saya harus memulainya..? tp klo masalah modal sdh ada. yg saya pikirkan kmn saya hrs mencari relasi tersebut untuk mengisi barang2 pada swalayan saya! thanks b4

  8. mazQ terchayank hihihi…..kok nda dicantumin cekalian curiculum vitae nya….kan ademu jadi bingung dunk…nie ademu mo ngelamar kerja tapi ga mudenx carna bikin curat lamaran hehehe…kacih tau carana yang lebih lengkap ya…

  9. # To azkafka :
    He he he….
    Orang Jogja nih, entar saya kirimin via e-mail aja, soalnya private data he he, mudah-mudahan lengkap sesuai dengan yang diharapkan.

  10. makasih atas inforasinya, tp tolong dong saya minta contoh lamaran dan CV yang berbeda dengan yang lain serta yang dapat meyakinkan.

  11. # to yogi :
    Kalau surat lamaran kerja itu mah cuma pendukung aja mas, yang penting mah isinya (soft skill dan hard skill). Setiap orang mempunyai penilaian yang berbeda tentang surat lamaran tersebut. Silahakn berkreasi dan berkreatif.

  12. # To nad :
    Ya tinggal translate aja, gitu aja kok repot he he…
    Terus terang saya ga bisa bahasa Inggris euy, makanya nulis posting pake bahasa Indonesia, kadang-kadang Sunda keluar. he..

  13. DUH….MAS tolongin translt ke bahasa Sunda donk…… sy lg nyari surat lamaran pake bhsa sunda mas….tp klo trnslt sndiri sy ga bsa sunda lemes……ya mas ya….

  14. # To gina I dodol not IDOL:
    Kayanya kata-katanya bakalan jadi lucu kalau di bahasa Sundakan, tp saya coba klo berhasil saya kirim via e-mail yah.

  15. terlalu simple man!.. nak smp juga bisa kaya gitumah,
    masa si anak SI bikin lamaran kaya gitu, dah basi tu…yang up to date dong…………..jangan maluin nak SI ach….

  16. # To reza:
    Tinggal translate boz.

    # To afrizal:
    Hmm, sudah saya kirim klo ga salah…

    # To nurhasan:
    Ini cuma untuk membantu aja kalau-kalau ada temen-temen yang belum mengerti tentang isi (bukan sistematika/desain) lamaran pekerjaan. Untuk expand bisa diatur sesuai dengan kreativitas ente. Oh iya saya bukan anak SI tapi IF (he…)

  17. Mas Pono,… nih pengalaman gw waktu beberapa kali wawancara dulu (sebenarnya sih nih pertanyaan yang paling menjebak dari setiap wawancara) yaitu, minta digaji brapa?
    Banyak yang bilang kalo perusahaan besar punya standar tententu untuk gaji (berdasarkan pengalaman, pendidikan, dll) tapi untuk perusahaan kecil, biasanya adalah menyesuaikan kemampuan perusahaan tersebut dengan kemauan kita(pelamar)..
    nah waktu itu kira2 begini wawancaranya:
    (setelah beberapa pertanyaan sebelumnta……..)
    Owner : kamu mau minta gaji berapa…?
    luccas : saya memiliki keahlian bla..bla…bla.., pengalaman saya bla..bla..bla.. (maksudnya diulang lagi secara ringkas karena pertanyaan ini sudah ditanyakan sebelumnya)…
    luccas : standar gaji untuk kriteria saya adalah Rp … (anda sebutkan yang anda mau, bisa berdasarkan pengalaman gaji sebelumnya, atau yg lain2)
    luccas : sekarang kemampuan bapak (perusahaan) untuk menggaji saya berapa?
    Owner : (biasanya dia bilang begini bila nominal yang kita sebutkan diatas keinginan owner, dia menerangkan dulu kondisi perusahaannya, dan menyebutkan suatu nominal yang dibawah nominal kita) kami hanya mampu memberikan sebesar Rp ….
    (kalau nominal yang kita sebutkan lebih renda dari dari yang diberikan perusahaan, owner akan bilang Ok, kamu mampu memberikan gaji yang anda minta)
    owner : sekarang apakah anda tetap tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?(utk pertanyaan kriteria pertama)
    Luccas : (karna bedanya tidak terlalu jauh, saya bilang : Ok pak, saya bersedia)

    sedikit tips untuk menyebutkan nominal yang anda ingingi atau sebutkan, sebaiknya sebelum wawancara anda survey pasar, bisa tanya teman/relasi yang jabatan atau kriteria pekerjaannya mirip, atau anda dapat menilai sendiri kemampuan yang anda miliki…. dan jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi… lebih baik lagi kalau permintaan anda sedikit diatas keingnan ownernya……
    sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat……
    (Contoh kasus ini terjadi pada saya, jadi kalau ada yang beda maap saja, hhhehhe, sekedar ingin berbagi…….)

