Pemanasan Global Masuk Bandung

Pemanasan Global

Masih ingatkah kita, dulu waktu piala dunia 2006 di Jerman, presiden Jerman mengatakan bahwa kejuaraan sepak bola dunia di jerman adalah kejuaraan sepak bola paling ramah, dimana kata dia negara itu akan menguarangi pembakaran emisi kendaraannya.

Tahukan Anda bahwa es di kutub utara dan selatan menyusut 15% lebih banyak dari pada tahun sebelumnya yang hanya 10% saja, dan mungkin beberapa tahun kemudian kita tidak mempunyai kutub utara dan kutub selatan yang tertimbun es, padahal itu merupakan aset kita untuk terlepas dari panasnya batahari. Akibat lain yang timbul adalah banyak beruang kutub yang kurus, kelaparan, bahkan mati karena kekurangan manakan dan makin menciutnya lahan yang mereka diami.

Berjuta-juta ton carbondioksida (CO2) sedunia kita ekspor ke langit tiap tahunnya. Mungkin lapisan Ozon disana menangis karena semakin titpis dan tipis oleh ulah manusia yang tidak pernah puas.

Beribu-ribu pohon tiap hari ditebang, baik itu untuk bahan bangunan, membuka lahan pertanian, atau untuk pembukaan pemukiman baru. Itu meruapakan sederetan cerita yang memperparah pemanasan global dunia yang imbasnya sampai ke Bandung, Garut dan sekitarnya.

Pertambahan populasi dunia yang semakin banyak akan memicu dan barkaitan dengan pemanasan global, dimana hampir di setiap menit akan tambah populasi penduduk dunia ini kurang lebih 5 orang, mereka yang lima orang tiap menit tersebut nantinya memerluka tempat tinggal, makanan, hidup yang layak dan sebagainya.

Dipihak lain, kita patut bersyukur akan adanya segelintir orang yang masih ingat akan eksistensi mereka di dunia ini, diantaranya program penanaman 1000 pohon, kendaraan ramah lingkungan, penghijauan, keluarga berencana dan banyak lagi yang lainnya. Bahkan baru-baru ini di Inggris telah memberlakukan penggantian kantung plastik (terbuat dari plastik) dengan kantung yang bebas lingkungan yang terbuat dari serat jagung, yang akan lebih cepat hancur di bandingkan plastik yang mengandung banyak polimer.

Pertanyaanya adalah bagaimana tindakan kita untuk mengurangi pemansan global ini?
– Sebagai penonton, yang hanya mengagunmi, mengeritik, memberi saran, mencacimaki
– Sebagai pelaku, yang terlibat didalam proses mengurangi pemanasan global.
– SAVE OUR NATION

Iklan

20 comments on “Pemanasan Global Masuk Bandung

  1. nice, semakin banyak orang indonesia yang concern tentang environment. Faktanya sekarang masalah lingkungan hidup di Indonesia masih menjadi perhatian pemerintah yang paling akhir. So shall we together stop the global warming?

  2. dari diri kita bisa memulai mengurangi pengeluaran untuk mengkoleksi kendaraan *nyindir pejabat* dan hal2 yg menggunakan bbm gitu ya

  3. # To Redi :
    Agree with u, Thx for comment

    # To Rio :
    Betul tuh, mas rio, apalagi kalau kita liat data penjulana salah satu distributor “TOYOTA”, pada tahun 2005 mereka mengklaim berhasil menjual 510.000 (lima ratus sepuluh ribu) unit. Ite teh baru Toyota belom yang lain. Habatnya Indonesia…

  4. ok gw setuju neh….apalagi kalau di jakarta bajaj,angkutan umum,motor 2 tak wah asepnya aja bikin susah napas.mending kendaraan yersebut di musnahkan aja.

    *SAVE OUR FOREST*

  5. tolong dong buat pejabat, pikirin jakarta yang mau kiamat ini, dy si enak rumak pake ac, ga tau akibatnya ap? coba pikir lah sekarang.
    ini ga bisa di hentiin, , inget pa!!!

