Algoritma MD5

Algoritma MD5 adalah fungsi hash satu arah yang dibuat oleh Ron Rivest dan merupakan pengembangan dari algoritma MD4. Algoritma MD5 menerima masukan berupa pesan dengan ukuran sembarang dan menghasilkan sebuah message digest dengan panjang 128 bit.
Fungsi hash adalah fungsi yang menerima masukan string yang panjangnya sembarang dan mengkonversinya menjadi string keluaran (message digest) yang panjangnya tetap (fixed) dan biasanya dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran string semula.
Satu arah berarti tidak mempunyai fungsi untuk melakukan mengembalian nilai yang sesudah di enkripsi.

Contoh Aplikasi Enkripsi MD5
kata “supono” akan di enkripsi menggunakan MD5 akan berubah menjadi “9008a28a8a5d07db3091d9114a839268”. Jumlahnya akan menjadi 32 karakter, berapapun input, akan menghasilkan output enkripsi sejumlah 32.

34 comments on “Algoritma MD5

  1. # To Deni :
    Dari input yg panjangnya terserah bisa dicerna menjadi suatu “kode” yg panjangnya selalu sama (128 bit; kalo ditulis dlm hex jadi 32 characters).

    Inputnya cuma beda satu bit aja maka outputnya bisa berbeda banget; sifat ini yg cocok utk penerapan MD5 sebagai checksum (misalnya utk ngecek/verify utk download corrupt apa nggak, bukan cuma ISO image aja, bisa file/data apa aja).

  2. #To reza :
    Hmmm, gimana yah… kayanya sama seperti apa yang saya ceritakan kepada Deni pada comment sebelumnya

    # To yudi :
    Udah di kirim via e-mail, semoga membantu…

  3. Ass. Kang, tolong donk beritahu caranya gimana cara enkripsi menggunakan MD5 beserta contoh dan penjelasannya misal kata Ahmad Lutfi di enkripsi MD5 jadi apa.
    tolong kirim ke email saya
    aldyn07@yahoo.co.id
    saya pingin mempelajarinya

    (Contoh Aplikasi Enkripsi MD5
    kata “supono” akan di enkripsi menggunakan MD5 akan berubah menjadi “9008a28a8a5d07db3091d9114a839268″. Jumlahnya akan menjadi 32 karakter, berapapun input, akan menghasilkan output enkripsi sejumlah 32.)

  4. # To aldyn:
    Cara kerja md5 dapat dilihat di http://www.wikipedia.org/wiki/md5, disitu sudah komplet dari mulai sejarah perkembangan enkripsi md5 ini sampai dengan algoritma dan source codenya.

    Kalau di bahasa pemrograman PHP, seperti di bawah ini:

    Hasilnya kurang lebih : 844c9c1d82bec2a63049620dc217a33d

  5. mas tolong berikan contoh source kode program nya untuk di pelajari berikut contoh nya,kirim via email ya’mohon bantuan nya ‘makasih

  6. # To andrian:
    Kalau di PHP udah ada fungsi bawaan PHP nya mas, tinggal apa kata yang akan di encrypt. Misalnya kata yang akan di encrypt adalah kata “andrian” jadi tinggal ketik echo md5(“adrian”) maka akan keluar hasil encrytnya

    # To simba:
    Salam kenal juga.
    Ya didunia ini memang berpasang-pasangan. Tetapi untuk kasus ini beda lagi, ini adalah sebuah metode bukan objek di alam seperti laki-laki vs perempuan. MD5 itu metode kriptografi yg menggunakan teknik satu arah. Seperti sebuah pintu dengan knop yg hanya ada pada bagian depan pintu. Sistem enskripsi MD5 ini tidak memiliki pola, tidak seperti konversi dari heksa ke desimal misalnya bisa di balik.

  7. lamnal

    ternyata ada alat buat ngerubah kode md5 menjadi text normal

    alamatnya click aja nama saya, kalo pasang disini ntar di bilang spam

  8. Askum,

    terusterang saya masih blom paham dengan MD5, salahsatunya dengan putaran yang dilakukan sebanyak 4kali dan masing2 putaran ada 16 operasi. tolong dijelasin lebih rinci, terus deskripsinya itu gimana..???? jwabanya dikirim ke e-mail ya mas………….

    Terimakasih.

  9. apa benar MD5 tidak bisa didekripsi??
    saya pernah dengar, karena MD5 adalah hash yang cuma 1 arah, maka cuma bisa enkripsi, dan tidak bisa dekripsi..

    contohnya pada login, apabila ID saya “rio” dan password adalah “swarawan” dan kemudian saya lupa password, maka ketika saya klik Ganti Password, dan disuruh mengetikkan password baru, maka password yang lama akan dihapus dan tergantikan oleh password baru yang nanti akan dienkripsi lagi… apa benar seperti itu?

