Mobile Messenger

Mobile Messenger adalah salah satu fasilitas chating melalui HP (Hand Phone) layaknya Internet Messenger (IM) seperti Yahoo Messenger (YM) di komputer dekstop atau laptop. Ada banyak aplikasi untuk Mobile Messenger ini, baik itu aplikasi yang dibuat oleh anak negeri sendiri, dari luar atau dari corporate yang bersifat komersil yang mirip seperti yang di tawarkan di Internet Messanger, yang pasti cari yang gratisan, itu pasti. Ini adalah beberapa aplikasi yang gratis alias free untuk kamu seperti YM Tiny, morange, mig33, shMessanger, eBuddy, Slick dan banyak lagi yang lainnya. Masing-masing aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Pengalaman saya menggunakan beberapa Mobile Mesengger adalah sebagai berikut:

1. shMessanger

shMessenger Aplikasi ini dikasih tau ma Redi. Saya menggunakan versi jadulnya v1.2, kalau menurut saya sendiri kurang user friendly, dimana aplikasi ini tidak ada fasilitas chat room, tidak ada history message. Kelebihannya, aplikasi ini cepat dan bisa set status messenger kita. Selain itu aplikasi ini akan memberikan alert jika ada pesan yang masuk walaupun hp kita dalam keadaan stand by dan suaranya kencang. Aplikasi ini berbasis Java dengan MIDP diatas 1.0 dapat di download di http://www.shMessanger.ro/wap dari ponsel kamu kemudian pilih sesuai HP kamu, atau kunjungi www.shMessanger.ro unutk download ke dekstop. Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus daftar dulu di webnya untuk mendapatkan username untuk login di HP kamu.

2. mig33


Aplikasi ini dikasih tau ma Ian. Jujur saja saya jatuh hati dengan aplikasi ini, fasilitas nya bisa chat room, send sms, call, invite friend, set status, dan bisa membuat group chat (id dapat dikelompokan berdasarkan keinginan kita) seperti terlihat pada gambar kedua. Selain itu, mig juga dapat melakukan multi chat IM, secara bersamaan. Misalnya chat di Yahoo, di MSN dan di GTalk secara dalam waktu yang sama. Ada message history dan user fiendly. Kekurangannya kalau ada pesan masuk suaranya kecil (tring…) jadi kadang-kadang ga tau kalau ada pesan masuk, terus ga ada alert kalau di minimize. Aplikasi ini dapat di download di http://www.wap.mig33.com dari HP kamu, atau www.mig33.com dari dekstop kamu. Pada saat program dijalankan pertama kali di HP kamu, kamu diharuskan registrasi dulu, kemudian kita akan dikirimkan sebuah SMS yang berisi nomor kode aktivasi.

3. Morange

Morange

Dikasih tau ma Anggi. Nah ini dia aplikasi yang super komplet. Kenapa engga, dengan menginstall aplikasi ini, kita mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya chek email, rss, web browser, pengelolaan file, chat dengan banyak IM (Yahoo, MSN, GTalk, AOL dan ICQ). Kalau menurut saya aplikasi ini user friendly banget, aplikasi ini berbasis java dan banyak di support oleh banyak jenis dan tipe HP. Ga seru kalau ga nyoba sendiri, silahkan download di Morange di www.morange.com, jangan lupa untuk daftar di webnya dulu sebelum neggunakan aplikasi ini.

4. YM Tiny

YM Tiny
Dikasih tau ma Widi. Katanya ini asli bikinan anak negeri alias orang Indonesia. Aplikasi ini berbasis Java kurang lebih 200 Kb an lah, dapat didownload di www.orisinil.com/ymtiny. Penggunaanya pun tidak terlalu ribet, ga usah daftar dulu di webnya. Instalkan aplikasi kemudian masukan ID Yahoo, chating dah di HP. Aplikasi ini cuma bisa buat Yahoo Messenger aja dan tidak bisa chat room.

Catatan:

– Sebelum penggunakan aplikasi ini, pastikan HP kamu sudah aktif GPRS-nya.
– Selektif dalam memilih aplikasi, yang ga terlalu banyak loading data, kan lumayan pulsa
– Pake im3, cuma Rp.1/Kb (bukan promosi, cuma ngasih tau he…, ada yang lbih murah lg?)

