Ciri-ciri Web Developer yang Bagus

Menjadi Web Developer

Menjadi Web Developer

Bagi mereka yang sudah ahli dan sering membuat web untuk client atau konsumen adalah sebutan bagi Web Developer atau mungkin untuk web pribadinya. Nah pertanyaanya adalah apakah sudah disebut seorang “Web Developer” yang bagus dengan telah membuat beberapa website? belum tentu juga. Berikut saya berikan ciri-ciri web developer yang bagus berdasarkan pengalaman dan baca sana sini:

Menggunakan Framework.

      Sebagai web developer, tentu anda mengenal banyak Framework dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti untuk bahasa pemrograman PHP ada framework Yii, Codeigniter, CakePHP, Smarty, Prado, dan atau bahkan Anda membuat framework sendiri untuk membantu dalam mengerjakan sebuah web development. Dengan framework dapat membantu kita tidak membuat kode dari awal, selain itu kita juga bisa meng-standarkan kode kita. Beberapa framework bahkan sudah memiliki manajemen keamanan, session, URL yang friendly dan konsep MVC sehingga membantu Web Developer.

Menggunakan Alat Bantu Kontrol Versi

      Dalam bahasa inggris disebut Version Control System, tools ini digunakan untuk mengelola perubahan-perubahan yang terjadi sehingga kita bisa melacak perubahan apa saja bahkan bisa kembali ke perubahan sebelumnya. Hal ini terutama bagi mereka yang bekerja team. Beberapa software yang terkenal untuk Version Control System adalah: Git, Sub Version (SVN) dan Current Version System (CVS). Yang terkenal sekarang adalah Git.

Mengutamakan Keamanan

      Kemanan menjadi fokus bagi anda sebagai web developer kalau tidak mau di caci maki oleh client, hal-hal yang harus diperhatikan seperti SLQ Injection, XSS, Session Fixation, penulisan kode yang tidak aman akan menjadi awal bencana bagi Anda. Jika Anda menggunakan Fremework mungkin anda tidak terlalu khawatir kalau selalu update.

Dokumentasi Kode

      Nah bagian ini yang paling males bagi para developer (termasuk saya), mendokumentasikan kode seperti hal yang sangat berat bahkan malas tingkat tinggi. Pengembang yang bagus selalu mendokumentasikan kode seperti menulis banyak komentar pada setiap blok kode yang mereka tulis. Ini akan membantu di kemudian hari atau ada orang yang membacanya.

Manajemen Waktu Secara Efisien

      Deadline adalah kata yang sering melekat pagi para developer yang kurang mengelola waktunya dengan baik, bahkan mereka harus mengerjakan proyek sangkuriang (semalam harus jadi). Bagi developer yang bagus diawal akan dipetakan (timeline) modul pengerjaan dan waktu penyelesaian, sehingga sesuai dengan waktu yang sudah disepakati.

Update Informasi

      Seorang web developer harus banyak gaul dan mampu menyerap update informasi seputar teknologi website, seperti perkembangan HTML terbaru, keamanan web server, dan salah satunya banyak ikut komunitas. Di komunitas biasanya banyak sharing terkait informasi perkembangan web development termasuk mendapatkan pekerjaan.

Selalau Menjaga Kesehatan

    Kopi adalah teman dekat bagi seorang web developer untuk menjamin mata dan semangat tetap on, selain kopi juga begadang merupakan bagian dari kehidupannya. Selalu seimbangkan dengan olah raga, disini harus ada waktu-waktu yang terjadwal untuk melakukan aktivitas yang bisa mengolah fisik dan makan makanan yang bergizi.

Sekian share dari saya, semoga bermanfaat 🙂

@soepono

Iklan

One comment on “Ciri-ciri Web Developer yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s