Satukan Android-Blackberry-iPhone-Symbian dengan WhatsApp

WhatsApp Messenger Untuk Komunikasi Lintas Multipaltform

Bagi Anda para pengguna Blackberry, mungkin tidak asing dengan kata BBM-an, salah satu fasilitas messenging yang ada di smartphone BB untuk saling mengirim pesan antar pengguna Blackberry. Atau yang lebih sederhana lagi fasilitas SMS yang ada di setiap HP, sayangnya fasilitas SMS ini memakan pulsa kita, tidak seperti BBM yang memanfaatkan fasilitas koneksi Internet. Permasalahannya adalah bagaimana kalau ingin saling kirim pesan antar pengguna yang memiliki handset yang berbeda, misalnya Blackberry dengan Android atau Android dengan iPhone? Nah salah solusinya adalah dengan Aplikasi WhatsApp. Apa itu WhatsApp? ayo kita bahas.

Apa itu WhatsApp
Whatsapp adalah aplikasi messenger yang ada di smartphone dengan basic mirip Blackberry messenger. WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa membayar untuk SMS, karena Whatsapp Messenger menggunakan data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain, sehingga tidak menggunakan biaya untuk dapat tetap berhubungan. Aplikasi Whatsapp Messenger adalah pengiriman pesan yang menggunakan koneksi GPRS, 3G, HSDPA, atau WiFi untuk berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan menggunakan whatsapp, kita dapat melakukan chatting, file sharing, kirim video, kirim gambar dan lain-lain.

Lalu apa bedanya dengan layanan chatting sepeti Yahoo, GTalk, Skype, Mig33 dan lainnya? layanan ini kan menggunakan data internet, so apa bedanya?
WhatsApp ini menggunakan nomor telepon Anda sebagai PIN, jadi kalau temen kamu udah instal WhatsApp maka secara otomatis akan ada di list contact WhatsApp. Beda dengan YM (Yahoo Messenger) harus add dulu id YM nya, dan belum tentu semua orang punya id YM. Cara add temen di WhatsApp sangat mudah, tinggal tambahkan saja nomor telepon kamu di kontak, kemudian refresh aplikasinya, secara otomatis akan ada dilist kamu. Intinya Aplikasi WhatsApp akan melacak kontak secara otomatis di phonebook Anda.

Apa Kelebihannya WhatsApp ini?

  • Nomor telepon sebagai PIN, sehingga kita tidak perlu mengingat banyak nomor dan otomatis akan di tambahkan di list aplikasi WhatsApp
  • Pengiriman tidak hanya text: tetapi  bisa kirim Gambar, Video, Suara, dan Lokasi GPS. via hardware GPS atau Gmaps.
  • Terintegrasi ke dalam sistem: WhatsApp layaknya sms, tidak perlu buka applikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk, ringtone, dan getar. Ketika HP sedang off, pesan akan tetap disampaikan ketika jika HP sudah ON.
  • Status Pesan: Fitur favorit sama kaya di BBM. Akan ada empat icon yang muncul dan menjelaskan status pesan.
    – Jam Merah untuk Proses loading di HP kita
    – Tanda Centang satu jika pesan terkirim ke jaringan
    –  Tanda centang double jika pesan sudah terkirim ke teman chat.
    –  Silang merah jika pesan gagal
  • Broadcast dan Group Chat: Kita bisa membuat group mirip kaya di BB, dan bisa mengirim pesan ke semua group
  • Hemat Bandwidth: Karena terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data makin irit. App dapat dimatikan, dan hanya aktif jika ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat batteray.
  • Dan banyak lagi yang lainnya
Bagaimana Cara Mendapatkan dan Install Aplikasi WhatsApp
Ada beberapa cara untuk melakukan install aplikasi WhatsApp ini, pertama Anda bisa download dulu di web resminya WhatsApp (http://www.whatsapp.com/download) pilih sesuai dengan smartphone Anda, disana disediakan Android, iPhone, Blackberry dan Nokia (Symbian). Atau Anda dapat langsung download dari HP kesayangan Anda, tentunya HP anda harus smartphone dan cari dengan keyword WhatsApp
– Android: langsung ke Android Market
–  iPhone: langsung ke App Store
– Blackberry: langsung ke App World
– Nokia: langsung ke Ovi Store
Aplikasi lain yang Mirip dengan WhatsApp: Cnectd, Pingchat, pMessenger, Live Profil, KakaoTalk dan lain-lain
Jika ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah, mungkin pertanyaannya sudah ditanyakan sebelumnya. Jadi silahkan baca dulu beberapa komentar dari yang lain.
Iklan

172 pemikiran pada “Satukan Android-Blackberry-iPhone-Symbian dengan WhatsApp

  1. Andika Karta

    untuk symbian cuman di kasih free 1 tahun setelah itu bayar….miris…..

    Kalau saya (pengguna Android) kalau ada aplikasi yang bayar atau limited, bisa cari black market aplikasi, dimana disana banyak aplikasi yang sudah di crack, yang berbayar jadi free atau yang limited jadi unlimited. Kalau Android bisa install App Planet tuk nyari aplikasi bayar tp disitu bisa gratis.

    [Supono]

  2. ghie

    kenapa yah, tiap kali mw instal whatsapp selalu gagal di proses initialized nya.. Gmna solusiny itu?? Mohon bantuannya

  3. ghie

    bagaimana mengatasi proses initialized yang selalu gagal?? Saya jd tdk bsa menggunakan aplikasi whatsapp nya

    Bisa tau Sistem Operasi yang digunakan di HP nya?
    Pesan gagalnya seperti apa?
    Solusi dari saya:
    1. Download versi terbaru 2.0.7 (http://www.whatsapp.com/)
    2. Aktifkan telepon ur ke modus offline dan biarkan terhubung ke wifi …
    3. Install whatsapp …

  4. Ayo Jagoaninternet Indonesia, download dan gunakan Whatsapp untuk komunikasi dan chat yang lebih multi platform!

    JagoanInternet.com – makin jago makin pintar internet!