Iklan

31 comments on “Mobile Messenger

  1. # To ranywaisya:
    Emang mig33 lumayan user friendly, sayangnya kalau dalam keadaan stand by, kalau ada message ga ada alert dan suaranya kecil banget di bandingkan dengan shMessanger. Btw id mig33 nya apa nih he…?

  2. aku pake eBuddy kang dengan hape SE K700i. kendalanya ga bisa getar kalo nrima pesan & kalo di hapeku, pas muncul screen savernya jadi ga keluar nada panggil pesannya 😦

  3. kalo pake sopwer itu di WII, XBOX atau di komputer bisa nggak ?

    misalnya dijalankan di atas emulator, gituh

    *heuehuehuehue ieu mah eweuh gawe nyak 😀

  4. # To Dion:
    Yups bener tuh.

    # To adit:
    Hu uh euweug gawe pisan, he…

    # To Indra Wijaya:
    Wah blom nyoba tuh pake Ymess, tp rekomendasi mah mending pake mig33, bisa chat room n search room, cuman tiap room dibatasi cuma 25 orang gitu.

  5. Assalamualaikum…

    Finnallly…bisa comment di blog ini ;p
    My first Comment euyy…

    Between morange,mig, mobicue, dll…punya kelebihan masing-masing depend on usernya
    Pengalaman pake mig : suka dc(disconnected), sy lebih interest pake morange coz bisa sekalian browsing 🙂

    btw dah izin blm tuh pake nama orang hehehe… 😉

    Wasslm

  6. # To Gie:
    Wa’alaikum salam
    Eh orang Bekasi comment juga akhirnya, setelah lama di tunggu he he… Untuk permasalahan perizinan, udah izin mba sama pihak berwajib dan yang berkepentingan di dalamnya (halah). Sekarang aku juga pakke morange, soalnya temen-temen pake fasilitas morange community.

  7. # To bunga:
    Biaya nya bukan per chat, tapi biyayanya per kilo byte. Misalnya kita chat selamat 1 jam menghabiskan 80 Kb, maka biaya yang harus dibayar adalah 80 * (harga yang ditentukan provider). Misalnya saya pake IM3 harga per kilo byte 1 Rupiah. Jadi 80 * 1 = Rp 80 Rupiah.

    # To Dietha:
    Hmmm, coba pake morange, Morang juga ngeluarin buat smart phone nya. Silahkan download.

  8. sy sdh coba ymtiny & agile ga png bisa…
    slalu masalah jaringan sementara.. qra2 knp?
    klo pk telkomsel bisa? hp nya 6300?

  9. # To bunga:
    Kalau menurut saya bukan karena program chat-nya, tetapi mungkin koneksi GPRS-nya belum di setting sehingga bermasalah terus pada jaringannya. Coba seting dulu GPRS-nya, Seting GPRS di TELKOMSEL, caranya ketik GPRS kirim ke 6616 (bagi pemegang ponsel GPRS non MMS) atau ketik MMS kirim ke 6616 (bagi pemegang ponsel GPRS/MMS). Atau kalau di NOKIA ada fasilitas SettingWizard untuk seting secara otomatis ke operator sesuai dengan kartunya. Saya sebelum pake im3 pernah pake TELKOMSEL. Harga per kilobyte adalah 12 rupiah. Jika masih bermasalah, coba ke gallery nya TELKOMSEL untuk memastikan setting GPRS berjalan dengan baik.

  10. gimana cara install file jad dan jar di pda windows mobile?
    yang ajaln kan yang extensien exe.

  11. saya mengalami masalah yang sama dengan >bunga<
    menggunakan hp nokia 6300 dengan telkomsel
    sudah pernah download mig33, ebuddy juga
    sudah coba software bawaan hp itu sendiri (yahoo msg)
    sudah telpon 111 (cs-nya halo)
    sudah ke grapari juga
    sudah ratusan kali hunting di internet

    semua hasilnya.. GAGAL
    temporary network problem
    hhh..
    lelah…
    help. hix. help. hix. =(

    -hana-
    penggunaTELKOMSELyangPUENGENsoroCHATTINGdiHP.hix.

  12. # To hany:
    Bisa dicoba pake migg33.

