Proteksi File Flash

Jika kita membuat sebuah animasi di program macromedia falsh, kadang-kadang kita tidak mau orang lain melihat source code kita. Untuk membuat hak cipta kita terlindungi, maka salah satunya dengan memberikan password ke file kita. File flash yang dimaksud adalah file .swf (dot swf atau yang berekstensi swf) bukan .fla OK.

Kadang-kadang orang bisa saja melihat source code (gerak animasi) kita dengan cara meng-import animasi kita melalui file library, yaitu File -> Import -> Import to Library. Secara otomatis file swf kita udah pindah ke jendela library. Nah jika kita proteksi menggunakan password, maka apabila melakukan seperti itu, maka akan ada semacam dialog box yang meminta untuk memasukkan password, seperti ini :

Password Flash File

Untuk memberikan password ke file swf kita, caranya sangat mudah. Buka file yang akan kita proteksi, kemudian klik File -> Publish Setting atau ctrl+shift+F12, maka akan muncul dialog box seperti dibawah ini, klik tab flash, kemudian pada Option, ceklis bagian protect form import, masukkan password si sebelah bawahnya, kemudian klik publish kemudian klik OK :

Publish

Semoga bermanfaat

Iklan
By Supono Posted in Flash

4 comments on “Proteksi File Flash

  1. ide nya bagus juga tuh…tapi bagaimana kalau dengan menggunakan flash decomplier. apakah masih bisa diproteksi. soalnya aku kadang-sering khawatir. jangankan file yang fla. yang exe pun juga bisa dilihat sourch codenya. so ada solusi yang lain ga mas….

  2. # To syaiful ahdan :
    Memang ada program tuk decomplier swf, namanya sothink. Mungkin itu kelemahan si Flash ini, mudah-mudahan versi berikutnya bisa membuat proteksi yang lebih aman dan dahsyat. Solusinya apa yah… banyak sih klo kreative dikit, misalnya di convert dari .swf ke file .avi mungkin akan lebih susah untuk decompliernya klo udah jadi avi mah.

  3. mas terimakasih tas penjelasannya di atas . . .
    mas mw nanyak bagaimana cara pemanggilan scane?
    n bagaimana cara buat buku tamu di web dengan membuat di flash . . . coz ntr lagi q buat tugas akhir mas . . .
    n bagaimana caranya mengkompres kapasistas agar web kita tidak berat walaupun pakek full flash
    terima kasih . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s