Sejarah Telepon Seluler

Sejarah telepon seluler atau yang kita kenal HP, ternyata sudah ada dari jaman penjajahan, yaitu kira-kira tahun 1947 di negara paman sam alias Amrik dan Eropa sana. Pada tahun 1910 adalah cikal bakal telepon seluler yang ditemukan oleh Lars Magnus Ericsson, yang merupakan pendiri perusahaan Ericsson yang kini di kenal dengan perusahaan Sony Ericsson. Pada awalnya, orang Swedia ini medirikan perusahaan Ericsson memfokuskan terhadap bidang bisnis perlaan telegraf, dan perusahaanya juga tidak terlalu besar pada waktu itu.

Pada tahun 1921 pertama kalinya Departemen Kepolisian Detroit Michigan menggunakan teleopn mobile yang terpasang di semua mobil polisi dengan menggunakan freuensi 2 MHz.

Pada tahun 1960, di Finlandia sebuah perusahaan bernama Fennis Cable Works yang semula berbisnis dibidang kabel, melakukan ekspensi dengan mendirikan perusahaan elektronik yang bernama Nokia sebagai handset telepon seluler.

Tahun 1970-an perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan di dominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu di Eropa dengan perusahaan Nokia dan rerusahaan Mototola-nya.

Pada tahun 1969, sistem telekomunikasi seluler dikomersialkan. Setelah tahun 1970, telekomunikasi seluler semakin sering dibicarakan orang. Motorola mengenalkan telepon genggam tiga tahun kemudian. Ukurannya memang cukup besar dengan antena pendek. Ada pula ponsel dengan ukuran sekoper. Dr Cooper yang menjadi manajer proyek inovasi Motorola itu memasang base station di New York. Untuk proyek ini Motorola bekerja dengan Bell Labs. Penemuan ini sekaligus diklaim sebagai penemuan ponsel pertama. Di suatu pagi 3 April 1973,Cooper, saat itu menjabat sebagai general manager pada Divisi Communication Systems Motorola mempertunjukkan cara berkomunikasi aneh dari terminal telepon portable. Dia mencoba ponsel ‘raksasanya’ sambil berjalan–jalan di berbagai lokasi di New York. Itulah saat pertama ponsel ditampilkan dan digunakan di depan publik.

Dalam pertunjukan itu, Cooper menggunakan ponsel seberat 30 ounce sekitar (800 gram) atau sepuluh kali lipat dibandingkan rata – rata ponsel yang beredar saat ini.

82 tanggapan untuk “Sejarah Telepon Seluler

  1. “Tahun 1970-an perkembangan telepon mobile menjadi pesat dengan di dominasi oleh 3 perusahaan besar yaitu di Eropa dengan perusahaan Nokia dan rerusahaan Mototola-nya.”

    ini kesalahan penulisan atau gimana ? anda menyebutkan 3 perusahaan besar di Eropa, tapi anda hanya menyebutkan 2 perusahaan dan salah satunya bukan perusahaan yang berasal dan berbasis di eropa ( Motorolla )

  2. bisa tolong berikan informasi tentang cara kerja dari telepon genggam sehingga dapat bekerja layaknya telepon dengan kabel. masalahnya saya punya masalah dengan sidang saya di sekolah tentang perbedaan cara kerja telepon genggam dengan telepon kabel. terimakasih

  3. mas tanya nih ada ga sejarah terbentuknya nokia? dan organisasi didalamnya? serta perkembangannya? Thanks for informasinya.

  4. wah sip dech..tgas aq jd rada enteng nich, klo leh minta sjrah perkmbngan komnikasi dari morse ampe 3G dunk. .
    he3……

  5. kate guwe sih………………………………………………………………………………
    hehehe………mau tau yah………….ntar aje yeeeeeee

  6. # To Rezza Atyamanegara :
    Kalau yang detail mah di googling aja mas, entar di sambung-sambungkan, he he…

    # To Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia :
    Terima kasih sudah mengambil materi dari saya dan mencantumkan alamatnya.

  7. saya mau tanya tentang informasi mengenai sejarah telepon selular. klo bisa sumber informasinya di cantumkan. makasih sebelumnya…..

  8. mas bisa tolong berikan informasi tentang cara kerja dari telepon genggam sehingga dapat bekerja layaknya telepon dengan kabel. masalahnya saya sulit mencari data tentang perbedaan cara kerja telepon genggam dengan telepon kabel. skripsi saya siap menuju bab II terimakasih

  9. klo penemu ma tokoh2 yg berperannya ada g?
    Trus cara kerja ma hubungannya ma GEM ada g?
    klo ada kasih tau ya….
    Pliiissss…
    Buat bahan tugas sekolah nich,,,,,

  10. Ass….
    boleh tdk aku minta tolong
    agar diberikan informasi tentang cara kerja telepon rumah, televisi, dan radio
    thanks before

  11. # To ‘na :
    Tokoh-tokoh yang saya tau ya di tulisan di atas, yang lainnya blom sempat baca-baca he he, Kalau penemu awal telepon klo ga salah mah Graham Bell. Hubungannya dengan GEM, malah saya ga tau apa itu GEM? maaf orang n’deso

    # To wahyu :
    http://www.howstuffworks.com/ jawabannya. Kamu bisa mencari cara kerja sesuai baik itu benda atau hal lainnya seperti otak, dsb. Syaratnya hanya satu sedikit bisa mengartikan Bahasa Inggris. Karena semuanya berbahasa Inggris.