  5. suzie

    apakah arti dr contoh: last seen today at 15:48. yg saya tanya d sini last seen kita d window chat itu. atau last seen temen chat kita. thanks

    Artinya itu terakhir pesan yang Anda kirim. Mudahnya gini aja, kalau tanda checklist nya satu, berarti baru dikirim dan belum diterima oleh si penerima, tapi kalau tanda checklist nya ada dua, maka artinya pesan kita sudah diterima oleh si penerima.

    Supono

  6. bagus hadirijanto

    Mas Supono
    saya juga pakai whatsapp, tapi kenapa lambat?
    Begitu connec WIFI, semua yang kita send langsung terkirim.
    trus whatsapp juga tetap bisa berfungsi untuk chat, walaupun tanpa pulsa asal nomor masih aktif asal tersambung dg Wifi.
    Apakah kita harus berlangganan internet seperti BB?

    Bagus H

    Proses pengiriman (send data) oleh WhatsAppa menggunakan jalur internet, jadi ketika Anda mengirimkan pesan harus terkoneksi ke internet perangkat handphone/smartphone Anda, baik itu menggunakan jaringan Wi-Fi/GPRS/HSDPA atau berlnagganan dan yang lainnya. Tanpa koneksi internet, maka pesan tidak akan dikirim.
    Anda bisa membuat pesan tanpa koneksi internet, tapi pengirimannya akan dilakukan saat perangkat telepon Anda sudah terkoneksi ke internet.

    Supono

  7. Android Freak

    @atas

    kan untuk whatsapp itu harus selalu koneksi dengan internet. kalo internet mati, whatsapp juga mati. jadi ketika sebelumnya koneksi mati, kemudian sewaktu waktu menyala karna ada wifi atau lainnya, semua pesan yg pending ketika koneksi mati akan langsung terkirim. begitu juga dengan pesan yg masuk ke kita.
    CMIIW

  8. dhita

    mau tanya nich, Kalo keterangan “Last Send Today…..” itu artinya apa…..???

    Apakah waktu terakhir teman kita mengirim pesan melalui whatsApp atau waktu terakhir teman kita terkoneksi internet…..???

    Mohon Info nya…..
    Thanks…

  9. dhita

    mau tanya nich, Kalo keterangan “Last Send Today…..” itu artinya apa…..???

    Apakah waktu terakhir teman kita mengirim pesan chat melalui whatsApp atau waktu terakhir teman kita terkoneksi internet…..???

    Mohon Info nya…..
    Thanks…

    Artinya terakhir teman kita mengirim pesan ke kita.

    Supono

  10. anas

    siang pa, mau tanya kalo sy pake iphone, pesan itu masuk kalau saya buka window nya whatsapp saja ya? kalo saya switch ke window lain, kok pesan tidak masuk ya? thanks

    Secara default, apabila ada pesan, maka akan muncul notifikasi mirip seperti notifikasi kalau ada sms masuk. Tapi notifikasi bisa di disable (di nonaktifkan). Untuk melakukan test, coba aja temen Anda mengirim pesan ke Anda.

    Supono

  11. nyom

    kalo ini pake semacam pin kyk BB ga? cara ngeadd tmn yg lain gmn caranya?

    Tidak ada PIN seperti konsep BB, kalau kita install WhatsApp secara otomatis kalau ada nomor temen kita yang sudah mempunyai WhatsApp maka secara otomatis akan ada di list kita. Jadi intinya WhatsApp akan bekerja kalau temen kita juga install WhatsApp. PIN nya adalah nomor teleponnya.

    Supono

  12. imam

    bisa ga pake laptop install whatsapp

    Sampai saat ini yang saya tau hanya untuk berbasis mobilephone, lebih terkhusus smartphone seperti untuk Android, iPhone, Nokia dan Blackberry

    Supono

  13. ditya

    gmana supaya bisa terhubung k bbm sm fb sih??↲↲Add ya 082196698208

    WhatsApp ini tidak bisa terhubung dengan BBM (messenger), tetapi bisa berkomunikasi dengan BB, syaratnya di BB yang dituju harus terinstall aplikasi WhatsApp. Kalau nomor telp BB lawan ada di kontak kita, otomatis akan ada di list kontak whatsApp kita.

    Supono

  14. tya

    Mau tanya. . Saya pengguna android(s.galaxy tab 1)
    Di whatsapp saya tidak bisa mendownload file gambar dr temen. .
    Stiap didownload slalu muncul kata2 “cannot download media from invalid message, please try sending the message again”
    Sedangkan dari saya kirim file gambar selalu bsa didownload. .
    Mohon bantuannya. .:-)

    Silahakn install WhatsAppa versi baru, menurut saya itu bugs untuk tab.

    Supono

  15. Novieta

    Salam kenal. . .saya pakai whatsvapp dari galaxy tab, apakah bisa di profil nya dibkasih foto kayak bbm gt? Trims

    Bisa, biasanya avatar atau photo profile diambil dari avatar gmail atau fb pada hp yang sudah terhubung (connect) dengan FP atau Gmail.

    Supono

  16. saya mau forward pesan dari WhatsApp ke teman lain tp via sms, apakah mungkin?
    Tks-iwan

    Kalau langsung forward ke sms, kayanya tidak ada fasilitasnya. Tapi bisa menggunakan fasilitas copy-paste ke message (sms) jika HP anda sudah ada fasilitas copy-paste.

