Tugas Akhir a.k.a Skripsi

di-kosan

Akhirnya setelah sekian lama ga nge-blog, akhirnya nulis blog kembali. Yang akan saya bahas untuk posting kali ini adalah tentang Tugas Akhir a.k.a Skripsi. Kenapa posting masalah ini, karena saya baru menyelesaikan Skripsi dan pada saat menulis posting ini, sedang menunggu jadwal sidang dan transkrip nilai. Belum merasa lega, karena satu babak lagi harus dilewati, yaitu sidang yang harus mempertanggung jawabkan smua kegiatan dan apa yang sudah saya lakukan pada Tugas Akhir. Doakan yah, smoga sukses… Amin.

Tugas Akhir alias adalah syarat utama bagi mahasiswa yang akan meninggalkan bangku kuliahnya dengan cara terhormatyaitu mendapatkan ijasah (ga DO/Drop Out atau alasan lain). Tugas akhir ini bisa dibilang gampang-gampang susah, ya… dibilang gampang kalau kita sungguh-sungguh dan konsen penuh perhatian ke tugas akhir kita, maka TA akan gampang dan akan cepat klar. Sebaliknya apabila kita selalu menunda-nunda, maka akan lama dan mungkin ga akan lulus-lulus. Biasanya pertanyaan orang-orang yang akan mengambil Tugas Akhir adalah “Judul apa yang cocok dengan saya yah?”, ga mungkin dong Skripsi tanpa judul. Saya sendiri beberapa bulan berpikiran seperti itu ketika memutuskan untuk mengambil mata kuliah Tugas Akhir ini. Mungkin ada banyak alternatif jawaban dari pertanyaan diatas, kalau saya sendiri memiliki jawaban tersendiri, yaitu:

  1. Saya jurusan Teknik Informatika, maka saya akan mengambil judul yang berkaitan seputar itu. Bisa saja saya mengambil ide lain seperti Jurusan Elektro membuat Robot, tapi mungkin membutuhkan waktu lagi untuk mempelajarinya, karena saya ga punya background elektro.
  2. Saya pun harus mengspesifikasikan atau mengerucutkan topik dari jurusan saya (IT), apakah saya lebih mengarah ke Networing, Programming, Multimedia/Game, Analysis System, Information System atau yang lainnya. Untuk mencari judul, saya biasanya mencari referensi ke beberapa perpustakaan kampus lain, ke Google, forum diskusi di internet, teman curhat, tempat KP (kerja praktek) dulu, dosen dan lain-lain. Ya kalau pengen cepet sih cari judul, kemudian ubah metodenya atau di balik, judulnya sama tapi metodenya berbeda. Jadi kita bisa “menjiplak” tuh.
  3. Ternyata setelah dikerucutkan, saya r, it’s OK, yang penting sudah mengambil keputusan. Sekarang lagi-lagi dikerucutkan programmingnya, apakah web base programming atau dekstop prgramming. Dan ternyata saya lebih memilih web base programming, walaupun kebanyakan mah chat, pesbuk dan freindster.
  4. Ga sampai disitu, saya juga harus memlilih bahasa pemrogramlebih condong ke Programming, walaupun cuma bisa nampilin “Hello World” di layar monitoan web yang “minimal” saya kenal selama ini, ada banyak bahasa pemrograman web seperti PHP, ASP, Ruby on Rails, Java Aplet, dan teman-temannya. Dan saya memilih jatuh cinta dengan PHP, walau hanya bisa menulis echo “Hello World”.
  5. Kalau udah gitu bimbingan ma dosen, sambil ngerjain program aplikasi. Tipsnya kita harus baik-baik ma dosen, sehingga revisi akan minimalis dan program aplikasi pun ga banyak permintaan.
  6. Kadang diperjalanan banyak rintangan, seperti masalah ga bisa coding, atau ribet dokumentasi. Sering-sering aja maen ke forum diskusi, tanya di situ, atau ke temen deket juga boleh.

Akhirnya Tugas Akhirku selesai, sekarang tinggal mengunggu sidang skripsi. Mudah-mudahan Allah memudahkan segalanya, dan tidak lupa saya ucapkan kepada mereka yang telah menyumbangkan partisipasinya baik itu smangat ataupun dalam menyelesaikan kesulitan dalam skripsi ini.
Thxs To:
80tasks.com : Rio
inredsugar.com : Kankan K, Firman S
iCreativeLabs.com: Anggi K, Agus S, Ibnu T, Erika M, Momo, Beny, Dimas dkk
Pak Benny Y (Pembimbing), Astri D (Terjemahin Abstarksi), Paman Google, and All Friends

11 comments on “Tugas Akhir a.k.a Skripsi

  1. weiisss…nama aku kesebut. yeah, that’s what friends are for. tinggal kamu doain aku yaaa…lagi berjuang neh. ketemu di wisud yaaa……..

  2. # To aci:
    Pasti didoain atuh, kan udah membantu menerjemahkan + belajar toefl juga. Alahamdulillah hasil toeflnya sangat memuaskan ci.

  3. wish u best for everything that you do..
    but remember to take Allah in your mind everytime,

    cause only HIM that give you anything and everything.
    a bright future, i hope Allah give it to you.. soon.

    don’t forget to take Islam in every single time that you have.

    Islam need a soldier to reach the dignity, and i wish u could be the part of it..

    -sister-

  4. # To tugas akhir:
    Salam kenal juga…

    # To sapi sabiela (Nara):
    T hank’s, I will remember what you say.
    Islam need me, I was promised about that.

  5. Penting juga tuk di contoh dan ditiru bagi generasi muda, dalam proses pengerjaan skripsi yg selalu menemui jalan buntu, triksnya Kang Pono tuh…. Jarang-jarang seeh yg suka share spt ini… Siip Kang.

  6. # To didinsadidin:
    Terima kasih Pak, itu hanya pengalaman pribadi aja he he…

    # To hendra:
    Terima kasih, semangat ah
    $ sudo apt-get wisuda…
    $ grep -i -r “kerja”

    # a:
    Terima kasih,
    Sekses juga yah

  7. tolong donk !!?? sy jg bingung n nemu jalan buntu !!
    bingung mau ambil judul apa ???
    maunya sih…web programing karena mayoritas dosen penguji tak begitu tau tentang masalah itu (jd tdk banyak bertanya dosennya hehehe….) tp sy belajar sedikit tentang itu ? jadi hanya 1 semester belajar seperti itu ??
    tolong bs kasih masukan tdk ???

Tinggalkan Balasan

