Maraknya Aliran Sesat di Indonesia

Entah mengapa, di Indonesia banyak berkembang aliran dan paham yang sesat lagi menyesatkan. Mungkin karena faktor historis, atau karena pernah dijajah Belanda sekian abad lamanya sehingga meninggalkan jejak kebodohan yang tak kunjung hilang, atau mungkin karena faktor lain yang belum terdeteksi. Yang jelas, hal tersebut membuat rakyat Indonesia banyak yang tidak mau menggunakan akal sehatnya dalam menghadapi berbagai masalah dan lebih suka jalan pintas. Dengan kondisi masyarakat seperti ini, tumbuh suburlah berbagai paham dan aliran sesat, dari yang berskala lokal hingga internasional. Dan satu hal yang hampir pasti, kebanyakan dari mereka —atau bahkan semuanya— memakai label yang berbau keislaman. Selain aliran-aliran adapula paham-paham seperti yang mendakwahkan sebagai Islam liberal yang menyamaratakan semua agama juga turut meramaikan bursa kelompok sesat di Tanah Air.

Ambil contoh yang lagi santer Al-Qiyadah Al-Islamiyah yang terbentuk pada tahun 2000. Ahmad Moshaddeq membentuk aliran ini setelah mengaku mendapatkan wangsit di Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat, pada 23 Juli 2007. Menurut dia kurang lebih 1000 pengikut baru direkrut setiap bulan (tuh kan keliatan hasil jajahan Belanda).

Yang begonya lagi dari ajaran ini mengubah kalimat syahadat, kata Nabi Muhammad diganti Ahmad Moshaddeq, aliran ini juga melarang pengikutnya untuk menjalankan shalat lima waktu diganti dengan shalat malam. Dan baru tanggal 5 Oktober 2007 lalu, aliran ini diputuskan sesat oleh MUI, dan beberapa hari kemudian polisi bertindak, itu pun karena desakan masyarakat.

Itu adalah salah satu aliran sesat yang ada di Indonesia. Menurut hasil penelitian LITBANG Departemen Agama Republik Indonesia, lebih dari 300 aliran kepercayaan yang “mengaku” mempunyai hubungan dengan Islam ada di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda, meskipun secara substansi sama (sesat). Yakni, aliran yang pemimpinnya mengaku mendapatkan wahyu dari Allah sehingga mengaku menjadi nabi (Ahmadiyah, Al-Qiyadah Al-Islamiyah), mengaku menjadi Isa al-Masih, mengaku mampu berkomunikasi dengan malaikat Jibril (Lia Eiden), sunnah Rasul tidak perlu, cukup dengan kitab suci Al-Qur’an (Al-Qur’an Suci) dan hal-hal lain yang bagi umat Islam tidak boleh diperdebatkan dan diikhtilafkan lagi, sudah final dan tetap, karena semuanya sudah dijelaskan secara gamblang, baik dalam Alquran maupun sunah Nabi serta kesepakatan mayoritas atau jumhur ulama (ijma ulama). Efek dari banyaknya aliran sesat ini merupakan tamparan keras bagi seluruh pendakwah (da`i) dari berbagai lembaga dakwah untuk lebih memantapkan metode dakwah yang diterapkannya, juga bagi mereka yang awan atau baru mengenal islam akan menjadi sebuah ketakutan atau mungkin fobia terhadap ajakan ke majelis ta’lim, membaca dan mengkaji Al-Qur’an, atau berdiskusi tentang islam.

Bagi saya cukup pegang hal-hal dibawah ini:
– Perkuat Tauhid
QS. an-Nisaa’ (4): 136. “Wahai orang yang beriman; berimanlah kamu kepada Allah, Rasul-Nya (Muhammad SAW), kitab yang diturunkan kepada Rasul-Nya dan kitab yang telah diturunkan sebelumnya. Barangsiapa kafir (tidak beriman) kepada Allah, malaikat-Nya. kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan Hari Akhirat, maka sesungguhnya orang itu sangat jauh tersesat”.
– Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam adalah Nabi dan Rasul yang terakhir
QS Al-Ahzab: 40. “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan khaataman nabiyyiin (penutup para nabi-nabi)”
– Berpegang kepada Al-Qur’an dan Assunah.

