Curug Sanghiang Tareje Garut

Curug Sanghiang Taraje

Ini adalah perjalanan liburan lebaran saya di tahun 2012 ini, dan kebetulan objek wisata ini berdampingan dengan desa saya, sehingga saya tertarik untuk menceritakan dan mendokumentasikan salah satu tempat wisata yang ada di kota saya (Garut). Curug Sanghiang Taraje namanya, kalau orang sunda meungkin langsung ngerti, tapi kalau orang non sunda agak mengerutkan kening. Curug artinya Air Terjun, Sanghiang Taraje memnpunyai cerita bahwa jaman dulu Sangkuriang mengambil bintang menggunakan Taraje (tangga) yang diminta Dayang Sumbi.

Menurut cerita dari penduduk sekitar, ada bekas telapak sangkuringa di batu yang berada tepat dibawah air terjun tersebut, selain itu konon katanya ada tempat penyimpanan bintang disitu yang dijaga oleh sebuah “ikan lubang” seperti sejenis ikan belut dimana ikan tersebut mempunyai telinga sebesar hihid (kipas yang terbuat dari bambu) dan diyakini selalu menjaga dan ada dilokasi air terjuan tersebut. Lokasinya ada di sebalah selatan Garut, kurang lebih 65 KM dari pusat kota Garut.

Peta Lokasi Menuju Curug

LOKASI

Berada daerah Kombongan desa Pakenjeng Kec. Pamulihan disebelah selatan kota Garut menuju arah Bungbulang, kurang lebih 65 KM dari pusat kota dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam, tempatnya masih asri dan perkampungan, untuk sampai ke lokasi anda bisa menggunakan mobil/motor pribadi atau dengan mobil umum (mobil elf) dengan jurusan Garut – Pakenjeng, dari pakenjeng Anda harus naik ojek lagi kurang lebih 4 KM-an.

Curug Sanghiang Taraje Garut

RUTE JALAN

Dari Garut ambil menuju arah Cikajang, akan menemukan pertigaan yang menuju ke arah Pameungpeuk dan arah Bungbulang, ambil yang arah ke Bungbulang (belok ke kanan).  Dari situ perjalanan masih panjang sampai menemukan perkebunan teh PTPN VIII (kurang lebih 15 KM) ketemu daerah Cisandaan dari situ belok ke kanan (mudun) sampai desa Pamulihan dan untuk masuk ke Lokasi memang jalannya kecil hanya masuk 1 mobil dan jalannya pun lumayan tanjakan curam atau pudunan curam dan juga jalan yang aspalnya tidak rata dan berbatu, saya sarankan menggunakan mobil 4WD. Disepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan teh dan pesawahan yang membentang.

Perjalanan Menuju Curug

Air disungai ini bisa dipengaruhi oleh hulu sungai, jadi berhati-hati jika ada dibawahnya mungkin saja air akan langsung besar (banjir), pastikan melihat kondisi cuaca dibagian hulu. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak semua penyedia layanan komunikasi ada sinyal disini, terutama CDMA yang tidak ada. Jika Anda kemalaman atau bingung, penduduk daerah ini sangat ramah dan akan membantu Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s