  18. alooo,,,,, boleh minta tolong buatin surat lamaran dalam bahasa inggris yang tanpa informasi dari media apapun…artinya inisiatif sendiri en mau masuk perusahaan dengan posisi apa aja….
    please …tolongin donk

  19. menurut aku lamaran yg udah km bwt ckup bagus cz aku sndr blm bgtu pnter bkin surat lamaran pkrjaan.tp bleh g aku minta tlong buatin surat lamaran untuk aku…please!!

  20. # To Lucas:
    Trim’s dah share pengalamannya.
    Setiap orang mempunyai kasus dan pengalamannya sendiri dalam melapar pekerjaan atau pada saat wawancara.

    # To Rendezvous:
    Tinggal translate aja mas :D

    # To june:
    Silahkan kirimkan biodata dan keterangan lain secukupnya ke alamat e-mail saya, liat di profile

  21. thanks bgt contoh lamarannya……..
    skrg gw dah kerj di salah satu studio recording diJakarta…..
    lain kali gw minta contoh lamaran kerja yang lain buat adik gw….. thnks bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttt

  22. # To MUHAMMAD NASIR:
    OK lagi :D

    # To setiawan:
    Wah, wah, selamat yah, smoga sukses

    # To fay:
    Sama-sama, kita saling mendoia’akan…

  23. mas ada lowongan pekerjaan dmna aja dech yang penting saya bekerja dari pada nganggur aja nich abis pusing ngelmar dimana aja ga pernah direkomendasiin trus …
    saya siih cuma lulusan smk/smip aja bisa ga mas plisss
    klo ada blangin ke alamat i email saya ych …sebelum na makasih….. thio_croozthe_problem@yahoo.co.id

  24. bos, thx contoh lamarannya. i loph yu pull! tp aku mo nanya, convert .doc ke pdf tu musti pake software nya kah? ato ada cara laen? soalnya file saya gede 6 MBan, isinya pake portfolio design2 saya. thx atas bantuannya

  25. tX . . bWt Contoh SuRat LamaRan nYa. .
    TaPI ApA ini gak terlali standard yA,
    sOALNYA aku mau ngelamar pekerjaan di salah satu bank swasta Yang Namanya terkemuka, Klo biZa tolomG buatiN donK CONTOHnYA BWt AKU.
    tX b4 ‘,’

  26. # To aLi3m:
    Malu ah he he, kan ga boleh sombong he he…

    # To thio:
    Udah saya bales via email.
    tetap semangat pantang mundur mas.

    # To lowongan kerja:
    Silahkan translate sendiri :D, maaf saya ga jago bahasa inggris takut salah.

    # To omib:
    Iya ada programnya (banyak) tinggal search aja di internet dengan keyword “pdf creator” atau “word to pdf”

    # To wYta:
    Yang penting isinya….

  27. matur nuwun buat contoh lamaran pekerjaan, mg2 aja nie bermanfaat n dapat menentukan masa depan!!! amien

  28. tolong buatkan saya lamaran pekerjaan yang bagus, ga bertele-tele, pokoknya biar bisa membuat perusahaan jd tertarik untuk merekrut saya ya mas.

  29. Ass. Mas Supono
    Salam kenal
    Hanya ingin berbagi, berkaitan dengan bagian kalimat penutup, seyogyanya kalimat “Atas perhatiannya…” diganti dengan “Atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara…”
    Terima kasih
    Wass

  30. # To ferry:
    Udah saya kirim via email, mudah-mudahan membantu.

    # To ning:
    Maaf ga bisa bantu, silahkan translit sendiri. Saya orang sunda tulen he he

    # To meana:
    TErima kasih atas koreksinya. Sekali lagi terima kasih

  31. hai semua kenalin gw rya nak klaten gitu loh hay para jombloan jangan percaya yang namanya cinta coz cinta itu buszit!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!Pedan,Klaten

  32. kak thankz atas contoh lamaran pekerjaannya !

    berkat dri ka2k saya bsa menyelesaikan tugas dari guru

    skali lagi thankz eaa . . . .

    ^-^

    Sama-sama ade ku…, salam buat gurunya

  33. # To phitoosh:
    Istri kok dilamar, bukannya istri itu udah melalui step proses melamar? heu heu… mungkin melamar gadis kali yah…
    Mudah kok, tidak sesusah melamar kerja.