    Supono

  17. Siapa yg msh menggunakan Whats App free version,,dan ingin menjadikan nya versi berbayar Kunjungi Blog Muhib disana ada tutorial nya,,,,dngan biaya gratis,,,,,,

    (muhib.mwb.im),,,,,Sukses buat kita smua,salam kompak slalu buat Mas Supono

  18. sahala

    Waduh informasinya mantabz banget…..
    Semoga makin rame deh
    Saya baru ngerti kalau ternyata harus kedua2nya menginstall wahtsapp…
    KArena pd saat install kan otomatis sinkronisasi ke contact, tapi di coba2 kok gak nyambung ke BBM, ternyata gak bisa.
    Tapi kok temenku dari iphone bisa masuk ke group bbm ya Pak
    Bener Gak

    Secara jaringan sih tidak bisa, karena BBM itu punya jaringan sendiri dan mereka tidak mau share, sehingga tidak ada aplikasi yang bisa joint ke sana (tidak ngasih API tuk akses jaraingan mereka), Kalau menurut saya, group tersebut adalah groupnya di WhatsApp, karena di WhatsAppp juga bisa membuat group.

    Supono

  19. asteria

    mas mau tanya , saya udah install whatsapp di hp. terus ada temenku yang udah install whatsapp tapi kok gak masuk contact favorite saya ya ? udah saya refresh terus tapi gak masuk. bisa kasih solusi gak ? terimakasih 🙂

  20. asteria

    mas mau tanya , saya udah install whatsapp di hp. terus ada temenku yang udah install whatsapp tapi kok gak masuk contact favorite saya ya ? udah saya refresh terus tapi gak masuk. bisa kasih solusi gak ? terimakasih

    Coba ganti nomor HP depannya dengan kode negara. Misalnya 0856xxx menjadi +62856xxx, mudah-mudahan berhasil.

    Supono

  21. puri

    Salam kenal. Saya pengguna bb, apa mungkin dengan paket bb chat and social network msh bs chat menggunakan whatsapp? Setelah saya coba itu ga bisa. Tapi teman saya bs menggunakan whatsapp dengan paket chat and social network.. Apa ada yg salah? Mohon penerangannya..

    Yang saya tau aplikasi WHatsApp ini harus paket data, walaupun secara aplikasi antar mukanya adalah program chat. Jadi harus paket data, setiap aplikasi punya IP atau port tertentu, nah jadi program2 chat seperti YM, sosoal media seperti facebook diizinkan untuk akses.

    Supono

  22. steve

    menyambung tanggapan sis Dhitta yang menanyakan tentang last send,saya juga ada pertanyaan berdasar jawaban bro Supono bahwa last send adalah terakhir teman kita mengirim pesan ke kita .tapi di whatsup saya last send dari teman tertentu saya selalu berubah ubah tapi ada kalanya dia tetap .ada juga teman saya yang lain last send nya benar sesuai jam terakhir dia mengirim pesan di whatup saya.pertanyaan saya kenapa hanya orang tertentu yang berubah ubah ?dan jika perkiraan saya dia hanya mengulang melihat whatsupp terakhirnya ,ternyata perkiraan saya tidak benar karena pas saya tanya apakah baru baru ini melihat whatsupp,dia bilang sudah lama tidak buka whatsupp.jika tidak lihat ,bagaimana last send bisa berubah ubah?mohon penjelasan bro Supono…thanks

  23. steve

    menyambung tanggapan sis Dhitta yang menanyakan tentang last send,saya juga ada pertanyaan berdasar jawaban bro Supono bahwa last send adalah terakhir teman kita mengirim pesan ke kita .tapi di whatsup saya last send dari teman tertentu saya selalu berubah ubah tapi ada kalanya dia tetap .ada juga teman saya yang lain last send nya benar sesuai jam terakhir dia mengirim pesan di whatup saya.pertanyaan saya kenapa hanya orang tertentu yang berubah ubah ?dan jika perkiraan saya dia hanya mengulang melihat whatsupp terakhirnya ,ternyata perkiraan saya tidak benar karena pas saya tanya apakah baru baru ini melihat whatsupp,dia bilang sudah lama tidak buka whatsupp.jika tidak lihat ,bagaimana last send bisa berubah ubah?mohon penjelasan bro Supono…thanks

    Yang saya tau seperti ini cara kerjanya: Ketika kita mengirimkan pesan ke temen kita, maka secara sistem pesan kita akan disimpan dulu ke dalam sebuah database (wadah penyimpanan pesan), jika pesan kita masuk ke wadah pengimpanan tersebut, maka itu dianggap terkirim oleh sistem WhatsApp. Kemudian sistem akan mengirimkan lagi dari database tersebut ke nomor yang dituju, nah disini mungkin nomor yang dituju tidak sedang terhubung ke internet, sehingga pesan (dalam hal ini data) akan di pending sampai dengan nomor yang dituju terhubung ke internet.
    Jadi mungkin saja waktu pengiriman tidak sama dengan waktu diterima pesan. Semoga makin pusing 🙂

    Supono

  24. tangguh.pramono

    salam.
    sya baru menggunakan bb, dan mau pake whatsapp, tapi setelah diinstall dan mau dipake, waktu input in nomor telpon, keluar ket. ini:
    ” unexpected error: net.rim.device.cldc.io.ippp.SocketBase IOException:could not connect to r.whatsapp.net:443.”

    itu kenapa ya mas.?
    terimakasih pencerahannya.

    Sepertinya itu tidak bisa terhubung dengan Server WhatsApp, pastikan bahwa paket koneksi internet yang digunakan adalah paket data.

    Supono

  25. tofik

    bang sya pakai bb tour cdma
    sya cba instal whatapp nya pertma dia mnta no hp,sya kasih no hp sya loading 2 x 4 menit trz muncul sms verification failed
    voice verification whatsapp will callyou at +6288805376693 entr the nomber you hear to complete verification
    trz sruh mskan 3 digit code,sudah sya coba tp gk bsa2 ya,
    mohon bantuannya….plis

    Dicoba install ulang, biasanya itu koneksinya yang bermasalah. Semoga berhasil

    Supono

  26. kenapa saya selalu gagal pas mau instal
    “ga bisa konek ke whatsapss” itu pesannya
    saya coba terus ttep ga bisa
    saya pake iphone

    Cek koneksi internetnya, dan pastikan paket yang digunakan adalah paket data, bukan paket chat.

