Apa itu CSS

CSS singkatan dari Cascading Style Sheet adalah sebuah dokument yang digunakan untuk mendesain atau mengatur tampilan tata letak sebuah halaman web, CSS ini bersifat embeded pada tag HTML yang artinya menempel atau melekat pada tag HTML. Sebagai Contoh embeded seperti di bawah ini <h1 class=”header”>Pengantar</h1>.
Dengan CSS ini, kita bisa mengontrol/mengatur seluruh tampilan halaman web dengan hanya sebuah dokument CSS, biasan ekstensi untuk file CSS adalah .css (dot css).
Selain itu, CSS juga dapat menggantikan fungsi tabel dan dapat meminimalkan ukuran file HTML. Bayangkan jika Anda membuat sebuah kotak dengan tabel dan CSS jauh lebih efesien, Sebagai contoh, Anda membuat sebuah tabel dengan satu kolom dan satu buah baris :
Dengan Tabel :
<table border=”0″ cellpadding=”0″ cellspacing=”0″>
<tr>
<td>
Content Box
</td>
</tr>
</table>
Dengan CSS :
<div class=”box”>
Content Box
</div>
Pada perkembangannya CSS sudah masuk lelvel 3 untuk sekarang, dimana dimulai CSS level 1 atau yang sering di sebut CSS aja, kemudian level 2 yang merupakan penyempurnaan dari CSS level sebelumnya, yaitu CSS level 1.
CSS merupakan alternatif bahasa pemrograman web masa yang akan datang, dimana mempunyai banyak keuntungan, diantaranya :
– Ukuran file lebih kecil
– Load file lebih cepat
– Dapat berkolaborasi dengan JavaScript
– Pasangan setia XHTML
– Menghemat pekerjaan tentunya, dimana hanya membuat 1 halaman CSS.
– Mudah mengganti-ganti tampilan dengan hanya merubah file CSS nya saja.
– Dan banyak lagi yang lainnya.

Dikirimkan di CSS

39 tanggapan untuk “Apa itu CSS

  1. # To suroso :
    Semoga bermanfaat mas.

    # To haidir :
    Semoga bermanfaat mas. Silahkan meng-copy mas mencantumkan nama sourcenya dan alamat webnya.
    Source From : Supono [https://supono.wordpress.com]

  2. # To sela :
    Salam kenal sela, saya juga kuliah di jurusan information technology (IT), halah ga penting banget he he…
    Ya intinya dengan CSS kita mempercantik halaman web, memperkecil ukuran file, me-menage seluruh content desain web dengan satu file css. Mungkin seperti itu yang saya tau.

    # To nikmah
    Hai juga, aku supono dari Garut he he…
    Seperti yang sudah saya jelaskan ke sela di atas, kurang lebih seperti itu.

  3. # To batubaranews:
    Yang saya tau, kalau edit CSS di wp yang alamat blog gratis, ga bisa (cuma preview aja) itu harus upgare ke “paid upgrade” alias kudu bayar. Coba aja di panel admin-> Presentation -> Edit CSS untuk coba-coba edit CSS. Atau download aja wp-nya, terus di rumah di otak-atik di localhost.

  4. Mas, ane mo nanya, gmn cara edit css buat menghilangkan efek auto alphabetic pada nama pages. Kepingin di set manual gt…! makash Mas!

  5. # To ilyas:
    Aduh ga ngerti pertanyaanya, “Auto alphabetic pada halaman page” maksudnya seperti apa yah? saya coba tebak, di CSS juga ada yang namanya upercase untuk memperbesar huruf secara automatic, lowercase dan sebagainya.

    # To Aang Sodikin:
    Bukan Supomo tapi Supono he he…

    # To Pengangguran Sejati:
    Cinta Sama Sidia kalau sekarang mah yah he he

  6. Ladalah..cocok ini yg aku cari, setiap aku masuk ke blog trutama wp selalu ada cssnya. akhirnya tau jg jwbnya. trus klo mau bikin komentar yg sllu muncul di bawah artikel plus jawabanya sprti punya mas ini gmn mas…? makash sblmnya.

    Tinggal tulis ada mas, seperti kita mo nulis comment, cuman di kasih depannya, mo ke siapa kita akan berkomentar.

    SPN

  7. Hatur nuwun ma$ infoNya.Perlu byk blajar lagi(maklum msh br di dunia perblogingan) mampir aja ke blogku kalo mau donlot live writer portable

  8. # To Alexis D’phoenix:
    Bisa, tapi klo wordpressnya yang gratisan hanya temporary, ga bisa permanen dipakai

    # To Cuplis:
    Terima kasih, langsung ke TKP

    # To Jituiklan.com:
    Terima kasih

  9. Wah ilmunya bermanfaat banget mas supono, mau gak ya bimbing saya agar pandai seperti mas, maklum saya tak sekolah mas, apalagi kuliah, jadi sangat gaptek banget campur kuil= Kurang ilmu gitu! Mas tolong bimbing saya ya? Saya dah coba bikin blog di blogger tapi bingung mau diapain…

  10. salam kenal pono wah… ini membantu skali.. sy pernah buat blog tp sy binun. jadinx gambar.. gambar lalu tulisan.. sy maunx tulisan gambar.. tulisan gambar .. sprti itulah.. tp gagal mulu.

  11. bro tambah lg dong postingannya, nanggung neh, sulit banget nyari tutorial css yang bisa di baca saya

    Sip, terima kasih. Mudah-mudahan selalu ‘istiqomah’ dalam posting 🙂

    Supono

  12. Mas Supono sy nich gaptek banget dng blog, tp sy pengin bisa membuat blog udah saya coba membikin di blogspot tp jadinya gitu2 aja ga menarik mau bikin yg lebih dah ga bisa caranya
    sy mo minta tolong dong ajarin jarak jauh lwt email ga papa ato lwt apalah ..bayar jg mau .. yg penting ngajari step demi step sampai ngerti betul lah
    sy tinggal di Bontang kaltim tolong email sy ya mas …email sy ini….. Hadisainto@gmail.com atau hadisantos@yahoo.com …..sy sungguh2 mas sy tunggu ya emailnya….thanks B4

    Udah saya kirim email, silahkan dicek.

    Supono

  13. Salam Mas Supono,
    Sayangnya untuk blog gratisan ga ngefek ya mas hehehe…
    Terima Kasih Mas Supono untuk infonya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.