Apa Itu XHTML

HTML adalah “bahasa” web yang sehari-hari seorang desainer Web pergauli, baik itu secara langsung, maupun secara tidak langsung. Sejak tahun 1990-an HTML dipergunakan untuk menghantarkan informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui Web browser. Zaman mengalami perubahan, kini, posisi HTML akan digantikan dengan XHTML. Apakah itu XHTML?

XHTML singkatan dari Extensible Hipertext Markup Language adalah “bahasa baru” yang dibuat oleh W3C untuk menggantikan kedudukan HTML. Namun sebenarnya, XHTML adalah gabungan dari HTML dan XML. Sejak kelahirannya XHTML 1.0 pada tahun 2000, kemudian XHTML dirilis pada tahun 2001. Tentu saja dengan adanya XHTML tidak semata-mata hanya menggantikan, tentunya XHTML memiliki kelebihan dibandingkan dengan HTML.

XHTML dibuat dengan tujuan agar terdapat sebuah “bahasa” standar yang dapat digunakan oleh aplikasi lain secara luas dan oleh platform yang berbeda. Dengan menggunakan XHTML, sebuah situs masih dapat dinikmati dengan baik menggunakan browser teks, PDA, Phone Cell, dan lain-lain. Sedangkan HTML hanya dapat dinikmati dengan baik bila menggunakan Web browser seperti IE atau Netscape. Hal ini memungkinkan halaman Web yang menggunakan HTML akan lebih dapat diterima secara luas oleh berbagai aplikasi.

About these ads

8 comments on “Apa Itu XHTML

  1. Ping-balik: Cek Code Website dengan W3C Validator » Let’s Healthy And Wealthy

  2. Pada intinya, kalau HTML hanya untuk web browser aja, sedangkan XHTML selain bisa diakses di web browser, juga bisa diakses di device lain seperti HP, dan perangkat keras lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s