Membuat Array di PHP

Membuat Array Dengan PHP
Membuat Array Pada PHP

Sebelum membaca mengenai judul posting ini, bagi yang belum tahu apa itu PHP, silahkan bisa baca terlebih dahulu di artikel saya sebelumnya yang berjudul  Apa itu PHP. Nah kalau sudah tahu apa itu PHP, baru lanjut baca tentang Array pada PHP. Menurut paman Google dan sedikit modifikasi oleh saya, Array adalah sekelompok data yang sejenis yang disimpan ke dalam variabel dengan nama yang sama, dengan memberi indeks pada variabel untuk membedakan antara yang satu dengan yang lain. Definisi diatas adalah definisi secara umum tentang Array, sama juga untuk PHP. Kalau masih bingung mari kita sederhanakan apa itu Array yang kita bahas disini adalah Array di PHP.

Tadi dikatakan bahwa array adalah “sekelompok data yang sejenis”, dapat kita analogikan mengelompokan sesuatu di dunia nyata, misalnya manusia memiliki data yang sama seperti punya rambut (kalau tidak botak), punya tangan dan sejenisnya. Yang berikutnya “disimpan dalam variabel yang sama dengan memberikan indexs yang berbeda”. Maksudnya adalah semua orang sama, tetapi ada yang membedakan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya dari wajah, tempat tanggal lahir, warna kulit, dll.

Pada PHP juga kita bisa mengelompokan data yang sama dalam sebuah variabel yang sama, dengan memberikan index para variabel tersebut untuk membedakan data yang satu dengan data yang lain. Seperti terlihat pada contoh dibawah ini:

<?php
$manusia[0] = "Supono";
$manusia[1] = "Budi";
$manusia[2] = "Rini";
?>

Kita bisa melihat bahwa nama variabel diatas sama, yaitu $manusia tetapi dibedakan dengan indexnya yaitu [0], [1], dan [2]. Isi datanya berbeda, ada Supono, Budi dan Rini.  Untuk membuat Array di PHP bisa dengan cara diatas atau dengan cara lain seperti pada script dibawah ini:

<?php
$manusia = array("Supono", "Budi", "Rini");
?>

Script diatas mempunyai pengertian akan membuatkan array dengan nama variabel $manusia. Diatas terlihat tidak ada indexnya yah? kalau penulisannya seperti diatas, maka PHP secara otomatis akan membuatkan index dari 0, jadi Supono membiliki index 0. Untuk menampilkan array dapat dilihat discript dibawah ini.

<?php
$manusia = array("Supono", "Budi", "Rini"); // penulisan Array
print_r($manusia); // menampilkan array
echo $manusia[0]; // menampilkan array index 0, Supono
echo $manusia[2]; // menampilkan array index 2, Rini
?>

Bagaimana kalau saya menginginkan indexnya bukan angka? bisa.

<?php
$manusia = array("orang"=>"Supono", "Buaya"=>"Budi", "1"=>"Rini"); // penulisan Array
print_r($manusia); // menampilkan array
echo $manusia['orang']; // menampilkan array index orang, Supono
?>

Array di PHP juga ada array 1 dimensi (yang kita bahas diatas), ada array 2 dimensi dan seterusnya, mudah-mudahan kita bisa bertemu lagi untuk membahas array ini. Di PHP sendiri juga banyak fungsi array, seperti menggabungkan array, mencari perbedaan antar kedua array dan seterusnya.

Iklan

6 pemikiran pada “Membuat Array di PHP

  1. master,
    saya punya permasalahan seperti ini, ada 2 table yaitu tabel user (iduser,nama) dan tabel event(idevent,peserta). nah, jika ingin pada field peserta di tabel event terisi dengan user” yang ikut event gimana caranya master ? misal : data di tabel event (event001,dan di field peserta ada id user[iduser01,iduser02,dst]), itu gimana caranya master ? mohon pencerahannya

    Harus mengetahui proses bisnis atau aturan dari sistemnya, nanti akan menghasilkan apakah user_id menjadi FOREIGN KEY ke tabel event (satu ke banyak) atau bisa jadi akan dibuat tabel baru jika proses bisnisnya satu user bisa mengikuti banyak event dan satu event banyak user.

    @soepono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s