Mengisi Liburan

Bagi sebagian orang, liburan merupakan hal yang sangat mengembirakan, dimana bisa melepaskan sejenak dari hiruk pikuk dunia kesibukan kerja atau kesibukan belajar. Mereka memanjakan diri dengan meluangkan waktu dengan bersenang-senang sekaedar melepaskan kepenatan pikiran. Berbagai macam kegiatan mereka lakukan, ada yang indoor (di dalam ruangan) atau outdoor(diluar ruangan). Kebanyakan mereka mengisi liburan dengan bepergian dengan sanak keluarga ke tempat-tempat rekreasi, itu tidak ada salahnya.

Alangkah baiknya mengisi liburan dengan hal-hal yang positif yang membuat kita menenung, berfikir, berkreativitas dan banyak hal lain yang sekarang ditawarkan di arena rekreasi atau hiburan yang bukan hanya memacu adrenalin atau sekedar have fun. Ada beberapa alternatif liburan yang dapat kita pilih untuk mengisi liburan ini, diantaranya :

1. Menenung dan menyegarkan pikiran
Kita bisa melakukan perjalanan ke gunung-gunung, atau tempat-tempat yang masih asri yang jauh dari keramian kota dan jauh dari polusi.

2. Memacu Kreativitas
Sekarang sudah banyak objek wisata yang menyediakan pelatihan singkat untuk memacu kreativitas, misalnya melukis, menanam padi, membuat ukuran dan banyak lagi yang lainnya. Disini kita bisa langsung membuat sebuah karya baik itu ukuran, lukisan dan sebagainya dengan didampingi oleh seorang ahli yang berpengalaman. Dalam waktu hanya beberapa jam saja kita bisa membuat sebuah karya seni. Tentu, hasilnya tidak sesemurna apa yang kita bayangkan.

3. Belajar wirausaha atau bekerja
Mungkin ada sebagian orang yang mengisi liburan dengan belajar berwirausaha, baik itu ikut-ikutan ke temen, keluarga atau bekerja diluar kerjaan rutin. Ini memang kurang menyenangkan di bandingkan point 1 dan 2. Tapi kita akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

4. Berkunjung ke sanak sudara
Ini meruapakan kegiatan yangs ering dilakukan oleh kebanyakan orang di kala liburan, yaitu berkunjung ke sanak keluarga, dimana kita bisa berinteraksi dengan familly kita yang jarang sekali bertemu dengan kita. Selain itu banyak manfaat dari kegiatan ini, diantaranya memepererat tali silaturahim, mempererat tali kekeluargaan, bisa juga sebagi study banding keluarga satu ke keluarga lain.

5. Belajar atau kusus
Ini meruapakan kegiatan yang tidak normal menurut saya, dimana ketika orang lain libur mereka tetap balajar. Ada sebagian orang yang mengisi liburan ini dengan meningkatkan skill mereka dengan cara kurus, bimbingan belajar atau hal sejenisnya. Tapi ada juga yang belajar dengan terpaksa karena menginginkan niali yang bagus, misalnya untuk mahasiswa dibukanya SP atau Semester Pendek, yang berguna untuk menaikan nilai mereka.

6. Belajar sendiri (ngoprek/ngulik)
Bagi mereka yang suka dengan sesuatu, misalnya suka otomotif, atau programming. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan mempelajari, menganalisis apa-apa yang mereka senangi itu, bahkan mereka lupa makan, mandi dan lainnya. Mereka ini biasanya menghabiskan masa liburan dengan ngoprek hal yang mereka senangi tadi dan mencari hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut.

7. Mamacu adrenalin
Bagi sebagian orang, melakukan hal-hal yang ektrim merupakan hal yang seru, salah satunya dengan memacu adrenalin mereka. Ini merupakan pilihan liburan bagi mereka yang suka akan tantangan. Sekarang banyak kegiatan yang menawarkan kegiatan-tersebut, baik itu komunitas atau perorangan, misalnya arung jeram, tornado di TMII, dan banyak lagi yang lainnya.

Iklan

6 comments on “Mengisi Liburan

  1. lamun saya liburan teu paruruguh euy… kadang gini, kadang gitu,,, huehehehe… yo kita serang lampung (Unila) dengan kemampuan kita.. hehehehe.. semangat..
    Pono.. Web Urang Ganti euy, panggantiin yach di situ.. hehehe.. jadi http://www.boerz.com hohohoho..

  2. bagi freelancer, liburan biasanya dipakai buat belajar. mempelajari sesuatu yg berkaitan dg lingkup kerjaannya..

  3. # To Neo :
    Otak-atik komputer… hmmm, wah ini dia calon hacker

    #To Boerrz :
    Kita udah melewati perjalanan di Universitas Lampung – Bandar Lampung selama seminggu bro…, banyak pelajaran yang kita ambil dari sana. Kita sudah mengerahkan kemampuan kita he he …

    #To Rio :
    Good Job

    # To haryoso wicaksono :
    Wah, saya ga ngambil SP euy, milih kerja untuk ngisi liburan kali ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s