  12. # To dilla, Eka_MKS:
    Sama-sama, semoga bermanfaat

    # To Muhammad Yusuf, yoga:
    Silahkan mas tulis ulang, dengan catatan mencantumkan sumbernya.

    # To kuro:
    Untuk laporan kan biasanya mengambil dari beberapa sumber, salah satunya mungkin artikel ini bisa membantu Anda untuk mengerjakan laporannya. Tul ga?

  13. # To Kirana:
    Sama2

    # To nanang:
    Selama mencantumkan nama penulis, so ga apa2.

    # To ciel:
    Pendapat saya, ada pengaruh negatif dan positifnya juga dari perkembangan selular ini.
    – Pengaruh Positif:
    Komunikasi menjadi mudah, dengan komunikasi mudah diharapkan akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    – Pengaruh Negatif:
    Ketergantungan terhadap teknologi, pengeluaran bertambah, kadang menjadi korban dari fasilitas seperti sms dll.

  14. makasih y…
    smoga pkerjaan anda dipermudah oleh-Nya…
    ttp semangat….!!!
    alhamdulillah tgas sy terbantukan dgn artikel anda ini

  15. adakah data yang menyebutkan kapan tepatnya handphone masuk ke indonesia dan merk apa yang terlebih dahulu masuk?

    terima kasih 🙂

  16. saya minta izin copy artikelnya,,untuk referensi pembuatan makalah. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  17. # To dawam:
    Amin…
    Saya ikut senang.

    # To reginassi:
    Wah, saya ga tau kalau maslah itu, coba tanya ke dep. komunikasi dan informatika, mungkin mereka punya data atau sejarah telekomunikasi masuk ke Indonesia

    # To ria dan Boy:
    Silahkan

  18. # To msip dan gideon:
    Silahkan, jangan lupa sisipkan sourcenya dari mana yah.

    # To Jerry Jimmy. S:
    Bagi yang memerlukan saja silahkan.

    # To biipp.go !:
    Bagimana penjelasannya yang kurang jelasnya?

  19. mas pono,, namanya kya yang jual bamie di deket rumah q.. hehe… mz klo pengertian seluler sendiri itu apa? tq

  20. # To rimang:
    Nama saya ternyata banyak yah, kiraun satu-satunya, he he. Ya mungkin beda rezeki aja ma mas yang di situ…
    Pengertian seluler kan berasal dari bahasa inggris yang artinya terdiri dari sel-sel, maksudnya sel2 dalam sebuah gelombang tau sinyal.

    # To bacadongini:
    Blognya bagus dan informatif, Thx

  21. mas supono,, makasih ya…! wuii, ak bantuin nyari PR untuk ade’..akhirnya dapet juga.. hihihi,, mksh banyak ya mas..

    sukses sll…!!

  22. # To shofiyudin:
    Monggo silahkan…

    # To nidia:
    Sama-sama, terima kasih

    # To hafid:
    Saya hanya punya bahan tentang telepon seperti tertera di atas, silahkan copy aja data diatas, jangan lupa cantumkan sumbernya yah

  23. Pa Supono…
    sekarang saya memerlukan referensi tulisan tentang sejarah masuk ponsel lokal selain ponsel ternama ke indonesia. mhn bantuannya….

  24. # To sakura:
    Ga ngerti sebelah mananya yah?

    # To syamhudi:
    Contohnya seperti apa tuh ponsel lokal? saya belum sepmat melanjutkan crita ini. Bagaimana awal mula masuk ke negara kita.

    # To riris:
    Terima kasih

  25. Untuk membuat Web yang bisa di akses via HP, tergantung jenis HP nya, kalau mendukung HTML si HP nya pasti bisa dibuka. Bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web bisa di akses di HP namanya WML.

  26. pereeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttttt………………………………………………………………………..ah…………………………

  27. artikel ini tidak ilmiah dan sumbernya juga tidak ilmiah sehingga tidak bisa dijadikan acuan penulisan karya ilmiah

  28. Thank’x ea bwat infox . . .
    Kalo ada eank lbh spesifik d0nk biar agak jLaz n mudah d mNgerti neh . .Thank’x ea bwat

  29. terima kasih atas infonya mas supono,walu ada sedikit perbedaan dengan yg ada di wikipedia tp buat saya bisa menambah khasanah.
    cuma saya minta bantuannya deh,krn saya mendapat tugas memberi materi tentang pengantar teknisi HP,mohon dibantu utk membuat materinya mas…. karena saya dpt jatah 2 hari / 16 JP sedang yg teknis sudah ada yg memberikan materi.
    kalo bisa.tolong dikirimi ya mas…..kalo mau sih,semoga Tuhan membalas budi baik mas pono.

    Itu kan tentang sejarahnya, mau tentang apa? Ilmu tentang seputar HP itu banyak, dari mulai Hardfware nya, softwarenya atau aplikasinya, sistem operasinya (Android, Symbian, iOS, dll), generasinya (1G, 2G, 3G, 4G, dst), jaringannya, dll. Jadi banyak tema untuk dua hari yang bisa di gunakan

    Supono

  30. berarti yg menciptakan hp tuh sangat berjasa ya……

    Mungkin tepatnya “yang menemukan” bukan menciptakan, karena sifat “yang menciptakan” itu hanya milik sang pencipta hehehe, iya sangat berjasa sehingga kita bisa berkomunikasi walaupun orang terdekat kita jauh disana.

    Supono

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.