  6. # To teguh172 :
    “mending kendaraan yersebut di musnahkan aja”, wah kasian mas klo langsung di musnahkan, mungkin solusinya di ganti dengan alternative kendaraan lain atau di kurangi sedikit demi sedikit.

    # To arvin :
    Setuju lah, kalau orang miskin seperti saya mah, cuma bisa berdo’a

    # To michael owen :
    Sip, bukan hanya sadar saja, tetapi harus ada aksi mas, apa yah aksinya?…

  7. isu pemanasan global sudah cukup lama di dengar, namun kenapa ya baru-baru ini saja wacana tersebut membumi, meski demikian masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa itu pemanasan global (global warming), ya,.. cukup mengerikan bila membaca artikel** maupun menonton film “an inconvinient truth” karya mantan wapres USA “Al Gore”. kita semua boleh ngeri dan marah terhadap kerusakan alam,
    permasalahannya meskikah kita marah ??? bukannya kerusakan alam ini juga sebagian besar karena ketidak ramahan umat manusia terhadap alam???
    sudah waktunya buat kita semua sadar dam memulai untuk sadar dan ramah terhadap lingkungan, mari bergerak bersama dan memberikan penyadaran kepada masyarakat, keluarga dan teman untuk hal tersebut.
    setidaknya kita semua bisa melakukan salah satunya:
    1. hemat energi
    2. gunakan produk ramah lingkungan
    3. stop penebangan hutan
    4. buang sampah pada tempatnya
    5. tanam pohon kembali
    6. hemat air
    7. and many more,….
    dengan melakukan salah satu dari di atas maka kita semua sudah dapat menyelamatkan bumi dari kehancuran, stop global warming sangat tidak mungkin, mengurangi dampak pemanasan global adalaha jawaban yang mungkin..
    melalui milist ini semoga menjadi forum komunikasi dan bergerak bersama untuk menyelamatkan bumi…
    salam untuk semua,….
    boyke walfredo
    jakarta

  8. # To boyke walfredo :
    Memang, baru sekarang-sekarang ini baru keliatan secara publik orang-orang yang memperjuangan “SAVE OUR PLANET”, tapi dari dulu mungkin banyak yang memperjuangan secara underground.
    Beberapa negara Eropa sudah berkomitmen akan mengurangi bahkan akan menghapus bahan-bahan yang akan merusak lapisan ozon. Kenapa Amerika ga mau memberikan anggaran lebih banyak untuk lingkungannya?

  9. di lihat dari situasi dan kondisi saat ini, indonesia telah berpotensi menjadi salah satu wilayah yang terkena pemanasan ini, namun yang terjadi bahwa masyarakat kita belum sepenuhnya sadar efek dari pemanasan global ini terlalu berbahaya untuk terjadi mengingat minim nya pengetahuan tentang pemanasan global, apakah itu, penyebabnya apa, dan lain-lain yang bersangkutan dengan buruknya akibat yang disebabkan oleh pemanasan tersebut. singkatnya, perlu tindakan lebih dini untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pemanasan global. mulai dari diri sendiri, untuk semua.

  10. termasuk salah satu permasalahan yang membuat kita harus berpikir untuk menyelesaikannya. bagaimana tidak, saat ini telah banyak korban berjatuhan dan sangat sedikit penanggulangan yang dilakukan. kita harus jeli dalam menelaah segala sesuatu tentang global warming. sejukkan dunia dengan mengembalikan kehidupan menuju kebiasaan yang lebih baik.