Apa yang harus dilakukan
Islam adalah agama rahmat, mendahulukan kasih sayang dan menjauhi kekerasan
QS.Al-Fath: 29 “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesame mereka.”
Selama tidak menghina islam atau mencapuradukan islam dengan kepercayaan lain. Tapi harus dinasehati, jika tidak maka diperingatkan, terakhir diperangi, sesuai dengan sejarah Rosululloh
“Musailamah Al-Khazzab, sebelum ia diperangi oleh Rasulullah diutus terlebih dahulu diutus para sahabat untuk menasihatinya. Setelah dinasihati dan mereka tetap dengan sikapnya, maka Khalifah Abu Bakar memeranginya. Dari sini diketahui, yang berhak menentukan mereka boleh diperangi atau tidak ialah Rasulullah dan para Khalifah Rasyidah”.
QS. Al-Kahfi: 29 “Barangsiapa yang mau percaya (beriman) silahkan, dan barangsiapa yang menolak (kafir) juga silahkan.”
QS. Al-Baqarah: 159-162 “Yaitu orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Allah turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Allah menerangkan kepada manusia dalam al-Kitab, mereka itu di laknat Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati. Kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itu Allah menerima taubatnya”
Sekolah Islam, madrasah, pesantren, majelis taklim perlu direvolusi pendiriannya, ditingkatkan kualitasnya, diperluas cakupannya, diperkaya modalnya, dipercanggih sistemnya, diakselerasikan secara serius, profesional dan bertanggung-jawab. Jangan ada lagi pelarangan dan rasa curiga dari kalangan tertentu bahwa pesantren itu sarang teroris. Kecurigaan seperti ini tidak punya tujuan lain kecuali ingin merobohkan agama.

Diambil dari beberapa sumber :
www.id.wikipedia.org
www.kabarindonesia.coms
www.bukurumahislam.com
www.hidayatullah.com
dan lupa lagi sumbernya.

Iklan

17 pemikiran pada “Maraknya Aliran Sesat di Indonesia

  1. info aja, di republika hari ini, dalam kolom hikmah halaman depan juga dibahas berkenaan dengan aliran sesat.

    suatu ketika abdul kadir jaelani, seorang ulama besar, ketika ia sedang berdiam diri di masjid, muncul cahaya yang sangat terang yang mengatakan ( kira-kira ) seperti ini : ” hari ini telah kuhalalkan apa2 yang telah kuharamkan bagimu sebelumnya”…

    tetapi spontanitas seorang ulama yang zuhud seperti beliau ini, berpikir cepat bahwa, nabi terakhir dan yang berhak menerima perintah “menghalalkan sesuatu” ya cuma rasulullah, seperti disebutkan dalam QS Al-Ahzab: 40.

    dan beliau pun mengucap “Ta’awudz”.

    dan cahaya itu pun terbakar..yang ternyata itu adalah cahaya iblis..

    nah mungkin saja, si pioneer2 aliran sesat itu, ya mendengar suara iblis semcam ini, dan mengimaninya sebagai kalam ilahi…

    wallahua’lam.

    K

  2. Yg menyimpang dari ajaran islam itu,ga tau kelebihan ke pintaran nya,atau kelebihan ke bodohan nya…..he he he

    mudah2an kita smua slalu tetap berpegang teguh ke sunah rosul…..

    Amin….

  3. # To Mr. K :
    Iya benar, orang sekarang lebih percaya kepada hal-hal yang berbau mistik, di uraian diatas juga bahwa si musadek dapet wangsit di gunung. Alhamdylilah katanya kemarin2 dia udah kembalike jalan yang benar dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

    # To frank :
    Yang namanya kelebihan itu ga baik emang. Kecuali kelebihan duit he he…

    # To adit :
    Kalau menurut saya mah, agama2 itu udah masuk UUD, dan diakui oleh negara, kalau ga salah ada lima, nah kalau ada yang ngaku2 agama baru atau mencampuradukan agama, mungkin itu bisa berabe.
    Apalagi yang berhubungan dengan norma masyarakat,

  4. sayangnya udah dinyatakan sesat, tp ga ditindak lanjuti keburu keduluan masyarakat yang bertindak, aneh khan.. dan anehnya lagi tindakan masyarakat yang disalahkan. contohnya Ahmadiyah

