PHP versi 5

Pada bulan Juli 2004, komunitas PHP dengan bangga merilis PHP versi 5. Versi ini membawa perubahan yang cukup besar dibandingkan dengan versi PHP sebelumnya, bahkan dikatakan PHP versi 5 ini adalah loncatan menuju Enterprise Application (satu hal yang juga ditandai dengan implementasi PHP di sebuah situs terkemuka di dunia, yaitu yahoo.com).

Pada bagian ini, yaitu Engine dari PHP, dilakukan perombakan total. Zend Engine yang dipakai sejak PHP versi 3, digantikan dengan Engine baru, yang diberi nama Zend Engine 2. Salah satu kemampuan yang cukup revolusioner dibandingkan versi sebelumnya adalah Zend Engine 2 memiliki konsep Object Oriented Programming yang jauh lebih bagus dengan tidak mengorbankan kecepatan proses yang merupakan keunggulan PHP dibandingkan scritp language lainnya.

PHP 5 menggunakan model pengelolaan objek yang baru dimana sebuah objek tidak lagi diolah berdasarkan value, melainkan berdasarkan reference, sehingga saat dibuat instance sebuah objek, tidak lagi dikakukan proses penyalinan terhadap objek yang sesungguhnya, melainkan menggunakan objek handler. Objek handler ini lah yang mengaitkan instance tersebut ke tabel global objek dimana objek sesungguhnya disimpan.

Untuk melihat perkembangan tentang si PHP :
http://www.php.net

Iklan

2 pemikiran pada “PHP versi 5

  1. Seandainya tulisan semacam ini di bahasakan untuk orang awam seperti saya maka akan lebih banyak manfaatnya. Orang yg gak ngerti internet apa lagi PHP pasti bilang dalam hati…. ini makhluknya seperti apa sih…
    Bagaimana nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s