Mutasi Motor

samsat

Berawal dari perubahan data identitas diri (KTP), maka akan berpengaruh ke hal lain, seperti data kendaraan bermotor, data bank, dan data-data lainnya. Kalau tidak diurus malah akan bermasalah dihari berikutnya, seperti kesulitan dalam memperpanjaang surat kendaraan bermotor karena perbedaan data alamat pemilik.

Ini adalah pengalaman pribadi mengurus mutasi keluar (cabut berkas) dan mutasi masuk (membuat STNK baru) dari Kabupaten Garut ke Kabupaten Bandung Barat dimana memakan waktu kurang lebih 2 minggu sampai dengan terbitnya STNK baru. Oh iya karena nama identitas di BPKB sama, maka saya tidak perlu membuat BPKB baru, sehingga meminimalisir biaya pengurusan.

Cabut Berkas di Kabupaten Garut (Mutasi Keluar)

Terus terang karena lumayan sibut, saya memutuskan untuk minta tolong adik saya untuk melakukan cabut berkas. Tetapi segala sesuatu sudah saya siapkan dari Bandung, termasuk cek fisik nomor rangka motor, sekedar informasi untuk wilayah Jawa Barat, Anda dapat melakukan cek fisik di Samsat Jawa Barat yang terletak di Jl. Soekarno Hatta No. 528 Bandung, hasilnya bisa dipakai di suluruh provinsi Jawa Barat.

Cek Fisik di Samsat Jl. Soekarno Hatta:

  1. Siapkan berkas yaitu: STNK dan BPKB
  2. Ambil Formulir di bagian Cek Fisik (GRATIS)
  3. Antri menunggu giliran cek Fisik (GRATIS), dan melakukan validasi (Cap dan tandatangan)
  4. Kembali ke loket untuk memberikan hasil dari cek fisik dan di loket ini akan diberikan lagi Cap serta Tanda Tangan pengesahan.
  5. Selesai
  6. Semuanya GRATIS, kalau mau ngasih tips ke bagian yang gesek silahkan.

Menyiapkan dokumen untuk Cabut Berkas, jangan lupa di fotocopy masing-masing 3 (tiga) kali, kalau perlu saya copy 5 kali.

  1. STNK Asli dan Fotocopy
  2. BPKB Asli dan Fotocopy
  3. KTP Asli Terbaru dan Fotocopy, kalau pindah tangan berarti ini adalah KTP Asli Pemilik Baru
  4. Kwitansi Pembelian Motor dan Fotocopy
  5. Hasil Cek Fisik Rangka Motor dan Fotocopy

Saya mengirimkan ke Garut menggunakan jasa Travel KPMS, jadi hari itu juga sampai (2 jam) ke Garut dan bisa langsung di proses ke Samsat Garut di Jl. Merdeka No. 219. Langsung masukan ke bagisan Mutasi masuk, dan akan diproses. Biayanya yang dikeluarkan 250.000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) tanpa Kwitansi loh. Seminggu kemudian dokumen bisa di ambil dan kita akan mendapatkan Surat Jalan agar tidak kena tilang.

Seminggu berikutnya saya ke Garut dengan membawa surat jalan tersebut, saya langsung ke bagian mutasi keluar. Ada biaya PKB karena saya masukin berkas telat sehingga kena biaya Administrasi (melebihi tanggal yang tertera di STNK), biaya denda sebesar 17.000 (dengan kwitansi). Kemudian disuruh mengambil berkas ke bagian pemberkasan (lantai 2) dan diminta uang 25.000 (tanpa kwitansi). Kembali untuk proses pengesahan dan selesai.

Masukan Berkas ke Samsat Cimahi (Mutasi Masuk)

Karena tujuan di berkas adalah Samsat Cimahi, maka saya langsung ke samsat cimahi di Jl. Cibabat dan langsung Gesek Cek Fisik lagi dikenai biaya 10.000 (tanpa kwitansi). Kemudian saya masukin berkas, ternyata katanya salah seharusnya ke Samsat Cimareme karena saya ada di Kab. Bandung Barat. Ok saya ke Samsat Cimareme dan siapkan dokumen:

  1. Dokumen mutasi masuk dan Fotocofy nya, kalau bingung mana saja yang difotocopy nanti bisa fotocopy di lokasi samsat dan minta copy untuk mutasi masuk.
  2. Kartu Keluarga, karena sistem Pajak Progresif sekarang berdasarkan KK, maka data KK diminta. Artinya kalau kita punya 1 kendaran, istri punya 1 kendaraan itu kena Pajak Progresif karena ada 2 kendaraan di dalam satu KK (kartu Keluaraga).
  3. Dokumen Hasil Cek Fisik Rangka Mesin

Masuk ke bagian mutasi masuk, nanti akan diproses dan diberikan surat jalan yang kemduian seminggu lagi akan dijadikan bukti pengambilan STNK baru dan Plat Nomor Baru, sambil disiapkan biayanya nanti.

Setelah seminggu kemudian, tanyakan kembali dengan membawa surat jalan. Nanti akan banyak loket harus di jalani oleh karena itu disarankan datang lebih pagi. Ada beberpa loket yang harus di lewati termasuk loket pendaftaran kendaraan baru. Saya sendiri prosesnya dari jam 8 selesai jam 10.30. Biaya yang dikeluarkan 417.000 karena biaya STNK + pajak tahunan. Oh iya, plat nomor bisa langsung di ambil kalau sudah dapet STNK, nunggu di cetak di gedung sebelah samsat. Proses pencetakan plat nomor tidak dikenakan biaya (GRATIS).

Jadi total pengurusan mutasi motor saya kurang lebih 800 ribu-an, padahal pada tahun 2011 an saya pernah melakukan mutasi motor dari subang ke Garut (motor Honda Grand Astrea 97 – motor pertama saya) dengan menggunakan biro jasa di Bandung yang terkenal yaitu BOU** harus mengeluarkan biaya kurang lebih 1,6 Jutaan.

IMAG0807

Foto diatas adalah Nomor Cantik yang saya dapatkan dari Samsat Kab. Garut yang sekarang tinggal kenangan dan digantingakn dengan nomor yang lebih cantik.

Iklan

Penulis: Supono

Always Smile Anyware and Everyware

3 tanggapan untuk “Mutasi Motor”

    1. Kasus mutasi diatas adalah hanya pindah alamat dengan nama pemilik yang sama. Oleh karena itu secara KTP nama dan nomor KTP sama, tetapi jika mutasi kendaraan dari orang lain, maka KTP orang tersebut diperlukan.
      Kalau KTP lama tidak ada, bisa mengganti dengan uang 150.000 (seratus lima puluh ribu) untuk biaya administrasi (pengalaman teman di samsar Bandung).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.