  5. Dono

    Ass.wr.wb,para muslimin dan muslimat yang kami hormati.
    Bismilahhirohmanhirohim,
    peganglah yang benar yaitu agama tauhid(islam)yang lurus ini karena agama islam sempurna di sisi Allah S.W.T,yang benar adalah HAK yang datang dari Allah S.W.T dan yang bathil akan lenyap.
    Telah sampai doa-doa dan permohonan-permohonan dari orang-orang yang beriman ke hadirat Allah S.W.T . Allah S.W.T mendengar keluhan mereka, kesesatan sudah tidak terhitung banyaknya.
    Seorang yang sangat sayang kapada Allah S.W.T telah dipilih untuk menyelamatkan agama dan hamba-hamba Allah yang beriman.Allah S.W.T berkehendak untuk menyelamatkan AgamaNYA yang suci dan lurus ini di Indonesia.
    Kami akan turun dan membawa kebenaran yang datang dari Allah S.W.T, kami bukan rasul dan bukan nabi tetapi kami telah dipilih yang datang dari Allah S.W.T.Berkumpullah wahai kekasih-kekasih Allah yaitu orang-orang yang beriman ,janganlah bercerai-berai sesungguhnya pertolongan akan tiba kuatkanlah imanmu tunduk dan sujudlah kepada Allah S.W.T, jangan kalian sesat nanti akan susah untuk menerima kebenaran.Banyak perselisihan di akhir zaman, percayalah kepada Allah S.W.T,Indonesia insyaAllah akan menjadi mercusuar dunia islam.Kami akan datang dan Allah S.W.T memulihkan kembali agamaNYA untuk kekasih-kekasihnya.Alquran itu adalah kitab suci kita yang hidup, kenapa saya katakan demikian? karena berisikan firman-firman Allah S.W.T yang hidup karena firman itu adalah Allah yang maha hidup untuk selama-lamanya.
    Kami adalah Ahlil bait rasullallah dan kami akan turun tahun 2008 ini untuk menyelamatkan Agama Allah yang suci dan lurus ini.Wahai orang-orang yang beriman siapkanlah diri kalian untuk pertemuan dengan kami dan lihatlah kebesaran Allah S.W.T.Allah Maha pengasih dan penyayang kepada hamba-hambanya yang soleh.
    Laillahhaillallah muhammadarasullallah.
    1. Rasulullah saw bersabda,“Allah berfirman, “Ketika Aku menemukan seorang hamba(Ku) yang dengan ikhlas tenggelam dalam dzikirnya kepada-Ku, maka Aku akan membuatnya semakin tertarik kepada Munajat dan Ibadah. Dan jika kelalaian menimpanya, maka Kucegah kelalaian menguasainya. Itulah hamba-Ku dan Kekasih-Ku yang sesungguhnya. Jika Aku berniat akan menghancurkan semua makhluk di bumi, niscaya aku membatalkannya, itu karena kedudukkan istimewa mereka” (Bihar al-Anwar 93 : 162)
    Dengan firman Allah S.W.T ini jelaslah bahwa akan datang kesalamatan untuk kaum yang beriman,karena kedudukan mereka yang istimewa tersebut di sisi Allah S.W.T.

    Wassalam.Ahlilbait.

  6. Ali Al Habsyi

    Aliran sesat ye….!!!!
    Memang benar ini tamparan buat para ulama…
    Ulama kite nih sekarang kalo gak ada duit ga mau terjun…
    Beda sama Ulama2 dulu…..
    Yg emang die niat memperkuat iman para muslis…
    Ulama sekarang banyak basa basinya….
    Basa basi dalam agama sungguh mengerikan…
    Mulut berucap apa tapi hati beda…

    Buat nte yg ngaku ulama atau ustadz…
    maen2 deh ke daerah tebet…
    disitu ada Majlis Ta’lim Zaadul Muslim….
    Pimpinan Habib Alwi bin Abdurrahman bin Ahmad Asseqaff…
    siapa tau nte bisa nambah wawasan…..

    atau gak nte ke kwitang…
    tempat nye Habib Ali bin Abdurrrahman Al Habsyi…
    atau ga ke Empang Bogor….
    Tempat nya Habib Abdullah bin Muhsin Al Atthos…

    Isya Allah Nte nemuin jawabannye…
    kalo cuma ky gini qt cuma adu pendapat aje…
    dan ujung2 kite saling mempertahan kan pendapat
    Ujung2 nye saling ngata in….
    pecah deh kite…..

  7. Sesesat apapun aliran tersebut (menurut orang lain), selama tidak berbuat Anarkis & merugikan orang lain, sebetulnya bagus.

    Daripada Organisasi Islam Populer, tetapi kelakuan jamaahnya bagai seorang Brandal Jalanan.

    Salam:

    – Kami berdiri diatas semua golongan.
    – Kami memprioritaskan Hakikat, daripada Syari’at Kotor.