  34. thanks, lama banget ga bikin lamaran pekerjaan.
    iya sekalian tambahin contoh lamaran buat cari isteri kayak bung phitoosh.
    hehehe

  35. terima kasih atas infonya,,
    untung masih ada waktu,,

    kalau tidak wah bahaya..
    soalnya ini dibuat untuk ujian praktek..

    sekali lagi terima kasih..

  36. # To vyvyan:
    Tinggal fotocopy atau scan kemudian lampirkan di bagian lampiran atau dibelakang CV

    # To Rusty lee:
    He he he, selamat mencoba…

    # bagas:
    Sama-sama

  37. # To putri:
    Sama-sama putri, mudah2an dilancarkan dan lulus.

    # To MAMET:
    Banyak sih, cuman beda themes aja mungkin dan kata2 nya, toh intinya seperti diatas (kurang lebih)

  38. zaman sekarang kita harus bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri, karena pemerintahaan kita pada sibuk mikirin PERUTNYA sendiri. kita mah sebagai orang kecil harus bisa membesarkan diri kita sendiri. sabar dan taqwa adalah jalan pertama yg harus kita pupuk demi kelancaran usaha kita yg telah kita rintis. saya harap kita semua bisa menjadi diri kita berguna. trims forum…

  39. mas td sy udah add fb mas,app ya,tlg jelasin lbh detail ttg surat lamaran y,n tlg bgd bkinin bwt sy,cz sy lg bth bgd bwt nyari kerja di liburan nie,tar qrim k email sy ja
    mksh,mas baik dek =)

  40. # To adex:
    Saya setuju bangets…
    Kita harus membuat lapangan kerja untuk orang lain.

    # To pelangiituaku:
    Saya udah mampir ke blog-nya kamu, bagus banget, kreatif.
    Sering2 posting yah…

    # To bonenk:
    Ngga nydeng mas he he…

    # To mega:
    Udah saya approve.

  41. Thx banget, pas lagi kebingungan … ada contoh surat lamaran ini, jadi tertolong. Bisa ga beri contoh cv yg ga neko2 supaya yg ngelihat jelas, tapi juga kereeen…

  42. KONBANWA,,,,,
    gla bingung bgt dapat tugas dari guru buat surat lamaran kerja,,,,

    arigato gozaimasu
    hehhehehe

    tertolong duehhhh

  43. thanks klo aQu moee komentar bagus…bagus..tp lebih bagus lagi siapa yg lagi butuh perawat nehhhh…promosi skalian…he.he

  44. KONSULTAN ANDA DALAM PEMBELIAN MOBIL BARU

    “ Apapun kebutuhan kendaraan baru anda kami dapat berikan dengan PELAYANAN TERBAIK dan HARGA YANG MENARIK.

    Saat ini kami bekerjasama dengan lebih dari 100 dealer mobil baru dan 20 bank dan leasing pemberi kredit pembelian mobil baru.dengan bunga paling ringan proses cepat dan persyaratan ringan.

    “ APAPUN KEBUTUHAN MOBIL BARU ANDA KAMI SIAP MEMBANTU UNTUK MEMBERIKAN SARAN TERBAIK, KAMI PASTIKAN ANDA MENDAPAT HARGA TERMURAH DAN BUNGA TERENDAH.

    “ MEMBELI MOBIL ADALAH SEBUAH KEPUTUSAN BESAR, MAKA KAMI YAKINKAN ANDA TIDAK AKAN SALAH MEMILIH.

    “ JADIKAN KAMI ASISTEN ANDA DALAM MEMBELI MOBIL DAN KAMI PASTIKAN SEMUANYA GRATIS.

    SILAHKAN HUBUNGI KONSULTAN ANDA :
    “ NORMAN KUSUMA”
    TELP : 0813 159 24336 / 021 – 922 47321

  45. thx ya untuk contoh lamaran tapi jika ada aku lagi cari kerja nechh mas aku sering bangeert interview tapi gk di terima terus karena aku juga masih kuliah

  46. ponnnnnnnnooooooooo……………

    gw teh iseng yah lg search di google surat lamaran…..berhubung mau bikin surat lamaran…eh nemu ini…wkwkwkwkwk……

    ah tau gt mah ga usah susah2 yah…minta aja pono yg bikinin…hihihih

  47. # To GraceA:
    Sama-sama, contoh diatas udah saya bikin sesimple mungkin dan mudah untuk domengerti.