    # To yosep:
    Untuk menjalankan file .jar atau .jad, maka di hp diaku harus ada program javanya, sehingga file tersebut bisa dikenali. Seprti itu mungkin, tinggal install aja Java nya bro.

    # To hana:
    Aduh kasian yah…
    Saya ikut berduka cita dan salut atas perjuangannya.
    Kalau semua usaha udah dijalankan, ya berdo’a aja. Jurus terakhir adalah upgrade HP 😀

  13. hai sy menggunakan sh messenger sjk th lalu, hp sy nokia 6120 classic & pke mentari… krn suatu hal dengan terpaksa sy remove app sh mess trus sy coba install ulang lg tp dibilang unable 2 install… yg ingin sy ty kan apakah sh platinum versi 2.05 sdg lg ada mslh ato hp sy yg error ya? pdhl sebelumnya tdk ada mslh kalo mo instal ulang… mohon bantuannya ya… thx

  14. Assalamualaikum…
    kang, ari messenger kanggo e61 naon? tp tong nu trial…..!
    abdi tos nyobian nganggo IM+ tp trial keneh!!
    kinten2 nganggo naon nya?

    hatur nuhun

  15. # To Rosa:
    Kalau ga salah versi sh platinum versi 2.05 itu beta yah, coba versi yang udah release biar lebih sep. Atau install messenger lain, kan banyak. Sama aja kok secara umum penggunaannya/ cara menggunakannya.

    # To adi:
    kanggo e61 nya? wah cobi browsing ti hp na langsung ka http://www.wap.getjar.com nah biasana langsung ngadeteksi HP anu nuju browsing, sareng bakal masihan aplikasi2 anu support kanggo HP eta, termasuk kanggo messengger.

  16. hai.. saya mau nanya bs ga migpro command center di pake di hp..hp saya n9300 kalo bs cara na gmn? hrs download apa..truz bs ga registrasi banyak nick di mig33 hanya dengan satu no handphone..
    tolong dunk pencerahan na..
    thanks.. btw kalo bs tolong dijawab lewat email aku jg.thanks (adit)

  17. Wah mas, kok Slick ga direview??? Saya juga punya beberapa mobile messenger seperti Slick, mig33, YM tiny, eBuddy, sH messenger, dan yg terbaru gw download itu sH messenger. Cuma yg dominan gw pake itu SLick. Alasannya selain user friendly en ga ribet untuk login tanpa regis macam2 dulu, tampilan untuk mengetik pesannya itu langsung, seperti di YM biasanya. Jadi buat gw lebih nyaman en cepet buat membalas pesan. Ini yg menjadi alasan gw g suka pake eBuddy, mig33 dll. Soalnya harus masuk ke layar compose message dulu. Jadinya buat gw lebih ribet en merepotkan untuk membalas pesan dengan cepat.

    Skalian nanya, ada aplikasi messenger lainnya yg tampilan pesannya seperti YM biasanya??? Gw dah nyoba Fring. Sebenarnya enak karena ini sudah mendukung VoIP, sayangnya untuk YM dia masih bersifat text biasa jadi ga ada Emoticon en Buzz (sayang sekali >_<)

  18. # To SACHENK:
    Bisa, download aja di mig33.com atau via mobile di wap.mig33.com sama aja, tp mendingan ke PC dulu trus transfer ke HP menggunakan kabel data lebih enak dan kita punya master programnya. Untuk mengakali punya nick mig lebih dari satu, saya menggunakan nomor HP orang lain yang ga menggunakan mig. Gitu aja.

    # To Yudis:
    Dulu mas mau donload program Slick, masih bayar (ada sih yang trial) he he, sekarang dah gratis. Yaa klo ada pengalaman dengan YM mobile share disini aja.

    # To Sdhbasah:
    Iyah lebih irit, tapi sering DC (disconnect) 😀

  19. It is so sexy messengers. We can search item girls and call girls to fuck. I have done it for more than 10 times. Download and try for freee soon…………….

  20. Wah iya nie.. Aku pingn bgt pnya migpro yg bs di install d hp, ad gk ya.. Cz gw ska nge mig lwat hp..Klo ad tlung dung bgi dkit az, he,he,he,,(krim ke email gw ya)TQ broo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s