    Supono

  27. wewith leezakh

    aq udh install app whatsapp..aq dh msukin no.telp n nama truz aq klik ok tp ko failure iia?

    Gunakan kode negara didepannya (+62) dan pastikan HP kita terkoneksi internet dengan paket data.

    Supono

  28. liliantini

    Saya mengirim video (flv) 5.2 Mbyte pakai samsung Galaxy Tab ke BB, tapi ngak bisa diterima oleh BB, mengapa yah?

    Mungkin file-nya terlalu besar dikarenakan kalau perangkat smartphone itu terbatas dalam ukuran pengiriman, terutama dengan bandwidth di Indonesia saat ini. Saya sarankan via email aja.

    Supono

  29. saya install di hp tiger kf 138 kok ndak bisa ?
    di market android juga tidak ada whatsapp nya…..
    q download di hp……di install malah muncul “applikasi tidak di install”
    mohon tutorialnya……

    Kalau saya lihat, untuk HP ini didukung oleh prosesor yang sangat minim dan konektivitas data dengan hanya mendukung EDGE dan GPRS membuat komunikasi data sangat lambat. Coba cari HP nya yang sudah support HSDPA atau 3G

    Supono

  30. saya install di hp tiger kf 138 kok ndak bisa ?
    di market android juga tidak ada whatsapp nya…..
    q download di hp……di install malah muncul “applikasi tidak di install”
    mohon tutorialnya……

    Mungkin lihat dulu versi Androidnya versi berapa? untuk WhatsApp yang sekarang minimal versinya adalah 2.1

    Supono

  31. Harsa

    Selamat pagi Mas,

    Saya pengguna BB yg menggunakan layanan provider Chat & Email. Apabila saya menggunakan Whatsapp, apakah saya akan terkena biaya lagi? Atau tidak sama sekali, karena Whatsapp kan masuk ke kategori Chat.

    Terima kasih.

    Salam,
    Harsa

    WhatsApp itu menggunakan paket data, walaupun secara kasat mata adalah aplikasi chat, tapi data yang berkomunikasi. Jadi tidak bisa jalan klo paketnya tidak di upgrade ke paket data.

    Supono

  32. Mantaps… btw, saya buat satu tool mudah digunakan untuk transfer phonebook ke android. OutlookTransformer.

    Tidak perlu lagi upload database kontak kita ke Google karena itu seperti memberi emas ke google. Kita bisa bekerja semuanya lokal hanya dengan memindahkan CSV phonebook ke android, download aplikasi android outlooktransformer.apk dari softpedia.org, kemudian install di android aplikasi outlooktransformer ini. Program ini khusus android dan telah ditest di beberapa smartphone.

    Keterangan lebih jelas di http://outlooktransformer.wordpress.com/indonesia

  33. andremanullang

    Maaf mas , saya mau tanya cara mengganti nomer PIN/Handphone saya di setting’an WhatsApp krn saya baru ganti provider . Apa harus re-install atau ada cara lebih mudahnya ? Terima kasih . #Respect

    Yang paling mudah dan ga ribet adalah menginstalll ulang aplikasinya.

    Supono

  34. sumar

    Kenapa saya ga bs krm sms keteman saya tp buat ♈åñģ lain bs tolg dibantu

    Maksud sms disini dari HP atau dari WhatsApp nya? kalau ga bisa dari WhatsApp nya kemungkinan jaringannya atau paket datanya habis.

    Supono

  35. uzy

    bagaimana cara memasukan pin di whatsapp

    WhatsApp akan mendeteksi nomor kontak teman Anda yang menginstall WhatsApp di HP mereka, jadi ga udah add PIN dan tidak ada fasilitas itu, WhatsApp berkomunikasi bukan dengan PIN, tapi dengan no tlp sebagai pengganti PIN nya

    Supono

  36. uzy

    kenapa waktu add pin teman di whatsapp di pilhanya cuma ada invite via sms dan call

    Tidak ada fasilitas ini, silahkan lihat comment saya sebelumnya

    Supono

  37. arif

    Cara Buat Grup di whatsapp bagaimana?

    Untuk versi yang gratis, saya belum menemukannya, ga tau kalau yang bayar

    Supono

  38. saya mencoba install whatsapp di tablet android saya tp begitu masuk ke Google store diatas tertera tulisan ‘ perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini’ OS tablet saya ICS..pls advice yaaa..

    WhatsApp hanya bisa berjalan di OS Android, Blackberry, iOS dan Windows Phone, Symbian (Nokia).

    Supono

  39. saya baru install, nah gimana caranya kita update, buat pp dll?

    Biasanya klo HP nya udah sinkronisasi dengan GMail, otomatis dari avatar/pp nya sana, itu pengalaman saya.

    Supono

  40. Klau ingin whatsapp langsung terkoneksi dengan fb atau gmail bagaimana caranya?? Tlong di bantu saya 🙂

    Kalau terkoneksi ke FB saya belum pernah, tapi kalau ke GMail otomatis itu, dengan syarat HP nya sudah connect ke GMail.

    Supono

  41. Q dah pake whatsapp di android tapi ada problem nEe. Waktu yang tercantum dari teman selalu berbeda,..
    misal :
    saya : (22.13) dimana?
    teman : otw (15.16)

    Padahal tidak ada keterlambatan pengiriman, chat pada waktu yang sama langsung dibalas. apa yang salah dengan Mobile aq ya,…

    Itu hanya setingan waktu di HP pengirim, tidak ada kesalahan atau kerusakan di HP si penerima.