  11. adanya kutub utara dan kutub selatan merupakan penyeimbang eksistensi bumi,kalo’ keduanya sampai mencair otomatis seluruh permukaan bumi pasti terendam air dan kiamat pasti terjadi. So, kurangi emisi gas rumah kaca !!! (Laily)

    di masa depan, orang ga bakalan butuh duit, tapi butuh tempat yang aman dari banjir es, udara yang sejuk, makanan yang cukup ! (Yunie Ps3)

  12. Saat ini Indonesia kebetulan menjadi tuan rumah Konvensi Internasional Perubahan Iklim (United Nations Framework Convention on Climate Change/UNFCCC) mulai tanggal 3 – 14 Desember.
    Berbagai macam kegiatan untuk mendukung gawean besar ini dilakukan, mulai penanaman bibit pohon sampai ke aksi ramah lingkungan seperti naik sepeda dari jakarta menuju ke Bali, pemakaian baju yang tidak tebal di lingkungan konferensi and many more….
    kita semua sebagai warga negara Indonesia wajib berbangga sebagai tuan rumah, akan tetapi cukupkah dengan rasa bangga ya … tentu tidak, yang penting adalah bagaimana kita sebagai warga negara bisa memaknai agenda besar tersebut.
    kita berharap kebaggaan ini tidak hanya sebatas seremonial sesaat, setelah acara langung lupa…
    PR (Pekerjaan Rumah) nya adalah memberikan penyadaran ke seluruh lapisan masyarakat dan lingkungan kita, yaitu akan pentingnya sadar terhadap lingkungan.
    kita berharap setelah acara besar tersebut selesai masyarakat dunia khususnya Indonesia benar** bisa menyadari akan arti pentingnya ramah terhadap lingkungan.
    mari bersama-sama SELAMATKAN BUMI HARI INI…..
    tidak perlu saling menyalahkan dalam hal lingkungan, kita semua bersalah terhadap bumi, karena kita tidak sayang terhadap lingkungan….

  13. semoga niat pmerintah untuk mensosialiasikan wacana pemanasan global benar bisa terealisasi, dan tidak hanya sebatas wacana momentum saja…..Amiin,…

    penanaman pohon pun semoga bisa terus berlanjut, tapi yang menjadi pertanyaan bagaimana dengan perawatan pohon yang sudah ditanam… semoga kita semua bisa menjaga dan merawatnya bersama-sama secara swadaya…. Amiin…

    yang menjadi pertanyaan, kenapa perda larangan merokok di tempat umum tidak benar** dilaksanakan dengan maksimal, kenapa hanya setengah hati …. bukankah asap rokok selain merusak kesehatan juga merusak lapisan ozon yang menyebabkan Pemanasan Global..???
    semoga kita semua benar bisa sadar akan pentingnya ramah terhadap lingkugan Amiin,…..

    kenapa ya kita masyarakat kita cenderung cuma bisa menyalahakan pihak lain bila terjadi banjir misalnya,.. ya bukannya pro terhadap pemerintah tapi kan masalah banjir juga disebabkan oleh diri kita sendiri, seperti buang sampah tidak pada tempatnya, dll
    misal habis makan prmen bungkus dibuang sembarangan, dengan alasan wong cuma bungkus permen kecil ini,… heheh
    wah kalu semua orang mempunyai pendapat cuma satu bungkus apa jadinya… (apa kata dunia) hehe (film nagabonar jad 2)
    cuba kita mari berhitung, satu bungkus permen yang kecil di kalikan 1.000.000 seberapa besar tumpukan bungkus permen itu,…
    dan tahu kan kalu plastik itu baru bisa diurai sama tanah 500 tahun kemudian… hufhhhh…
    semoga semua sadar ya…Amiin….

    mari bersama-sama
    “SAY NO TO PLASTIC BAGS” dan “BRING YOUR OWN BAG”.

    wahhh semoga kita semua sebagai penghuni bumi bisa sayang dan ramah terhadap lingkungan.. Amiin..
    kalo bumi sudah tidak ramah terhadap manusia, kita mau kemana ya… mungkinkah ke Planet lain…
    woowwww…. seperti di film saja hheh

    Save Our Planet, Care and Love my Envio….

  14. Juga ini :

    1. Memakai Kendaraan Bermotor yang Lolos Uji Emisi
    2. Menggalakkan pemakaian sepeda
    3. Menanam pohon hijau di sekitar rumah
    4. Tidak membakar sampah
    5. Mengurangi penggunaan AC
    6. Mengurangi penggunaan CFC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s