Trand & Jalur Karir SDM IT

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis mengikuti kuliah umum yang di selenggarakan oleh fakultas teknik jurusan sistem informasi di universitas widyatama Bandung. Sebagai pembicara adalah bapak Romi Satria Wahono, dia adalah founder dan koordinator ilmukomputer.com, dia juga sebagai pakar IT di Indonesia, Orangnya berwibawa, mempunyai kelebihan berat badana (he.. he..) dan sedikit humoris, itulah Bapak Romi yang mempunyai alamat blog di http://www.romisatriawahono.net

Tahapan Globalisasi Dunia.

1. Globalisasi versi I
Tokoh utama adalah negara, dimana pada masa ini adanya ekspansi suatu negara untuk menjajah negara lain untuk mengambil keuntungan, baik itu SDM atau SDA nya. Intinya adalah era jenjajahan murni, ya semisal Indonesia di jajah oleh Nipon alias Jepang.

2. Globalisasi versi II
Tokoh utama adalah perusahaan, dimana disini adalah perang bisnis antar perusahaan. Sebagai contoh Amerika menyerang Irak, menurut para ahli peperangan, itu bukan murni perang untuk mencari sejata pemusnah masal, tetapi ada kongkalikong untuk perebuatan perusahaan minyak di negara sumber minyak itu (Irak).

3. Globalisasi versi III
Tokoh utamanya adalah individu atau kelompok kecil dimana pergerakan atau perubahan datang dari individu atau kelompok kecil, ya misalnya dari seorang yang bernama SUPONO (he..). Sebagai contoh menjamurnya komunitas-komunitas di internet, kemudian blog-blog yang bermunculan yang menyuguhkan free science, free tutor, dan banyak lagi yang lainnya.

Sekarang apa trand SDM (Sumber Daya Manusia) IT di masa depan?
Pada tahun 2010, dunia akan dikuasai oleh SDM yang versatilis. Eh apaan tuh versatilis, apa sejenis penyakit menular yah? Ternyata versatilis adalah kemampuan yang serba bisa baik itu komunikasi verbal atau non verbal dan pendidikan yang mendukung. SDM ini akan mengerus 40% lapangan kerja spesialis.
Jadi diindikasikan bahwa akan ada dominasi SDM atau sumber daya manusia yang memiliki:
– Kreatifitas (keunggulan defacto)
– Kompetisi dan sertifikasi internasional (keunggulan dejure)
Untuk membangun kedua keunggulan tersebut (defacto dan dejure) sangat tidak mudah, diantaranya adalah dengan melakukan knowledge sharing dan diskusi di dunia maya dan nyata, memanfaatkan dunia internet untuk tampil menjadi tokoh seperti aku (he…) bukan hanya sebagai numpang foto di friendster, banyak mengikuti sertifikasi bertaraf internasional dan banyak lagi cara untuk memicu keunggulan defacto dan djure.

Mungkin itu aja yang dapat saya tangkap dari presentsi pak romi, mohon maaf apabila banyak yang salah dalam menyikapi materinya, dan sedikit di tambahi oleh pengetahuan yang menempel di otak saya.

Iklan

5 comments on “Trand & Jalur Karir SDM IT

  1. Terima kasih dah ngasih comment oleh orang yang memberikan materinya, wah jadi bangga nih langsung di komentarin ma pembicaranya langsung. He he…

  2. pon aya bisnisan buat web, kapan kita bisa ketemuan????gimana kita bicarainnya dirumah koe aja!!!!!!! bareng ama team ku……. oche bosss kita saling menguntungkan saja……..oche prend

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s