    Supono

  42. boris

    Mas mau nanya, saya udah download whatsapp dr blackberry app word, kenapa pas saya udah masukin kode negara & nomer tlp ga bisa aktifin whatsapp nya mas? Malah keluar tulisan Error requesting verification phone call , kira2 itu kenapa ga bisa aktif ya mas? Thx b4

    Sebelum bisa menggunakan WhatsApp, pastikan terlebih dahulu kita memasukan no telp kita dan akan mendapatkan kode verifikasi, setelah berhasil diverifikasi, maka aplikasi WhatsAppa bisa digunakan.

    Supono

  43. Erick

    saya udh msukin nmr HP , trus muncul tulisan “Phone number Verification Failed” .
    Itu knp ya , trus ngatasinnya gmn ?

    Salah mengisikan kode verifikasi, pastikan ketika memasukan no telp pada saat install WhatsApp harus memasukan kode negara di depannya.

    Supono

  44. Dhita

    menyambung tanggapan sis Dhitta yang menanyakan tentang last send,saya juga ada pertanyaan berdasar jawaban bro Supono bahwa last send adalah terakhir teman kita mengirim pesan ke kita .tapi di whatsup saya last send dari teman tertentu saya selalu berubah ubah tapi ada kalanya dia tetap .ada juga teman saya yang lain last send nya benar sesuai jam terakhir dia mengirim pesan di whatup saya.pertanyaan saya kenapa hanya orang tertentu yang berubah ubah ?dan jika perkiraan saya dia hanya mengulang melihat whatsupp terakhirnya ,ternyata perkiraan saya tidak benar karena pas saya tanya apakah baru baru ini melihat whatsupp,dia bilang sudah lama tidak buka whatsupp.jika tidak lihat ,bagaimana last send bisa berubah ubah?mohon penjelasan bro Supono…thanks

    Yang saya tau seperti ini cara kerjanya: Ketika kita mengirimkan pesan ke temen kita, maka secara sistem pesan kita akan disimpan dulu ke dalam sebuah database (wadah penyimpanan pesan), jika pesan kita masuk ke wadah pengimpanan tersebut, maka itu dianggap terkirim oleh sistem WhatsApp. Kemudian sistem akan mengirimkan lagi dari database tersebut ke nomor yang dituju, nah disini mungkin nomor yang dituju tidak sedang terhubung ke internet, sehingga pesan (dalam hal ini data) akan di pending sampai dengan nomor yang dituju terhubung ke internet.
    Jadi mungkin saja waktu pengiriman tidak sama dengan waktu diterima pesan. Semoga makin pusing

    Supono

    Jadi Kesimpulan nya yang di maksud dengan “Last Send” Itu fungsinya informasi tentang apa,,,,,???

    Sama konsepnya kaya kirim SMS, ketika kita kirim SMS maka pesan terkirim “Last Send”, hal tersebut belum tentu diterima oleh penerima. Last Send sepengatahuan saya adalah waktu ketika kita mengirim pesan ke teman kita, tanpa mengetahui apakah teman kita terkoneksi internet atau tidak.

    Supono

  45. Dhita

    Om Momod, Apakah WhatsApp Support untuk pengiriman file Animasi (Format: “gif” dll)…..???

    Mohon pencerahannya…..???

    Sampai saat ini masih belum, masih sebatas message (pesan) dalam bentuk text.

    Supono

  46. mdiitz

    cara invite cma lwat sms aja ta ?
    gak ada yang lain ?
    add yya 085731532237

    Cara lain bisa menambahkan kontak no tlp temen yang sama-sama menggunakan WhatsApp, secara otomatis temen tersebut akan ada di list kontak aplikasi WhatsApp.

    Supono

  47. ndiitz

    knpa yya wktu add pin temen cuma ada invite via sms sma call aja ?
    btuh sarannnn

    Mungkin maksudnya bukan PIN, tapi no tlp.
    Cara lain bisa lihat balesan saya di comment sebelumnya (diatas).

    Supono

  48. widiyanto

    aq harus masukin code 3 digit maksudnya apa nh

    Itu adalah kode verifikasi dari WhatsApp, fungsinya untuk mengaktifkan aplikasi WhatsApp agar bisa digunakan.

    Supono

  49. Yoo-haan Yuniathi

    aku butuh saran nich,,,aku udah masukan no hp tmn yang pke whatsapp juga..tapi knpa kok gak masuk contac whatsapp yah….udah refresh favorites tapi ttp aja gak bisa masuk….tolong sarannya ..thanks

    Pastikan no tlp dengan kode negaranya, karena ini sifatnya global. Atau cara lain dengan invite melalui SMS.

    Supono

  50. Lazuardi

    saya mau tanya, biasanya kita akan melihat ‘last seen’ tetapi ada satu kontak yg tidak memunculkan itu pdhl sudah saya tunggu lama sekali, apakah itu berarti kontak itu sudah tidak memakai wa atau bagaimana?

    Lihat comment sebelumnya diatas, sudah dibahas panjang lebar.

    Supono

  51. afif

    mas minta pencerahan donk.. whatsapp saya ga bisa concect internet.. saya udah instal ulang di iphone saya tetep sama mas, nongol pop up (could not connect to Whatsapp service. Please try again later). tolong minta pencerahannya mas supaya whatsapp saya kembali normal…

    Kalau dari pesan errornya dipastikan masalah tidak tehubung ke server WhatsApp, biasanya koneksi internetnya yang bermasalah baik itu masalah jaringan yang lemot, tidak ada jaringan internet atau hal lainnnya.

