Qurban Yuk…

qurban-yuk

Salah satu ibadah yang paling dinanti oleh umat Islam diseluruh dunia dan menjadi fokus setiap bulan Dzulhijjah pada tiap tahunnya adalah Ibadah Qurban. Bagi mereka kaum muslimin yang mempunyai kelebihan dalam hal materi dan sudah ‘sadar’ akan fungsi dan perannya, terppanggil untuk melaksankan ibadah yang satu ini.  Sesuai dengan sebuah hadist: “Barang siapa yang mampu berqurban tapi dia tidak mau berqurban, maka janganlah mendekati tempat solatku.
Sejarah telah mencatat bahwa sejak zaman Nabi Adam a.s, berqurban ini sudah dimulai. Kabil dan Habil adalah pelakunya, dimana keduanya merupakan putra Nabi Adam a.s. Dalam menentukan pasangannya, apakah Iklima atau Labuda yang menjadi pendamping hidupnya. Mereka melakukan kurban, dimana Habil berqurban dengan kambing dan Kabil berqurban dengan sayuran, dan pada akhirnya qurban Habil lah yang diterima.

Pada zaman Nabi Ibrahim a.s. syariat qurban pun terjadi lewat mimpinya Nabi Ibrahim  diperintahkan untuk mengurbankan anak yang dicintainya dengan cara menyembelihnya, tetapi Allah menggantikannya dengan seekkor domba. Dan syariat inilah yang kemudian diteruskan sampai dengan Nabi  Muhammad saw sampai detik ini.

Qurab sendiri berasal dari kata qoroba yang artinya dekat sesuai dengan firman Allah dalam Q.S Al-Hajj: 37.  Hakikat qurban sendiri dapat berarti dari dua sisi, yaitu dari sisi individu dan dari sisi kolektif (jama’i). Bagi individu, jelas sekali fungsi qurban adalah dapat meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah swt. Bagi sisi kolektif adalah qurban merupakan sarana untuk membahagiakan kaum fakir miskin, terutama yang jarang sekali makan daging, sekaligus juga meningkatkan gisi dan nutrisi mereka, karena mereka adalah saudara kita.

Semoga kita di dimampukan untuk berqurban di tahun ini.
Amin…

Iklan

4 comments on “Qurban Yuk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s