Segelas Air Susu

Sedekah

Sedekah

Ini adalah sebuah kisah inspiratif tentang berbuat baik kepada sesama tanpa meminta balasan (ikhlas). Kisah ini saya dapatkan dari buletin World Bank yang secara tidak sengaja saya dapatkan ketika makan bubur ayam setelah bersepeda di daerah Dago yang tergeletak begitu saja dilantai. Mudah-mudahan bermanfaat untuk menyebar kebaikan kepada sesama. Cerita ini udah saya modifikasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan ini adalah postingan pertama di tahun 2013 🙂

Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang hidup dengan menggantungkan diri dengan berjualan asongan dari pintu ke pintu, melihat isi dompetnya hanya selembar uang yang tidak cukup untuk membeli sebungkus nasi pun, dan dia sangat lapar. Anak lelaki tersebut memutuskan untuk meminta makan sambil menawarkan jualannya ke rumah berikutnya. Akan tetapi anak tersebut kehilangan keberanian tatkala seorang wanita muda membuka pintu rumah, dan anak tersebut tidak jadi meminta makan, tetapi hanya meminta segelas air. Wanita muda tsb melihat anak lelaki didepannya terlihat iba dan dibawakannya segelas air susu.

Anak lelaki tersebut meminumnya dengan lahap dan kemudian bertanya: “Berapa saya harus bayar untuk segelas air susu ini?”

Wanita itu menjawab: “Kamu tidak perlu membayarnya, Ibu kami mengajarkan untuk tidak menerima bayaran untuk kebaikan

Anak lelaki tersebut menghabiskannya dengan mengucapkan terima kasih kepada wanita muda tersebut. Beberapa tahun kemudian, wanita muda tersebut sakit keras dan sangat kritis dan para dokter dikota tersebut tidak ada yang sanggup menanganinya. Akhirnya wanita muda tersebut dikirim ke kota yang lebih besar dimana banyak para dokter ahli disana yang bisa menanganinya.

Dr. Howard Kelly adalah salah satu dokter ahli yang memeriksanya, dia sangat tertarik ketika mendengar asal kota kecil wanita muda tersebut. Dengan sekejap dia mengenali wajah wanita mudah itu, kemudain Dr. Kelly langsung berdisukusi dengan tim dokter untuk menanganinya, dan dia selalu memberikan perhatian khusus pada wanita muda tesebut.

Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya wanita muda tesebut sembuh, Dr. Kelly meminta bagian keuangan rumah sakit untuk mengirimkan semua tagihan wanita muda tsb ke dirinya. Dr. Kelly melihatnya dan menuliskan sesuatu di pojok atas lembar tagihan dan kemudian mengantarkanya ke kamar pasien.

Wanita itu sangat takut untuk membuka surat tagihan tsb, ia sangat yakin bahwa ia tidak akan mampu unutuk membayar semua biaya perawatan selama dia dirawat, walaupun harus dicicil seumur hidup dia. Akhirnya dia memberanikan diri untuk membuka dan membaca tagihan tsb, dan sesuatu yang menarik perhatian pada pojok lembar tagihan tersebut. Ia membaca tulisan yang berbunyi “Telah Dibayar Lunas dengan Segelas Air Susu, tertanda Dr. Howard Kelly“. Air mata kebahagiaan membanjiri matanya, Ia berdoa: “Tuhan, terima kasih, bahwa cintamu telah memenuhi bumi melalui hati dan tangan manusia”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s