    # To naru:
    ARIGATO
    Semoga bermanfaat

    # To kusuma:
    Ga apa-apa lah 1 orang submit iklan he he…

    # To eliya:
    Terus berusaha. Setiap apa yang kita lakukan pasti jadi pengalaman yang berharga.

    # To isma:
    Iya Ismaaa…
    Ya udah atuh, PM aja yah

    # To erick:
    Saya hanya memberikan contoh surat lamaran, untuk info pekerjaan, silahkan di googling saja.

  48. # To tini Cethrine:
    Tinggal dimodifikasi saja, dengan melamar sebagai “Guru Les” pada bagian posisi. Untuk yang lainnya ya bisa seperti diatas.

  49. sebelumnya saya agus sudirman ingin mengucapkan Terima Kasih kepad Bapak “Supono” smoga contoh Surat Lamaran yang Bapak Buat Barmanfaat buat orang Lain. Salam bwt : Bapak Supono & KELuarga.

  50. # To dwi priyanto:
    You are welcome…

    # To Mawar:
    Betul sekali, tergantung tujuan dan posisi yang akan dilamar.

    # To indra:
    Selamat mencari kerja aja, smoga cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.

    # To Agus Sudirman:
    Sama-sama pak, smoga bermanfaat juga :D

  51. thanx…after…
    oya mas…tlong kirimin format contoh lamaran ter update dong…yang paling baru…lain dari pada yang lain ya..se tidak2nya yang sering di pakai orang..N sering di trima….kerja gitu…pleas ya mas supono trimakasih….

  52. salam kenal, saya pendatang baru…
    saya mau nnya ni ada gak lowongan perkarjaan buat saya, yang bergerak di bidang perhotelan…
    thanks before

  53. aah,,gue bingung!!! kurang lengkap nich!!!
    masa mo ngelamar kerja pake’ cas cis cus dulu,,,
    masa keterima????

  54. mas minta bantuan nya donk
    tolong kirimin contoh lamaran buat recepsionis,CV dll ke email Sy.(riky_ryan@yahoo.com)
    buat ce sy biar bs krja.
    kasian dia jd tulang punggung kluargga.
    mksh yaa mas

  55. m,as,,, mas,,,
    tlong buatin surat lamaran pekerjaan yang d tujukan pada pihak RS,,,
    terima kasih, d tunggu y mas cz sya dpt tugas dr kmpus untuk bwt surat lmran pkerjaan…
    yang lengkap y…
    he he he makasih sblumX…
    mas baik dech,,, ^_^

  56. Buat temen-temen yang minta CV dalam bentuk lain, saya tidak bisa memberikan/membuat CV jenis lain dan mengirimkannya. Saya hanya memberikan sample di atas saja. Semoga membantu, Terima kasih

  57. Assalam mas.saya risal dari aceh. Mas, ada gak contoh folder surat lamaran kerja, cv, dll yang mendukung dalam bentuk winrar yang dah siap dikirim via email, soalnya belum pande buatnya. kemaren dah coba-coba bikin tapi gak berhasil. please.. minta tlong bgt mas.

  58. Assalam,
    Kang Supono (namany sama kyk nama bapakku ^_^ ), bolehkah sy brtanya tiga aja.
    Satu: klo mau jadi Web programmer php harus bisa buat aplikasi-aplikasi web apa aja?
    Dua: kriteria expert php itu gmana ya? (apakah 100% coding pake class objek & memakai built-in function(SANITIZE dll))
    Tiga: lamun buat web kyk portal detik.com(&sejenis) atau kyk persib.co.id pake framework atau coding dari awal?
    —mohon dijawab ^^–

  59. # To Amar:
    Salam
    1. Untuk programmer PHP, aplikasi yang harus bisa adalah: PHP Editor (Cth: Dreamweaver, PHPEditor, Eclipe, dll) salah satu saja.
    2. Yang namanya expert ya harus mengerti seluk beluk PHP, dari mulai yang prosedural, OOP sampai dengan fungsi2 bawaan dari PHP, termasuk juga Framework (Cth: CI, YII dll)
    3. Sebaiknya gunakan framework untuk mempermudah pengerjaan dan memudahkan maintenance dan struktur programmingnya standar (misalnya: konsep MVC). Contoh detik.com menggunakan ROR (Ruby on Rails), kompas.com menggunakan Codeigniter.

  60. Terima kasih atas jawabanny Kang Pono. Blognya memang yahud krn terus dipantau ownernya.
    PHP memang maknyus…
    I will be a php expert soon (optimis mode on ^^).

Tinggalkan Balasan