    Supono

  52. Saya pengguna galaxy tab 2,untuk melihat list kontak pengguna whatapp saja gimana caranya tanpa harus melihat list kontak device satu persatu

    Kontak list yang ada di WhatsApp adalah mereka (temen kita) yang sudah menggunakan WhatsApp juga, jadi secara otomatsi si WhatsApp akan memasukan kontak phone kita ke kontak list WhatsApp. Jadi tidak perlu lihat satu persatu.

    Supono

  53. imam

    ko setelah verivikasi no handphone failure terus yah ?

    Biasanya memasukan nomor teleponnya yang tidak benar.
    Contoh yang benar seperti ini: kalau nomor telepon anda 085643210, maka isikan seperti ini: (+62) 85643210

    Supono

  54. harnums.wanda

    pak, kalau tiphone a85 bisa whatsapp juga kan??

    Kalau ga salah, Tiphone A85 sudah menggunakan sistem operasi Android, jadi bisa di install. Silahkan cari aja di Google Play (Android Market).

    Supono

  55. imam

    om gimane cara kalo mau invite temen ko ga ada ?
    saya yang gaptek apa blum beres proses registernya ? 😀

    Masukin aja no tmn ke kontak HP, nanti juga nongol sendiri disitu klo temennya pake WhatsApp juga

    Supono

  56. Market share android semakin besar.. Namun saya percaya blackberry ttp akan memilki market share sendiri, karena blackberry lbh ke security dan ini sgt diperlukan perusahaan besar..

    Salam,

    Hotelpadi.com (tarif hotel termurah)

  57. vievie......

    mas mau tanya nih, bagaimana add member di grup whatsapp sementara admin nya (yg create group di awal) sudah left the group, admin nya otomatis pindah orang tapi tetep ga bisa add member lagi, thanks…….

    Kayanya ga bisa deh, soalnya otoritas untuk add member ada di tangan admin, paling solusinya buat lagi group baru dan suruh/informasikan temen2nya untuk pindah ke sana (add).

    Supono

  58. Saya Sdh verifikasi no hp dgn kode negara (+62) dan no hp. tpi setelah di konfirmasi selalu nongol kata-kata “Unexpected eror:java.io.IOException:No Working transports!” itu knp ?

    Pake smartphone jenis apa? Kalau BB banyak di forum yang membahas masalah ini, mereka solusinya adalah ganti SIM Card, dan ternyata berhasil.

    Supono

  59. zary zack

    Caranya add gmn si gan ?

    Ko tdk cocok trus aku klo di pencarian ¿°°°°°°°

    Tambahkan no temennya ke kontak, otomatis akan ada di list, dengan catatan dia install WhatsApp juga.

    Supono

  60. dirman

    apa yg dimaksud “last seen” di status whatsapp teman, misal last seen today at 07.00 apakah artinya
    – wkt terakhir teman kt aktifkan whatsapp,
    – atau wkt terakhir teman lihat ke whatsapp kita ????

    kl status online apa artinya ?
    Bisa nggak kt download foto profile teman?
    makasih banyak, maaf pertanyaannya borongan.

    Kalau yang dimaksud “last seen” sudah dibahas panjang lebar di comment sebelumnya.
    Status online berarti temen kita sedang bisa dihubungi (terkoneksi dengan WhatsApp).
    Download foto ga bisa, solusinya bisa di printscreen (maksa).

    Supono

  61. Handrio

    mas, kenapa ya WA saya ga bisa jalan, bilangnya intializing can takes 5 minutes, tp udah 2 hari ga bisa2. padahal dulunya pas make hp lama ga begitu. butih pencerahan. thanks

    Pakai Smartphone (HP) jenis apa? mungkin jenis tersebut tidak support terhadap devise tersebut, coba install ulang.

    Supono

  62. Nana

    Admin, kenapa ya kalau gak bisa login WA padahal sudah pakai wifi, failure terus, pesan errornya gini, sory, whatsapp was unable to complate initialization. please check that you are connected to the internet and try again. please reboot your phone if your connection problem persists. padahal aku pakek wifi, tak coba restart jg sudah tp ttp gak bisa masuk

    Kalau dari pesan/message errornya kelihatan koneksi internetnya. Coba test koneksi internetnya dengan browsing, nah kalau ga bisa browsing berarti koneksi internet yang masalah. Kalau tetep ga bisa, coba pake paket mobile (pulsa)

    Supono

  63. ikfi nabila

    pertama saya akifkan whatsapp saya pakai kartu xL, dan di aplikasi whatsapp itu jga udah tercantum no hp xL saya .. terus saya ganti krtu AS ..
    apakah saya harus mendaftar ulang di whatsapp tersebut ?

    Ya

    Supono

  64. ikfi nabila

    bagaimana cara nge-add teman melalui whatsapp (android) yg sudah diketahui no tlp ny ??

    Tambahkan ke kontak telepon kamu, otomatis akan ada dilist WA

    Supono

  65. mas, kenapa ia saat ku confrm no hp yg keluar “sms verification failed”
    code tuk verification sih sudah dikirim via sms.
    mohon penjelasan. ku pakai pket bb yg full service

    Kode verifikasi yang dikirimkan WA harus dimasukin secara benar, silahkan cek kembali. Salah satu angka/huruf saja itu jadi kegagalan

    Supono

  66. kenapa bagi pengguna whatshapp tidak bisa chat dengan yang tidak menggunakan whatshapp
    ? Tolong ksh info

    WhatsApp punya jalur tersendiri, sama kaya BBM dia punya jalur sendiri. So kalau mau ikutan chat ya harus gabung (install) dulu.

    Supono

  67. Ahmad Safei Ridwan

    kenapa ya kan sy udah paket bb 50rb yang bb gaul (chat & sosial). tapi kok tidak bisa untuk whatsapp ya? tapi kalau pake wifi bisa. kalo kaya gitu repot juga masa musti ada wifi… tapi temen sy pake pket itu bisa. Kalau mungkin settingannya gmna gan? dmnanya?

