Framework Prado

Jujur saja, untuk sekarang ini saya sangat males sekali untuk ngulik program PHP, untuk jalan keluarnya saya mencoba untuk mengakses atau menggunakan beberapa framework yang untuk membuat sebuah situs atau website. Mudah dan cepat bukan? he he… tapi kurang kreatif bo… ya ga apa-apa lah, pokoknya jadi.

Ada beberapa framework yang yang ada, diantaranya Mambo, PHPNuke, PHPBB, pas dulu kerja saya menggunakan Smarty sebagai engine pembuatan web. Untuk sekarang ini saya mencoba berkenalan dengan framework yang bernama Prado, saya tanggal 10 April 2007 baru dapet source-nya yaitu versi 2.0 dengan spesifikasi minimal versi 5.x.x dan biasa untuk mendapatkan source code prado kita tanya aja ma sourcefoge.com tul ga?

Sedikit Tentang Prado yang saya baca dari beberapa situs:
– Berbasis componen dan event
– Pemenang kontes Zend PHP 5 Coding Contest
– Reusability (ciri khas pemrograman berbasis objek)
– Ease of use (kompoen prado mudah digunakan)
– Prado mengambil konsep pemrograman .NET dan Delphi
– Menggunakan teknik cache, sehingga tidak mem-phrase ulang coding
– Memisahkan bisnis logic dan Presentation logic programming
– Belum terungkap yang lainnya, maklum baru aja berkenalan

Prado dibuat oleh Qiang Xue yang resmi di realse pada tahun 2004 untuk versi 2.o, mungkin sekarang udah versi berapa yah? ga tau yah, klo ga salah dah versi 3.1 tp silahkan cari sendiri di paman google pasti dia ngasih tau.

By Supono Posted in PHP

12 comments on “Framework Prado

  1. prado yach, udah beli tuh bukunya “PHP Enterprise” disitu ngulas php prado gt, tapi belum beres bacanya plagi ngetes2 tutorialnya hehehehohoho….(dasar pemalas …:D)
    udah ngebangin pke prado; boleh dunk liat hasilnya nanti;
    klo baca dari bukunya emg lumayan enak sih filosofinya;
    tapi scriptnya emg lumayan aneh kyk function gt.
    oia makasih udah add blog ku di temanku kang pono.

    semangat2…

  2. aku dah beli bukunya
    tapi gagal menjalankan latihan mulai halaman 20 erorr mlulu di file application.spec nya
    folder nya salah terus
    ada yang bisa bantu

    trima kasih

  3. # To deni :
    Saya juga beli bukunya euy, tapi blom di terapin, soalnya sibuk (sibuk maen).

    # To albirru :
    Kalau masalah pilihan Framework sih tergantung mud orang tersebut, klo saya sedang ngulik smarty ma rails di ruby (walau ga bisa terus) he he

    # To pandi :
    Saya udah nyoba sih, tp jalan klo saya mah. Pastikan versi PHP nya versi berapa.

  4. hmmm aku tahu prado gara2 tugas akhirq ak buat dengn framework ini. awalnya agak binggung tapi akhirnya juga tetep bingung. yang bikin bingung soal pengorganisasian file, koneksi database dan begitulah… tapi malah bikin aku tertantang n penasaran. hhhmmmmmm

  5. saya juga baru nyoba prado. literatur indonesianya susah banget di dapetin. udah cari ke toko buku n online bookstore, ternyata buku “PHP Enterprise:Kiat Jitu Membangun Aplikasi Web Skala Besar” abis. kata mba2nya si, buku itu susah didapetin sekarang karna penerbitnya sendiri belum cetak ulang. kalo ada info dimana bisa dapetin buku itu, tolong kasih no kontaknya ya.

    tx,

  6. Saya juga baru belajar PRADO

    Buat saya prado cukup menarik karna kemiripannya dengan framework .Net serta banyaknya tutorial yang berbahasa indonesia jadi lebih mudah dipelajari.

    Tadinya males banget belajar PHP karna sudah terbiasa dengan framework .NET yang serba siap pakai. wah… maju terus PRADO

  7. # To eed:
    Bagus lah klo nambah penasaran, berarti itu awal dari pengmbaraan he he…

    # To tiara:
    Ada pengalaman seru dengan si mba ini he he…

    # To Hermanto:
    maju terus PRADO (sambil berpaling ke Framework lain) 😀

  8. prado…sulit juga ..saya sangat baru di php dan prado..(wew paantess)
    btw harga bukunya brapaan ya ??mau cari ah sapa tau masih ada yang tersisa..hehe

    Bukunya udah ga produksi lagi, dulu harganya 59 ribu

  9. Saya beli bukunya dari jaman empu gondrong.. baru saya baca sekarang..

    Eh ternyata Prado udah sampe versi 3, dimana di buku itu masih membahas Prado versi 2.

    Tapi gpp.. walopun strukturnya udah beda.. tapi fungsi-fungsinya masih sama…

    Semangaaattt…

    *lagi belajar Prado*

  10. mau tanya dong klo buku tentang framework prado apa ya???
    soalnya saya cari jarang banget…
    lagi pengen nyusun skripsi pake itu…
    thanks

  11. # To yogi:
    selamat belajar

    # To nina:
    ada, penerbitnya Elexmedia Komputindo, judulnya kalau tidak Framework PHP dengan Prado, karangan Wiwit Siswutomo. Tahun keluarnya tahun 2005

Tinggalkan Balasan

