Akses Internet dengan M2 Broom

Modem HSDPA

Modem HSDPA

Akses internet untuk saat ini mungkin bukan barang yang langka dan mahal, tidak seperti dulu yang harus membayar sekian ratus ribu atau sekian juta untuk mendapatkan akses internet dari sebuah ISP (Internet Service Provider). Fasilitas alat bantu aksesnyapun bermacam-macam, dari mulai kabel telepon seperti speedy sampai gelombang elektromagnetik seperti GPRS (General Packet Radio Service). Tidak ketinggalan ISP pun bermunculan di negeri kita ini (katanya lebih dari 120 ISP), seperti TELKOM SPEEDY, Indosat M2, First Media, dan banyak lagi yang lainnya. Sebagai konsumen seperti saya sangat menguntungkan dimana semakin banyak penyedia layanan, semakain selektif memilih mana yang termurah dan terbaik. ISP pun berlomba lomba untuk memberikan layanan terbaik, dan kadang saling menjatuhkan harga.

Indosat M2 adalah salah satu ISP yang sudah lama melintang di dunia penyedia jasa layanan internet atau ISP, dari mulai paket internet cable dengan kecepatan up to 384 kbps sampai dengan 3G/HSDPA/EDGE/GPRS dengan kecepatan up to 256 kbps dan koneksi cepat (kata iklannya). Mungkin awal-awal seperti apa yang dibilang di iklan, tapi lama kelamaan pengguna semakin banyak, sehingga yang trafic data pun makin penuh.

Paket yang ditawarkan M2 untuk layanan 3G/3.5G/GPRS/HSDPA adalah Paket Broom. Paket ini sebenarnya ada 2 jenis, yaitu Broom Classic dan Broom Unlimited, yang menggunakan kartu prabayar dengan perdana isi ulang atau voucher.  Perbedaan yang paling menonjol dari kedua paket ini adalah dari segi kapasitas atau kuota, dimana Broom Classic memiliki kuota Max 300MB untuk isi ulang 150.000/bln dengan kecepatan up to 3.6 Mbps sedangkan Broom Unlimited memiliki kuota unlimit untuk isi ulang 100.000/bln dengan kecepatan up to 256 kbps. Masa aktif satu bulan dengan masa tenggang 6 bulan, selama masa tenggang kita tidak bisa akses internet. Voucher ini tidak bisa digunakan untuk SMS atau Telepon.  Syaratnya pun mudah, hanya dengan memasukan data KTP/SIM/KTM kartu langsung aktif.

Alat yang digunakan untuk dapat menikmati layanan dari M2 ini adalah modem 3G HSDPA, bisa menggunakan HP (Hand Phone) atau modem portable seperti merk Sierra atau merek Huawei yang banyak di pasaran. Harga rata-rata modem ini sekitar 400 ribuan untuk tipe PCMIA dan 1,3 jutaan untuk tipe USB. Silahkan cari data lengkap harganya, karena harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung harga tukar dolar terhadap rupiah.

Saya sendiri menggunakan perangkat Modem 3G HSDPA merek Huawei dengan kecepatan yang udah dinaikan menjadi 7,2 Mbps dan M2 Broom Unlimited pilihan saya sebagai media layanan jasa koneksi internet. Terima kasih kepada iCreativeLabs atas pemberian hadiah modem 3G HSDPA nya dan terima kasih juga kepada Dimas dan Agus atas konsultasinya untuk memilih M2 brom. Terus terang selama menggunakan layanan internet ini, kadang lambat kadang cepat. Biasanya kalau jam-jam sore atau malem lambat, tapi kalau udah di atas jam 12 malaem sampai dengan jam 9 an lumayan cepat, mungkin karana penggunanya belum banyak.

Iklan

26 comments on “Akses Internet dengan M2 Broom

  1. Bener sih mas apa yang di tulis mas pono, sekarang akses internet menjadi murah. tapi kebanyakan dari isp2 itu iklannya doang yang gede, pelayanannya jauh dari yang di harapkan customer. masak mau browsing aja nunggu jam 12 malam…. trus kalo pake jam kerja lemotnya minta ampun
    bener2 bikin buuooringgg.
    intinya bagi kebanyakan kaum marginal seperti saya internet masih muahaallll 😦

    Mudah-mudahan kedepannya lebih baik, baik itu dari segi pelayanan orang-orangnya atau pun produk dan jasanya.

  2. itu dia yg bikin gak puasnya,, yg “kadang2” itu lho. ekonomis memang ekonomis, tapi klo di daerah antapani hanya GPRS nya az yg jalan, jauh dr BTS sih. jd stressss!!! klo di Jkt ato Depok fine.. fine ae,,,

    Ya berbanding lurus, yang murah ya layanannya juga standar lah he he

  3. aiiiiiihhhh..baru mampir ke sini…
    salam salam saja ya kang Pono…

    ISP yang paling raja kalau di Garut…ya Telkom….
    Karena merasa tidak ada kompetitor..jadi sok sering sangeunahna….minimal pelayanan tidak maximal….

    Itulah…dimana mana kalau ingin maju, ya mesti ada pesaing……deeeeeerrr..ah…

  4. Mampir mampir….kalow aku mah pake indosat 3g yg unlimited tea.ngan masi pake hape.di lappie blon berhasil.gataw apa yang salah….ntar lah dicuba lagi.wish me!

  5. buat yang pake modem HP..baiknya di setting dulu supaya tidak menggunakan dual mode karena HP akan memilih sinyal yg paling kenceng sebagai sinyal utama

    sebenarnya mungkin anda dapet sinyal 3G atau 3,5G namun sinyal GPRS lebih penuh di daerah tersebut maka sinyal GPRS akan di pakai sebagai sinyal utama.

    akibatnya koneksinya jadi lambat luar biasa..kemudian suudzon deh sama operatornya ( pengalaman pribadi 😀 ) padahal salah modem HP nya.. So..saat difungsika jadi modem, ada baiknya HP tersebut di ubah jadi 3G only atau 3,5 Only..

    semoga bermanfaat

  6. mw tw lebih detil en lengkap lg donk mengenai koneksi MySQL untuk JAVA sekaligus kebutuhan yang menjadi pendukung koneksi databasenya.

    makasi 🙂

  7. # To hanny:
    Salah kamar hany…, seharunya di posting tetang Java

    # Agus siswanto:
    Yang diperlukan jika PC sudah ada, antara lain:
    1. Modem (bisa HP yang support GPRS/3g/HSDPA atau modem HSDPA/3G), harga modem 3G sekitar 800 rb s/d 1,2 jt.
    2. Kartu Perdana M2 harga perdananya 150 rb

  8. Saya jga pake modem huawei, kekuranganya panas banget, dah pernah beli 3x buat temen juga.
    Kl M2 kecepatannya lumayan lah sama dengan kec matrix

  9. # To dedy:
    Bisa digunakan di HP, tetapi hanya internetan saja (akses data), dan tidak bisa untuk telepon (data voice) dan tidak bisa juga untuk sms. Hanya internet saja. Kalau mau yang plus voice, bisa menggunakan provider lain seperti TelkomFlash

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s