    WhatsApp itu pake paket data mas, jadi ga bisa menggunakan paket chat/social, walaupun WhatsApp untuk chat, tetapi secara komunikasi dia menggunakan data internet. Sulusinya pindah paket aja.

    Supono

  68. mochanwar

    gan, ane nanya apa Androitt bisa instal BBm ya, thank’s…….?

    Tidak bisa. BBM hanya berjalan di Sistem Operasi Blackberry OS.

    Supono

  69. teguh

    knpa ya n95 tiba2 gak mau masuk,padahal sblm nya bisa .
    Semenjak ada pemberitahuan update versi terbru malah gak bs masuk.
    Mhon penjelasanya

    Coba list diwebsite-nya apakah masih disupport untuk N95. Jika masih tidak bisa solusi lain bisa menggunakan aplikasi lain yang mempunyai fungsi yang sama. Misalnya aplikasi LINE. Silahkan lihat disini: http://line.naver.jp/en/

    Supono

  70. Aziz

    Kenapa kalau di buka mau ngisi numberz telvonnya udah clos sendiri….

    Kalau boleh tau, jenis teleponnya apa dan tipenya berapa?

    Supono

  71. Mw nanya nh,saya udah instll whaatsapp di (beyond b tab android 4.0) dan no telp saya juga sudah beerhasil di verfikasi. Nah masalahnya tab saya kan gak ada sim card nya buat masukin kontaknya. Trus kata temen sya gak bisa whatsapp klo ga ada simcardnya. Gimana nh caranya masukin kontaknya ? Nah pas buka whtsapp tuh bisa masuk, trus adanya pilihan beritahu teman> fb,twitter,gmail,YM dll.
    Tolong bantuannya mas ? oia mas klo bisa ntar bisa di kirim jawabannya ke email saya muhamadriyadi75@gmail.com
    Thanks ya mas

    WhatsApp akan mendeteksi nomor dari list kontak yang ada di Phone tersebut. Jika tidak ada list kontaknya (tidak ada sim Card atau media penyimpanan kontak phone) maka tidak bisa mendeteksi. Tapi untuk komunikasi bisa, dengan tidak tersimpan kontaknya.

    Supono

  72. Rezky

    Aku coba tes instal Whatsupp ne , pas di instal Verivikasi Nomor telpon nahh pass masukin no Hp langsung Initializing tapi lama banget ,, Bisa Dari malem Sampe Pagii ,, ..
    Mohon bantuan

    Udah dijawab pada comment sebelumnya, silahkan dibaca

    Supono

  73. Ifien

    Saya pengguna corby carany mendapatkan kode ferikasi whatsap gmn, uda saya cb klik get code ferifikasi g ada sms sama sekali smpai skrg

    Kemungkinan besar kesalahan dalam memasukan nomor anda. Pastikan memasukan nomor telepon + kode negara didepannya.

    Supono

  74. Ifien

    Saya pengguna corby, cara mendapatkan kode ferifikasinya gmn, soalnya whatsap saya smpe sekarang blm dpt sms kodenya tlg bntuanya ???

  75. wida

    saya baru install whatsapp… berhasil soalnya temenq udah tahu klo pake WA, tapi setiap klik ikon whatsapp muncul inisialisasi WA trus kontak dukungan.. lalu harus klik apa??..

  76. Emi

    saya pengguna XT720, android saya link dengan BBM tapi waktu BB ngirim BBM kok gak keluar text nya ya……mohon bantuan

    WA dengan BBM tidak bisa terhubung, mungkin maksudnya BB diinstall WA dulu, kemudian WA tersebut ngirim pesan ke Androidnya.

    Supono

  77. anwar

    knpa ya foto yang dikirim dari temen tidak ksave d gallery… tolong jawabannya…

    Disimpan (save) dulu ke kartu memory (memory card) nya. Karena WA secara otomatis tidak langsung menyimpan ke gallery kalau user tidak melakukan Save ke memory.

    Supono

  78. asif triyono

    gan,aq kan dpt krman fto lwt whatsapp,tp pas aq klik “view” mlh trhubung ke web portal e-journal.jd fotonya ga bs dbka,gmna tuh gan?tlg dbntu y,mkasih.

    Mungkin salah klik, kalau mau lebih tepat bisa klik pas gambar atau fotonya.

    Supono

  79. Gloria*Susilo

    gan, gimana nih. pertama gw masukin nmor hp gw di WhatsApp. trus gw kluar.. gw masuk lagi, eh ternyata tertulis, “Your Date is Ancuratte, ……” (dst)
    trus, gw klik OK, tpi whatsapp nya ikut keluar. gmn tuh gan?

    Biasanya settingan tanggal di HP nya yang salah, setting dulu dengan jam tanggal bulan dan tahun sekarang.

    Supono

  80. kenapa ya kok install whatsapp waktu initializing nya nggak kelar kelar…
    bisa jelasin nggak..?

    makasih

    Bisa dijelaskan jenis HP nya apa, kemudian pake jaringan koneksi/internet-nya apa? karena untuk install WA membutuhkan data yang besar, kalau jaringan yang dapet adalah GPRS, mungkin akan lemot.

    Supono

  81. aziiz

    mas saya gagal masuk trus,ada tulisan adjust time and date..youre time incorect..padahal waktunya udah otomatis ke providerr..mohon bantuanya

    Coba setting-an waktunya di set secara manual aja, tidak otomatis mengikuti provider

    Supono

  82. chicky

    mau nanya mas. kalo saya sedang keluar negri dan saya ganti simcard dgn simcard luar negri bisa ga saya tetap online whatsapp seperti sebelumnya dengan nomor saya di indonesia? thanks info nya

    Bisa, karena WhatsApp menggunakan jalur internet.

