Koneksi Java dan MySQL

Di hari valentine 14 Februari, seorang anak manusia masih bergelut di depat sebuat komputer rongsokan yang kadang-kadang hang atau tiba tiba berhenti waktu yang tidak ditentukan. Dia mungkin mempunyai sesuatu yang terpendam dan belum juga terlaksana, iya benar, dia sedang belajar bagaimana menyambungkan Program Java (bahasa pemrograman yang baru ia kenal beberapa hari belakangan ini) dengan database MySQL.

Malam hari pada tanggal 13 Feb 2007:
Mencoba koneksi, ternyata membuat driver MySQL juga susah, dia tidak dikenali terus oleh Java (pusiing dah…)

Pagi hari pada tanggal 14 Feb 2007:
Coba lagi, coba lagi, terus gagal, (mulai stress…)

Siang hari pada tanggal 14 Feb 2007:
Mencari referensi di internet, menemukan yang baru, saya coba mengubah PATH dan men-download jenis Connector MySQL lain.

Sore hari pada tanggal 14 Feb 2007:
Selamat…. Driver MySQL dikenali, dengan merubah PATH dan merubah penyimpanan file Driver-nya, tapi sayang membuat koneksi masih gagal, katanya  Class tidak ditemukan…Error:Java.lang.class NotfoundException :com.mysql.jdbc.Driver (sekarang stress + jengkel + lapar)

Pagi hari pada tanggal 15 Feb 2007:
selamat… bisa… Koneksi sukses, query juga sukses….

Info Driver/Program:
====================
– Java : J2SDK1.4.2
– Editor : JCreator 3.5
– Database : MySQL 5.1.24
– Driver JDBC : mysql-connector-java-5.0.4-bin.jar (download di http://www.mysql.com)

Konfigurasi:
============
– Coppy file mysql-connector-java-5.0.4-bin.jar ke C:\j2sdk1.4.2\jre\lib\ext
– Buat CLASS PATH di My Computer – System – Data Environment : C:\j2sdk1.4.2\jre\lib\ext\mysql-connector-java-5.0.4-bin.jar;%CLASSPATH%
– Ga Usah restart, kecuali ragu-ragu

Listing Program:
================
/*
* Creeated 14 Feb 2007 15:59
* By Supono pono_thea@yahoo.com
* https://supono.wordpress.com
* Koneksi ke database
*/

import java.sql.*;

public class Satu{
public static void main(String[] args){
try{
Class.forName(“com.mysql.jdbc.Driver”);
System.out.println(“Driver berhasil ditemukan……”);
try{
String url = “jdbc:mysql://localhost:3306/SuponoDatabaseName”;
String user = “SuponoUSer”;
String password = “SuponoPassword”;
Connection koneksi = DriverManager.getConnection(url, user, password);
System.out.println(“Buat Koneksi Sukses”);
try{
String sql = “SELECT * FROM SuponoTabel”;
Statement stat = koneksi.createStatement();
ResultSet set = stat.executeQuery(sql);
while(set.next()){
String judul = set.getString(“SuponoFieldJudul”);
System.out.println(judul);
}
System.out.println(“Query Sukses”);
} catch (Exception e){
System.out.println(“Tidak bisa melakukan query”);
}
} catch (SQLException ex){
System.out.println(“Koneksi gagal ?”);
System.out.println(“SQLException: ” + ex.getMessage());
}
} catch (Exception se){
System.out.println(“Driver MySQL tidak ditemukan : ” + se);
}
}
}

Iklan

39 comments on “Koneksi Java dan MySQL

  1. mas yang diatas ni cara untuk koneksi database mysql ke java ya? klo bukan tolong dong mas kasih tau saya cara untuk koneksi database mysql ke java trus database apa aja yang support ke java maklum mas baru belajar trims ya…….! saya tunggu ya mas

  2. # To dhanie :
    Betul mas, itu cara-cara koneksi java ke mysql. Silahkan ikuti langkah-langkah di atas. Saya udah mencobanya dan sukses.

  3. wahaha.. ini baru pencerahan.. saya jg dapet omelan pas saya Run program javanya. . omelanny persis bgt,, ternyata dari konfigurasi pathnya .. 🙂 matur nuwun..(terima kasih)

  4. aku dah nyoba cara2 di atas tapi masih belum bisa juga. Piye iki????? 😦
    aku pake jdk1.5.xxx, xampp, mysql-connector-java-3.0.8-bin.jar pathnya di c:\Program files\java\jdak1.5xxx\jre\lib\ext\mysql-connector-java-3.0.8-bin.jar
    pas dicoba muncul eror:
    java.lang.ClassNotFoundException: com.mysql.jdbc.Driver

    piyee iki…bingung jadinya.

  5. Coba konektornya pake ini : mysql-connector-java-5.0.4-bin.jar soalnya saya juga pernah pake konektor itu error melulu. Mudah-mudahan bisa.