  10. # To Rio:
    Iya betul, konsep enkripsi MD5 tidak bisa di dekripsi atau hanya bisa satu arah. Ada beberapa website yang menyediakan semacam database hasil dekripsi dari kata2 hasil enkripsi MD5. Konsep ganti password yang Anda ceritan memang seperti itu klo menggunakan MD5

  11. untuk konsepnya sudah cukup mengerti tapi dalam pembuatannya itu yang masih membingungkan, masalahnya di java tidak seperti HTML yang sudah menyediakan, tinggal ketik echo md5(“babibu”); di java sepertinya tidak ada layanan seperti itu, jadi kudu buat sendiri… setau saya sih.. CMIIW atau mungkin ada yang bisa memberikan sedikit contoh encrypt md5… hehehee…

  12. salam kenal

    bang…minta tolong kirimkan contoh enkripsi beserta dekripsi dengan langsung menggunakan variabel pada contohnya untuk algoritma MD5..kirimkan tolong keemail saya bang….
    saya sedang TA sekarang…

    terima kasih banyak…

  13. # To ergin:
    Secara konsep, MD5 bersifat ekripsi satu arah, jadi tidak bisa di balikan lagi (dekripsi) setelah dilakukan enkripsi. Tetapi banyak program aplikasi yang menawarkan program dekrispi (membalikan hasil MD5). Silahkan coba search berbasis web nya pun banyak. Konsepnya mereka menyediakan semacam database kata2 yang akan di sama kan.

    # To artha:
    MD5 adalah fungsi bawaan dari PHP. bisa dicek di alamat webnya PHP http://php.net/manual/en/function.md5.php

  14. kk tolong arti kan don md5 ny yg ini

    b8fef707c7dd9f71d3670d31df951eb0

    Untuk membalikan (decrypt) hasil dari enkripsi menggunakan MD5 bisa menggunakan banyak tools dari internet. Dimana tools atau web tersebut sudah memuat database kata-kata. Misalnya web ini: http://www.md5decrypter.com/

    Supono

  15. Hidup programmer Indonesia!!!
    Pak, urun rembug dikit ya. Sekedar buat gambaran aja.

    Pertama:
    Rekan2 programmer(terutama C) yg msh meragukan satu-arahnya MD5 monggo meninjau algoritma MD5 di http://tools.ietf.org/html/rfc1321.
    Perhatikan baik2 isinya. Cermati!
    Mungkin akan ada yg menyanggah “Nah itu di source-code nya ada syntax ‘DECODE’!”
    Dalam source-code nya memang ada syntax ‘DECODE’, tp saya tdk yakin kalau itu fungsi itu utk membalikkan algoritma dr MD5 menjadi string aslinya. Cb cermati.

    Kedua:
    Cermati jg cara kerja situs2 yg menyediakan jasa MD5 DECRYPTION. Mereka pasti menerangkan kalau mereka telah mempunyai sekian juta kata dalam DATABASE mereka. Karena memang cara kerja mereka adalah hanya dengan mencari kode MD5 yg kita masukkan dalam database yg mereka punya. Dan memang begitulah cara kerja pengartian kembali MD5. Termasuk utk Digital-Signature jg menggunakan tabel utk menyimpan hasil enkripsi utk kemudian dipanggil kembali.

    Ketiga:
    Saya selau siap utk sharing ttg kriptografi. Karena memang sangat menyenangkan dan menantang! 🙂

    Sampun.
    Matur sembah nuwun Pak Supono.

    Mantap penjelasannya, silahkan share ini dia orang yang ahli dalam hal kriptografi 🙂

    Supono

  16. @wira:
    namanya juga irreverisble alias ga bisa dibalik alias ga bisa di dekrip jadi ya ga bisa diartikan itu hasil enkripsi md5

  17. mas apakah ada yang memodifikasi kriptografi md5 kalau ada tlong beri tahu mas contoh modifikasinya

    Kalau menurut saya sangat memungkiankan untuk memodifikasi MD5, misalnya HAS MD5

    Supono

  18. asslm ..

    salam kenal
    saya sekarang sedang menyusun skripsi??
    yang ingin saya tanya kan pa benar kriptografi md5 teah d”hacker??
    apa kelemahan dari algoritma md5?
    dan saya juga ingin tau bagaimana perhitungan algoritma nya?
    karena saya ingin membuat modifikasi algoritma nya?/
    saya harap dapat mengirimkan nya ke email saya..

    Udah saya bales ke email.

    @soepono

    terima kasih

  19. maaf mas sebelumnya…..saya masih noob
    kan kalo kita make php tinggal ngetik md5 aja dah ke enkrip tuh
    nah kalo coding proses kerjanya ada gak mas….maksudnya koding lengkapnya
    soalnya penasaran juga kok enkripsinya sesimpel itu di php…hehehe
    masalahnya saya baru blajar php mas 🙂

    Itu ada di fungsi bawaan PHP nya mas, tinggal pake. Kalau mau tutorial bagaimana membuat atau cara kerja enkripsi MD5 banyak di internet, salah satunya ini:http://en.wikipedia.org/wiki/MD5

    @soepono

  20. numpang nanya mas cara dekripsi kembali md5, soalnya saya punya tugas dari dosen tentang deskripsi md5 yang sudah dienkripsi. saya udah jelasin sama dosennya kalau md5 itu ngak boleh dideskripsi kembali tapi dosennya masih ngak percaya. jadi saya minta bantuannya dari mas ini. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. jamaluddin069@gmail.com

Tinggalkan Balasan

