MySQL yang Terlupakan

Sabtu pagi aku bangun subuh, dan ga tau kenapa ada bisikan ke telingaku untuk tidur lagi, he he itu mah kebiasaan kalee. Kira-kira jam 7.30 aku udah bangun yang kedua kalinya dan aku teringat kepada temenku yang mempunyai masalah dengan ekspresi SQL JOIN di MySQL. Aku coba-coba dirumah, ugh memang benar aku juga lupa lagi dasar otak udang otak kecil. Dengan hati yang kecewa karena aku lupa dengan cara kerja sytak itu aku coba cari-cari mudah-mudahan ada di box CD aku. Bener saja ada kebetulan aku menemukan file MySQL 5.012 Manual, luamyan lah bisa di pake.

Dengan key word JOIN untuk mencarinya, aku menelusuri setiap kata JOIN yang dihasilkan oleh pencarian di file .chm tersebut, diantaranya : JOIN, LEFT JOIN, RIFHT JOIN, NATURAL JOIN, NATURAL LEFT JOIN, OUTHER JOIN, INNER JOIN, UNION, JOIN ON dan banyak lagi yang lainnya.

Secara sederahan ilustrasinya sebagi berikut :
Saya mempunyai dua tabel, tabel ‘satu’ dan tabel ‘dua’
tabel satu isinya sebagia berikut

+----+----+

| a  | b  |

+----+----+

| 1  | X  |

| 2  | Y  |

+----+----+

tabel dua isinya sebagia berikut

+----+----+

| a  | c  |

+----+----+

| 2  | Z  |

| 3  | Y  |

+----+----+

Dengan perintah RIGHT JOIN
mysql>SELECT * FROM satu RIGHT JOIN dua ON (satu.a = dua.a)

+-----+-----+----+----+

| a   |     b  |  a |  c |

+-----+-----+----+----+

| 2   |  Y  |  2 |  Z |

| NULL|    NULL|  3 |  W |

+-----+-----+----+----+

Dengan perintah LEFT JOIN
mysql>SELECT * FROM satu LEFT JOIN dua ON (satu.a = dua.a)

+-----+-----+----+----+

| a   |     b  |  a |  c |

+-----+-----+----+----+

| 1   |  X  |NULL|NULL|

| 2   |     Y  |  2 |  Z |

+-----+-----+----+----+

Terima kasih kepada temanku yang mengingatkanku diwaktu pagi yang buta, walaupun aku tetap ‘teu ngarti’ dalam hal programming dan PL/SLQ tapi aku tetap berusaha.

Satu pemikiran pada “MySQL yang Terlupakan

Tinggalkan Balasan