  6. Thanks banyak mas Supono…….. =)

    jadi pengen bener berkecimpung d Java..,

    Skali lagi thanks banget mas Supono… =)

  7. Ping-balik: WELCOME « Jangan berhenti berharap

  8. wah.. ini dia yang ku suka… berbagi semuanya… mulai dari jenis sofware ampe settingan trus source codenya juga
    jadi gak takut lagi ma java…
    sek tak coba mas…. tapi klo ada error mbok ya di bantu…
    salam hangat KOpI_JAVA….

  9. # To heru :
    Sama-sama, silahkan berkecimpung dengan javanya, semoga sukses, saya mah cukup bisa menyambungkan dengan MySQL aja udah cukup he he…

    # To Indra :
    Sama-sama, salam kenal juga. Saya udah liat hasil screen shootnya di web mas. hebat.

    # To Herru :
    Smoga sukses, kalau ga sukses coba liat hasil kerjaan mas indra di comment 7.

  10. boleh nanya ga…
    error-nya yang itu2 juga…
    java.lang.ClassNotFoundException: com.mysql.jdbc.Driver

    spesifikasi software :
    java : jdk1.6.0_01
    mysql : MySQL 5.0.18-nt
    JDBC Driver-nya : mysql-connector-java-5.0.7-bin.jar
    Editor : editplus 3

    udah nyoba segala cara…tapi apa daya 4JJ I belum mengijinkan saya untuk mengkoneksikan java dan mysql….

    mungkin mas bisa jadi perantara 4JJ I untuk membantu saya….hehehehe

    baca-baca di internet, katanya ada folder com sama org yang harus di copy-in….tapi di copy-in kemana??????

    tolongin ya mas, buat TA nih….

  11. satu lagi mas…..

    kalo make ODBC sih bisa konek…..

    tapi pengennya langsung dari java ke mysql, ga harus pake ODBC dulu……

    udah searching-searching sampe berasap, tapi errornya yang itu-itu juga…..

    apa antara softwarenya tidak ada saling koordinasi untuk terkait dan membantu saya??????

    toloooooong….

  12. # To nadia:
    Kadang-kadang itu karena Drivernya yang ga cocok, saya juga pertama-tama seperti errornya. Terus saya coba driver versi lain, dan sukses. Coba yang punya saya di coba.
    Eh boleh minta source code-nya ga? ya kalau saya bisa, tar saya liat dimana salahnya. Tapi jangan terlalu berharap, soalnya saya udah lama ga berkecimpung di dunia Java. Kirim ke pono_thea@yahoo.com

  13. misalkan masih gagal, itu salah diclass pathnya…
    cara paling gampang….

    Start-Run–> cmd
    masuk ke dir java berada…
    contoh :
    C:\jdk\bin>set classpath –> u/ melihat classpath yg udh ada
    C:\jdk\bin>set classpath= –> untuk menghapus classpath
    C:\jdk\bin>set classpath=C:\jdk\bin; –> utk menset classpath

    selamat mencoba, n selamat senang2 dengan java 😀

    regards,

    aray

  14. mas bagaimana caranya menyembunyikan ip, username dan password agar waktu kita koneksi kedatabase server tidak bs dibaca sama org lain?

  15. # To aray:
    Terima kasih tuk sharingnya…

    # To wahyu:
    Disimpan discript aja cara cepatnya he he he, tp sifatnya bakalan jadi permanen

  16. Mas, mau nanya. Kalau databasenya ada di internet gimana nyambunginya ya? Soalnya kalau “localhost”-nya diganti jadi nama webservernya error mulu.

  17. # To Beltsazar:
    Coba aja tanya ma web servernya, biasanya mereka ngasih:
    Host: xxx
    Username: xxx
    Pass: xxx
    Database name: xxx

  18. Salam..

    Kalo membuat file koneksi kemudian servername, databasename, user dan password name diinputkan lewat textfield gimanaya? soalnya kan kalo server databasenya dipindah pindah tidak usah bongkar source tinggal input di textfieldnya?

    trims

  19. # To ichsan fllarastyawan:
    Di NetBean sendiri udah ada Bundle untuk koneksi ke MySQL nya

    # To Miyugi Elly Sakuragi:
    Mantap, saya mau liburan dulu dari javanya 😀

    # satria:
    Konsepnya sama aja mas, tinggal nama dari field masing2 disesuaikan dengan string untuk koneksinya.

  20. untuk master java

    apa bedanya lau makai netbeans sama jre dan penyetingan untuk drivernya..
    tak tunggu ya pencerahannya…
    matur nuwun..

  21. nice inpoh
    lagi butuh juga…..akan dicoba secepatnya.

    sering” nulis tentang java ya, biar bisa sering berkunjung..

  22. mulai netbeans 6.5.1 kayaknya udah ada driver JDBC, apalagi sekarang sudah sampai 6.9, tinggal import librarynya aja.

    Yang mau saya tanyakan, ada 2 jenis driver, “org.gjt.mm.mysql.Driver” dan “com.mysql.jdbc.Driver” bedanya apa ya?

  23. # To fajri:
    Untuk database nya disesuaikan aja mas database mas di sana. Kalau kasus saya di atas, nama databasenya adalah SuponoDatabaseName semoga bisa membantu.

  24. bagus banget nih prog….

    tapi aq buatnya SI berbasis client-server….

    jadinya make 2 PC buat d test…mohon bimbingannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s