Install Ruby on Rails di Windows

Pertama kali diperkenalkan dengan yang namanya Ruby on Rails, wah ga ngeh bener-bener blank. Begitupun cara Install program ini lumayan rumit bagi saya (emang kurang pinter sih…). Bagi Anda yang ingin menginstall Ruby on Rails di sistem operasi Windows di rumah dan tidak punya koneksi ke Internet dari rumah, dibawah ini tahap-tahap instalasinya, semoga bermanfaat.

1. Pergi ke Warnet untuk keperluan download program yang dibutuhkan. Program yang harus di download yaitu :
Program Ruby : Download Disini
Gems Library Rails :
– Rake Download Disini
– Activesupport Download Disini
– Activerecord Download Disini
– Actionpack Download Disini
– Actionmailer Download Disini
– Actionwebservice Download Disini
– Rails Download Disini

2. Install Ruby Dulu
Bawa pulang semua program yang sudah didownload, yang harus di install pertama kali adalah Program Ruby-nya. Klik dua kali program installer Ruby, akan muncul seperti gambar dibawah, klik next, next… sampai ketemu tombol finish, berarti udah selesai.

3. Install Gems Library Rails
Install semua gems library rails yang sudah kita download, dari mulai Rake Rampai dengan Rails (lihat list Gems Library Rails pada nomor 1). Perhatikan bahwa install gems tersebut harus berurutan dari Rake sampai dengan Rails. Untuk melakukan instalasinya kita menggunakan bantuan Command DOS, caranya kita masuk ke direktori tempat menyimpan Gems Library Rails tersebut, misalnya disimpan di “G:\Warnet\Dwonload\TS” maka kita tinggal ketikan “gem install rake-0.7.2.gem” (tanpa tanda kutip). Hasilnya seperti gambar dibawah, ulangi instalasi dari Rake “rake-0.7.2.gem” sampai dengan “Rails” rails-1.2.3.gem

4. Check Semua Instalasi
Apabila sudah beres semua, check semua program apakah sudah terinstall di system kita atau tidak. Untuk mengecek program Ruby-nya, ketikan pada Command DOS “ruby -v”, untuk Rails “rails -v” dan untuk Gems “gem -v”, hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini, jika Ada error silahkan ulangi ke nomor 2 jika ruby -v error atau ke nomor 3 jika yang error perintah rails -v.

5. Creating a New Application
Untuk membuat suatu aplikasi rails, maka buatlah sebuah direktori/folder misalnya “project” untuk Aplikasi Rails. Misalnya kita membuat aplikasi untuk rails-nya di “C:\Documents and Settings\ouodnS>”, maka buat folder baru dengan nama project “C:\Documents and Settings\ouodnS>mkdir project”, kemudian jalankan perintah ini “C:\Documents and Settings\ouodnS>rails project” maka akan terlihat seperti dibawah ini:

6. Menjalankan Web Server
Untuk menjalankan web server, kita harus masuk dulu ke folder dimana aplikasi kita berada. Tadi aplikasi rails kita berada di “C:\Documents and Settings\ouodnS\project>” jika udah masuk ke direktori project atau aplikasi rails kita maka tinggal jalankan script ini “C:\Documents and Settings\ouodnS\project>ruby script\server” kemudian enter.

Lihat juga hasilnya di browser, jika sukses akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam hal bahasa, cara penyampaian dan lainnya, maklum masih meraba-raba yang namanya mahluk Ruby on Rails. Tutorial ini hanya menjelaskan instalasi Ruby on Rails di Windows bukan membuat aplikasi di rails, walaupun dibahas sedikit di akhir. Jika ada kekeliruan, kritik, cacian, makian atau pertanyaan silahkan isi comment di paling dibawah halaman ini.
Referensi :
Mas Aditya (Master of Ruby on Rails)
Download Tutorial ini : Klik Disini

Iklan

16 pemikiran pada “Install Ruby on Rails di Windows

  1. kalo mencaci maki dapat hadiah apa ne … xixixi

    pertama kali nyoba ruby … cuman satu komentarna … mumet … ne rambut ampe rontok gara-gara mikirin si Ruby selingkuh ma istri tetangga … alah teu nyambung pisan 😀

  2. Mas kayaknya tutor nya ada yang salah deh…

    Bagi Anda yang ingin menginstall Ruby on Rails di sistem operasi Windows di rumah dan tidak punya koneksi ke Internet dari rumah, dibawah ini tahap-tahap instalasinya, semoga bermanfaat.

    Tapi setelah saya coba cara diatas ada pesan error nya

    Error : While executing gem ..

    ini gmna yah ?

  3. # To cana:
    Saya sukses kok instalasi di Windows XP sp 1, waktu itu.
    Waktu itu saya menggunakan ruby dan rails versi yang keluar waktu itu (Ruby 185-24 dan Rails versi 1). Nah sekarang versinya udah versinya udah jauh banget. Kalau errornya seperti diatas, mungkin pada saat Anda install gem-nya. Pastikan semua gem terinstall.
    Silahkan gabung di komunitas Ruby Indonesia : id-ruby@yahoogroups.com sekarang saya dah ga berkecimpung di dunia Ruby (lieur/pusing) he he…

  4. # To Janto:
    Wah kalau minta pencerahan sama saya kurang tepat, soalnya saya juga lagi butuh pencerahan kalau masalah RoR mah, apalagi Qt, jenis apa lagi tuh Qt? baru denger he he… Ya kalau yang saya tau RoR itu pemrograman yang berbasis VMC (View Control Module) yang memudahlan dalam pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan. Itu aja mungkin.

  5. yulius

    Mas,saya udah berhasil install,udaj bikin controller
    tp kok pas saya panggil fungsi controller di view pas di tampilin di WebrickNya kok error ya,,,

    pliss mas,,,kasih pencerahan

  6. Thx mas tutorialnya, dah 3 hari ini cari tau install RoR ga nemu2, akhirnya berhasil jg setelah baca ini….. ada contoh2 website yg pernah dibuat pake Ruby ?? boleh dong bagi2 ilmunya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s