  8. subhanmuhajir.fiai.uii.ac.id

    fenomena saat in memamg sangat memeprihatinkan, banyak orang awam terjermus.dan banyak orang pintar juga,mengapa hal ini bisa terjadi.tentunya ini disebabkan oleh pemahaman agamanya yang dangkal dan yang lebih penting yaitu orang beragama tidak ditopang olrh AKIDAH yang kuat. bisa jadi karena pengetahuan agamanya tidak banyak didapatkan dari bangku sekolah sekolah. hanya mungkin institusi pendidikan yang berasaskan islam saja.dan itu juga tidak menjamin bahwa sesorang itu bisa mengerti dan paham, jadi kita sebagai muslimin sejati harus berjuang dari segala aspek, menurut saya harus ada sebuah lembaga yang langsung bisa terjun kepada masyarakat untuk bisa memurnikan tentang ajaran2 akidah. melalui sebuah kajian kah ataupun pengajian-pengajian. terima kasih wassalam.

  9. Saudara ku perlu di ingat ! sebenarnya hidup ini sangat di pengaruhi budaya,sejak Adam turun ke dunia budaya sudah ada sehingga sangat kuat pengaruhnya terhadap perjalanan hidup manusia.jadi budaya sangat mempengaruhi terhadap ajaran agama apapun,turunlah Rosululloh beliaw bertugas meluruskan ajaran-ajaran itu.sampai saat ini budaya sangat kuat pengaruhnya bahkan sudah mendarah daging.oleh karena itu ajaran Islam dicampur dengan ajaran budaya(kejawen kalau dijawa) yang di sebut sincretisme.ini sulit untuk diluruskan bahkan tidak mungkin.tinggal tugas kita untuk membeberkan kebenaran yang sesuai ajaran Islam yang benar menurut Qur’an dan Hadist soheh.untuk menerimanya gunakan akal-pemikir dan mata hati agar kita dapat perfikir jernih dan tidak menimbulkan kebencian diantara pemeluk agama,kenapa? karena tiap kaum ada yang bertanggung jawab dengan ajarannya.buat muslim jauhkan dan buang jauh-jauh syirik dan musyrik.weleh-weleh sekarang banyak orang bingung !! tolong para Ulama jangan cuman bisa ngomong umatmu berantakan,mawas diri ok.

  10. # To didinsadidin:
    Kalau saya baca dibeberapa majalah “underground”, emang ada beberapa aliran sesat yang dibentuk oleh pemerintah itu sendiri.

    # To Dono:
    Saya setuju dengan Anda.

    # To Ali Al Habsyi:
    Siap segera meluncur ke sana, Insya Allah kalau ada waktu, ada ongkos, dan lain hal he he he.

    # To Adi Sumaryono:
    Semua golongan atau atau aliran mempunyai dalil tersndiri dalam melakukan amal ma’ruf nahi munkar. Intinya kita harus mencontoh Rosul yang dah jelas-jelas suka perdamaina.

    # To subhanmuhajir.fiai.uii.ac.id:
    Betul sekali itu merupakan masukan tuh.

    # To mahro:
    Indonesia gitu loh.
    Siapa sih pendirinya he he he…

  11. wah ! zaman sekarang memang edan,agama itu buat dinikmati bukan diributin aneh,yakini diri sesuai keyakinan masing2 kita semua mempunyai dasar pemikiran yang berbeda sesuai agamanya masing2 jelas akan berbeda pandangan.tetapi pada dasarnya muslim adalah agama terakihir yang sudah mengalami penyempurnaan oleh Rosululloh saw.mau terima atau tidak itu haq individu yang jelas akan ada resiko masing2 atas keyakinannya, adapun diantara orang Islam yang menyimpang dari ajaranNya,bukan ber arti semua Muslim seperti itu. OK

  12. Rizqi Juns

    Kesesatan atw Kemurtadan kan selalu terjadi di Indonesia.. yg jadi sebab.!? 1) Karna Para Munafiq yg jadi(dijadikan) Pemimpin Negeri., 2) Kurangnya Minat Orang Tua Memasukan Anaknya Ke Pesantren / Majlis Ta’lim., 3) ORMAS ISLAM terlalu sibuk membesarkan nama Ormas-nya sendiri., 4) Media yg hanya menyiarkan siaran DEMI RATING saja., 5) Ekonomi di kuasai oleh para MURTADIN & MUNAFIQIN., 6) Dll…………

  13. Ahmad Junaedi

    Bagaimana Mungkin Kita akan Kuat TAUHID & SYARIAH jika kita tdk Mau MENGAJI langsung dari KITAB-KITAB sumber Ilmu-nya., Titipkan Anak-anak Anda ke tempat pendidikan Agama Islam.. PESANTREN adalah TEMPAT Menimba Ilmu Agama, ISu pesantren TEMPAT TERORIS itu adalah FITNAH KAUM MURTADIN DAN MUSYRIQIN yg menginginkan KITA JAUH DARI TEMPAT ILMU………………………….

  14. Ping-balik: Maraknya Aliran Sesat Di Indonesia » Artikel Arunals

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s