    Supono

  83. refa

    Saya sdh instal WA di androif tab smartfren tp kok tidak terdeteksi di hp lain ya,pdhl ditab sdh terdeteksi dan di hp lain sdh menyimpan no yg terpasang di tab ,bgmn solusinya?atau mmg tidak support?

    Di add aja nomor yang di smartfren-nya atau sebaliknya. Biasanya sih langsung muncul.

    Supono

  84. fitri

    mau tanya knp setiap mau perbaharui wa ga pernah bisa? katanya penyimpanan media tdk memadai padhl memory sy ga penuh tolong di jelaskan

    Di smartphone biasanya ada dua memory (internal dan eksternal), nah pastikan bahwa ketika install/update itu aplikasi diarahkan ke memory yang masih kosong.

    Supono

  85. isco

    kalo di nokia e63 saya sesudah instal selalu muncul check time and date bla bla bla, sudah sya hapus dan instal lagi tetap sama, gmna solusinya

  86. harni

    mau nanya nih..
    kok WA saya sekarang gak bisa kirim VN ya?? padahal dulu bisa? apa ada aplikasi tersendiri buat kirim” VN dan saya ngga sengaja ngehapus? pleasee sarannya
    (pengguna android)

  87. Rita susila

    Sya pengguna symbian
    sya udh download aplikasi whatsapp, ketika sya membukanya lalu memasukan nmor telepon dan di klik ok muncul kata tidak dapat terhubung ke server: certificate was issued by an unrecognized entity. Bisa ngasih solusi gk?
    Tlong d bantu ya mksh sblumnya 🙂

  88. Rita susila

    Bisa kasih solusi ga?
    Kenapa waktu memasukan verifikasi nomor ponsel pada aplikasi whatsapp muncul tulisan tidak dapat terhubung ke server, maksudnya itu gmna ya?

  89. Gito

    sy pakai BB dgn kartu mentari paket Gaul Banget, whatsapp sdh versi terbaru coba kirim foto kok tidak bisa? kalau kirim text tidak masalah.

  90. nisa

    kenapa waktu saya verifikasi nomor ponsel , muncul “Tidak dapat terhubung ke server: Certificate was issued by an unrecognized” ?

  91. Dita Andriyani

    saya dapat pesan dari server WA: New version of WhatsApp Messenger is now available. Please visit http://www.whatsapp.com/nokia/ and upgrade to the latest version. Your upgrade will be free and will bring new features such as Broadcast Lists! Apa maksudnya?apakah harus update WA? Coz dulu pernah WA saya tiba2 ga bs digunakan.

  92. rina siregar

    Trus mas, saya masih ga ngerti pbahasan mengenai last seen today 18.09 di window chat temen kita? Soalx yg saya baca pesan dhita, mas menjelaskan mengenai check list 1 dan 2.. bukan kah itu penjelasan last send.. mohon penjelasanx skl lagi.. makasih

  93. Tolong share dong,, apakah bisa jika kontak pd whatsapp udah diapus, tapi kok masih ada di daftar kontak pd HP kita? bukankah jika kita hapus kontak melalui menu hapus kontak di HP kita baru otomatis pd kontak whatsapp terhapus juga?? masalahnya ane bingung, kok di daftar kontak whatsapp nama tmn ane kaga ada, tapi di daftar kontak hp ane ada. pdhal tmen ane pake Whatsapp juga. Oiya, HP ane Iphone 5. Thanks pencerahannya 🙂

  94. putri

    maaf. aku mau nanya. ponakan saya sering ngirim video. tp ada yg kebuka. banyak juga yg gagal. karena codec nya ga cocok ktanya. jd d video itu suaranya/audionya doang yg kebaca. viaual/gambarnta blank item. gmna cara repairnya? mksh

  95. To rina siregar:
    Versi terbaru sudah mirip seperti BBM, kita bisa melihat pesan kita sudah dibaca atau belum, tandanya ceklistnya 2 dan berwarna biru.

    To mischell:
    Kontak di WA biasanya mengambil kontak di HP, nah kalau di hapus di HP maka akan terhapus di WA, tetapi kalau dihapus di WA belum tentu akan terhapus di HP.

    To putri:
    Kalau Android, tinggal dicari aja player untuk format video di google play. Banyak kok aplikasi untuk pemutar video

  96. Mas Pono, numpang tanya neh, kenapa saya ga bisa add WA temen di Malaysia, dan dia juga ga bisa add saya. Padahal, kita bisa saling kirim sms. Dia pakai Nokia (symbian) saya pakai BB. Apa masalahnya ya

  97. #To Tri Jauhari:
    Untuk lintas negara, harus menggunakan kode negara dan menggunakan simbol (+) didepannya. Contohnya: +54 9 xxx xxx xxxx (tanpa space)

  98. Mungkin ada salah satu yang bermasalah, coba aja cek agan Tri bisa WA sama temen2nya ga? terus tanya juga yang di Malaysia bisa WA sama temen2nya ga? klo bisa dua-duanya sih kanyanya it’s ok. Mungkin jaringan internetnya aja klo saya nebak. Mungkin bisa gunakan cara-cara ini:
    – Update aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru (termasuk yg di my)
    – Add kontak via WA untuk memulai chat.
    – Beli HP baru 😀

  99. Dinar

    cara memverifikasi nmr hp di bb gimana? setiap saya melakukan verifikasi muncul tulisan “Kesalahan tak terduga: java.io.IOException: Stream already open” mohon bantuannya. terimakasih

  100. Mau tanya nih min,saya pake android versi 4.4.4 udah ganti provider dst di brunai tp kok gak bisa buat bbm sm line nah herannya temen” saya yg lain kok bisa pdhal mengunakan provider yg sama…mohin pentunjuknya nih min…makasih sbelumnya!!

  101. ucha

    Saya mau nginstal whatsapp tapi kok ada tulisannya perangkat anda tidak kontitable dengan versi ini, padahal dulu bisa , mohon petunjuknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s