Kualitas Data

Kualitas Data
Kualitas Data

Ketika kita bicara tentang DATA, yang terpikirkan saya pertama kali adalah hasil capture/tangkapan berupa fakta-fakta lapangan atau arsip-arsip yang biasanya berserakan dimana-mana, atau data dapat didefinisikan sesuatu yang belum memiliki makna (cikal bakal informasi). Saya membuat artikel ini sebagai salah satu keperluan untuk referensi tugas saya, dan kalau ditulis diblog bisa dibaca lagi suatu saat kalau lupa lagi. Mari kita mulai dengan mendefinisikan data menurut beberapa sumber:

Menurut Turban et al. (2005, p38), data adalah deskripsi dasar tentang sesuatu, kejadian, kegiatan, dan transaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, dan diklasifikasikan namun tidak terorganisir untuk menyampaikan suatu arti khusus.

Menurut McLeod dan Schell (2007, p12), data terdiri dai fakta dan gambaran yang secara umum tidak dapat digunakan oleh user (perlu diolah).

Dari kedua definisi diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa data adalah fakta yang masih mentah dan belum memiliki arti bagi pengguna karena belum diolah.

Semakin banyaknya data yang menumpuk dalam sebuah perusahaan, maka dibutuhkan sebuah penyortiran atau penilaian apakah data tersebut berkualitas atau tidak, sehingga hanya data yang berkualitas saja yang dipertahankan dan diarsipkan, data yang tidak berkualitas, ya masuk sampah. Jika tidak ada penilaian atau pengukuran seperti ini akan mungkin begitu menumpuknya data tetapi tidak berkualitas. Nah berikut ini akan diberikan penjelasan data yang berkualitas itu seperti apa, sehingga sebuah organisasi dapat memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan lain dan akan mengurangi sapce/tempat penyimpanan dan efisien.

Menurut Mark Mosley (2008), dalam bukunya “Dictionary of Data Management”, pengertian kualitas data adalah level data yang menyatakan data tersebut akurat (accurate), lengkap (complete), timely (update), konsisten (consistent) sesuai dengan semua kebutuhan peraturan bisnis dan relevan.

Beberapa indikator data yang berkualitas antara lain sebagai berikut:

  1. ACCURACY = data yang tersimpan nilainya benar (name cocok dengan alamatnya)
  2. DOMAIN INTEGRITY = nilai attributnya sesuai batasan yang diperkenankan (nilai attribut laki n perempuan)
  3. DATA TYPE = Nilai data disimpan dalam tipe data yang sesuai (data nama disimpan dengan tipe text)
  4. CONSISTENCY = nilai sebuah field data akan sama semua dalam berbagai berkas (field produk A dgn kode 123, akan selalu sama kodenya di setiap berkas lain)
  5. REDUDANCY = tidak boleh ada data yang sama disimpan di tempat yang berbeda dalam satu sistem
  6. COMPLETENESS = Tidak ada nilai atttribut salah yang diberikan dalam sistem
  7. DATA ANOMALY = sebuah field hanya digunakan sesuai kegunaannya. (field address3  digunakan untuk mencatat baris ketiga dalam alamat bukan untuk telp atau fax)
  8. CLARITY = Kejelasan arti kegunaan dan cara penulisan sebuah data (penamaan khusus)
  9. TIMELY = merepresentasikan waktu dari data yang dimasukkan (jika data digunakan perhari maka data pada warehaouse harus juga dibuat per hari)
  10. USEFULNESS = setiap data harus benar digunakan oleh user
  11. ADHERENCE TO DATA INTEGRITY RULES = taat pada aturan keterhubungan data

Ada beberapa teknik pengukuran apakah data di organisasi/perusahaan kita berkualitas atau tidak, salah satunya dalam buku “Executing Data Quality Projects: Ten Steps to  Quality Data and Trusted Information” oleh Danette McGilvray dari MIT dengan 10 langkah seperti pada gambar dibawah ini

Pendekatan dalam Pengelolaan Kualitas Data
Pendekatan dalam Pengelolaan Kualitas Data

Selain kita menentukan data yang berkualitas, kita juga sebaiknya memperhatikan siklus hidup dari data tersebut, bagaimana data dibuat, disimpan sampai dengan data tersebut dihancurkan, seperti apa metode dari setiap pase-nya.

Siklus Hidup Data
Siklus Hidup Data

Sumber: Dari Berbagai Sumber (sebagian udah disebutkan dideskripsi diatas)

Iklan

2 pemikiran pada “Kualitas Data

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s