Virus

Apakah Kalian pernah mendengar apa itu virus, tahukah kalian apa yang dimaksud virus itu disini akan coba mengartikan  apa itu virus. Virus yang lebih dikenal dalam istilah kedokteran atau arti virus sebagai “biological virusses” inipun ternyata populer juga di dunia yang terdiri dari elektron ini. hal ini terjadi dikarenakan kemiripan dalam mekanisme penyebarannya.

Virus komputer bisa diartikan secara gamblang adalah suatu program komputer biasa. tetapi memiliki perbedaan yang mendasar    dengan program-program lainnya, yaitu dia dibuat untuk menulari program program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya. Tetapi ada yang perlu dicatat disini, virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau program yang   telah terinfeksi tadi dieksekusi, disinilah perbedaannya dengan “worm”. Disini tidak akan mencoba membahas worm karena nantikan mengalihkan kita dari pembahasan mengenai virus ini.

Asal muasal virus

1949, John Von Neuman, menggungkapkan “teori self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.

1960, lab BELL (AT&T), para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh john v neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis permainan/game. Para  ahli tersebut membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua  program lain, maka akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit ditiap-tiap lab komputer. semakin lama mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program yang diciptakan makin lama makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yangketat.

1980, program tersebut yang akhirnya dikenal dengan “virus” ini berhasil menyebar diluar lingkungan laboratorium, dan mulai beredar di dunia cyber.

1980, mulailah dikenal virus virus yang menyebar di dunia cyber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s