First Boot Windows

Ini adalah catatanku aja, supaya kalau suatu hari atau suatu saat lupa, aku buka blog ini untuk mengingatku akan ilmuku yang lupa he he (maklum orangnya pelupa). Catatan ini tentang bagaimana men-setting default boot atau first boot jika kita menginstall laebih dari satu OS (Operating System) atau Sistem Operasi, misalnya kita menginstall Windows, Linux dan BSD. Jika pertama kali kita mengistal windows, kemudian menginstal Linux, maka akan terlihat kurang lebih seperti di bawah ini list dibawah ini :

Linux
Windows
BSD
Floppy
dll

Kemudian secara default apabila kita tidak negarahkan kursor ke windows pada saat boot, maka secara otomatis akan masuk pada sistem operasi bagian pertama yaitu Linux. Biasanya diberi waktu selama kurang-lebih 6 detik untuk memilih akan masuk Sistem Operasi apa, itu juga dapat di setting waktunya sesuai dengan kebutuhan kita. Kita ingin meng-setting list Sistem operasi list pertama menjadi Windows (bukan linux) agar apabila kita biarkan akan secara otomatis masuk windows, seperti di bawah ini :

Windows
Linux
BSD
Floppy
dll

Pada kasus ini saya menggunakan dua sistem Operasi, yaitu Windows XP Profesional SP 2 yang diinstall pertama kali dan Linux Mandrake 10.0 yang di install setelah install windows. File konfigurasi boot ini ada pada file yang bernama lilo atau lilo.conf (untuk Mandrake 10.0), tapi biasanya namanya seperti itu. Kita akan mengedit file tersebut :
– Masuk Sistem Operasi linux
– Buka konsol sebagai root, cari file yang bernama lilo, saya menggunakan “supono# whereis lilo” biasanya ada di folder /etc/lilo.conf
– Edit file lilo.conf, saya menggunakan editor vim, difile tersebut ada list sistem operasi yang telah diinstall di komputer kita, untuk memindahkan list Window ke bagian list pertama, tinggal cut – paste pada list pertama.
– Untuk mengubah timeoutnya, maka ubah sesai dengan kebutuhan.
– Jangan lupa jalankan (run) file lilo setelah beres melakukan konfigurasi supaya dikenali system.

Iklan

14 pemikiran pada “First Boot Windows

  1. #To Budi :
    Kalau masalah enakan mana, tergantung selera orang. Tapi kalau saya lebih suka yang simple kaya blog wordpress ini, dan navigasinya juga ga terlalu rumit.

  2. kary

    aku masih pemula ajarin aku langkah -langkah menginstal windows XP Sp2 dari komputer kosongan belum ada program sama sekali

  3. # To kary :
    Langkah2 install windows XP Sp2 :
    Beli CD windows XP Sp2 dulu, nyalakan komputer, Boot Fisrt di BIOS to CD ROM, restart, masukin CD tadi dst… wah panjang banget kayanya, beli aja lah bukunya dah banyak di toko2 buku terdekat (halah, ngles, padahal mah teu bisa…)

  4. Ada banyak di internet. Misalnya pemotong MP3, ya udah buka google.com terus cari dah dengan keyword “free download mp3 cutter”, biasanya banyak yang trial kita harus nyari SN nya juga. Cari aja di website cracker misalnya di keygen.ru
    Saya beberapa minggu yang lalu dapet yg gratis, lumayan buat potong2 lagu di HP he he…

  5. mahe

    kasi tau donk mas carana dari awal untuk install windows xp sp 2 soalna komputerku kna virus lokal ,semua antivirusku diblokir( pcmedia,smadav)

  6. Joe

    Ada yang punya Software Design Web melalui Java Script ga?
    Kl ad, ksh tau ke Aq y………………N kl bs Sama Programnya jg boleh….
    Thanks

  7. # To mahe:
    Kalau mahe sudah pernah install win xp, ya seperti itu ga ada yang aneh, kecuali mahe blom pernah install. Kalau dijelasin panjan banget sih step by stepnya. Coba aja tanya teman deket yang sering install win xp.

    # To ama:
    Software “iris” yah, ga tau euy.

    # To Joe:
    “Software Design Web melalui Java Script” klau source code javascript nya banyak mungkin di search di paman google.

  8. ih sama. aku juga suka posting buat jd reminder pribadi. 🙂
    oh iya, setuju, wordpress enak simple-nya, meskipun gak bisa pasang shoutbox, hehehehe…

    btw blognya aku link ya.. hatur nuhun..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s