Sejarah Blog

Apabila kita suka nge-net (main internet), mungkin ga asing dengan kata Blog, ya… Blog adalah kepanjangan dari Weblog. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet (mungkin sekarang juga ga berubah). Dilihat dari tujuannya seseorang membuat blog juga macam-macam, ada yang karena narsisnya, eksistensi, sharing ilmu, ajang diskusi, mencurahkan unek-unek, memajang iklan sampai ke hal-hal di luar jangkauan akal manusia (halah…)

Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnn bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justins Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Banyak sekali layanan penyedia weblog garisan, seperti wordpress.com, blogger.com dimana hampir setiap jam member mereka tambah banyak.

Di Indonesia sendiri, sejarah blog katanya berawal pada tahun 2000, dengan cikal bakalnya sebuah website yang bernama Indigos.Net Website pribadi yang berisi segala sesuatu tentang seseornag yang bernama Tyaz dari mulai biodata, profil teman, portofolio, hingga kumpulan puisi, tetapi Indigos.Net ini dikenal webblog pada tahun 2001 dengan membernya yang lumayan banyak pada saat itu dan contentnya yang inovatif dan kreative.

Diambil dari beberapa sumber

Iklan

15 pemikiran pada “Sejarah Blog

  1. tapi kalo di sunda denger kata \”Blog\” bagi orang yg awam internet pasti nasteung … hok si caduna ge tanyakeun ka urang pakenjeng … hehe. Palagi di tambah awalan \”Go\” makanya kenapa goblog.org di demo yg akhirnya di ganti sama goblogmedia.com … nyak eta tea da urang garut nu demona … halah meuni teu nyambung pisan … xixixi

    salam kangen dari jauh buat neng yuke … ti Aa nu nuju di pangumbaraan, ka urang sanding ulah hilap dih, ka emak, adinda tercinta jeung alumnus smp gotun … kumaha daramang jang … kamarana wae atuh lur euy.

    BTW ari aink beut saraf sorangan didieu … punten ah manawi teh antares radio … heuehueueh

  2. kalo untuk indigos.net, tyaz dan kelanjutan dari indigos.net jaman itu bisa dilihat di hxxp://indiwiki.bloggerian.or.id/wiki/Indigos
    sedangkan tyaznya sendiri sekarang sudah pindah ke
    hxxp://blog.128fotografi.com/

    *ganti hxxp dengan http

  3. Ping-balik: Blog, Trough the Ages = Blog dari masa ke masa

  4. Kunjungan Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s