Guide To Garut

Bagi Anda yang mau bepergian ke kota Garut, sebaiknya baca dulu artikel ini (promosi kota sendiri he..), disini akan diberikan sedikit informasi tentang garut, diantaranya tempat wisata yang sering dikunjungi dan wisata belanja. Jika ada yang mau nambahin silahkan isi di comment/komentar. Garut tersohor dengan julukan “Garut Kota Intan”. Intan sendiri kepanjangan dari Indah Tentram Aman dan Nyaman. Garut secara geografis terletak disebelah bumi bagian selatan yang dikelilingi gunung2 dengan ketinggian rata-rata 700-750 meter diatas permukaan laut dengan iklim tropis suhu rata-rata 24.3 derajat celcius, 27.3 derajat celcius, dingin-dingin empuk.

1. Candi Cangkuang (Cangkuang Temple)
kira-kira 16 Km sebelah utara Tarogong arah menuju Bandung, tepatnya didaerah Leles. Yang uniknya adalah mereka biasanya menggunakan delman/andong untuk mencapai tujuan. Tempatnya berbentuk situ, situ tersebut ditutupi oleh bunga teratai dan ditengah situ tersebut ada Candi Cangkuang yang dibangun oleh Kerajaan Galuh. Disitu juga ada Kampung Pulo yang terdiri dari 6 buah rumah (tidak bertambah dan berkurang samapi dengan sekarang).

2. Cipanas
Terletak di lereng gunung Guntur Kec. Tarogong, atau 6 Km dari pusat kota kira-kira 15 menit ditempuh dengan kendaraan. Terdapat sumber mata air panas untuk menyembuhkan berbagai penyakit atau sekedar merendam. Ada juga fasilitas pemancingan disekitar daerah cipanas.

3. Curug Citiis (Citiis Faterfall)
Terletak di selatan Kec. Tarogong Kaler berdekatan dengan objek wisata Cipanas. Daya tarik objek wisata ini adalah berlatar panorama Gunung Guntur yang mempesona. Memberi tantangan untuk mendaki gunung untuk sampai ke sini, dapat ditempuh 8 Km dari pusat kota.

4. Situ Bagendit (Bagendit Lake)
Adalah danau yang dilingkupi oleh kawasan yang masih alami, dikelilingi pesawahan dan perkampungan penduduk. Terletak dikec. Banyuresmi, Anda dapat berlayar ke tengah situ. 13 Km dari pusat kota.

5. Flamboyan Ngamplang
Ojbek wisata Lapangan Golf Ngamplang berada di Kec Cisewu 5 Km dari pusat kota yang merupakan tempat peristirahatan yang nyaman dengan view indahnya perkampungan Ngamplang. Cocok jika datang pada malam hari, karena kita bisa memandang kota Garut dengan lampu yang kedip2.

4. Makan Keramat Godog (Godog Holy Graveyard)
Sunan Godog dikenal dengan sebutan Prabu Kiansantang yaitu penyebar agama Islam di Jawa Barat. Makan ini terletak di Desa Lebak Agung Kec. Karangpawitan, 11 Km dari pusat kota atau 40 menit-an.

5. Makam Keramat Cinunuk (Cinunuk Holy Graveyard)
Terletak di Desa Cinunuk Kec. Wanaraja, 13 Km dari pusat kota atau 30 menit dengan kendaraan, dengan jurusan Terminal Guntur – Wanaraja disambung naik Andong/delman atau ojek untuk mencapai tujuan.

6. Kawah Talaga Bodas (Talaga Bodas Crater)
Cocok untuk hiking dan berendam, karena disana ada pemandian yang mengandung belerang untuk menyembuhkan berbagi penyakit kulit. Jarak dari pusat kota 19,5 Km.

7. Kawah Darajat (Darajat Crater)
Mempunyai sejumlah kawah yang masih aktif dengan letupan-letupan kecil serta semburan air panas. 17 Km dari pusat kota arah menuju daerah Samarang.

8. Gunung Papandayan (Panandayan Mount)
Kira-kira 29 Km sebelah barat daya kota Garut, merupakan gunung berapi yang masih aktif. Untuk samapi ke sana dapat menggunakan kendaraan umum jurusan Garut – Cikajang dari terminal Garut. Pemandangannya yang membuat kita akan terpesona.

9. Situs Kabuyutan Ciburuy (Ciburuy Sanctuary)
Terletak di Kampung Ciburuy desa Pamalayan Kec. Cigedug, 15 Km dari kota kecamatan dan 17 Km dari pusat kota. Beraneka pohon besar dan kecil, 1/3 daerahnya ditumbuhi oleh pohon bambu. Disana juga ada tempat penyimpanan Benda Cagar Budaya dan 3 rumah keramat.

10. Air Terjun Neglasari (Neglasari Waterfall)
Terletak di Kec. Cisompet, 59 Km dari pusat kota atau 2,5 jam dengan kendaraan. 1 Km dari jalan raya untuk masuk ke tempat ini, dengan perjalanan yang asik karena dikelilingi oleh perkebunan teh.

11. Curug Orok (Orok Waterfall)
Kira-kira 29 Km dari pusat kota Garut tepatnya di desa Cikandang Kec. Cikajang. Suasana yang sejuk, curug yang membelah perkebunan teh, dan aktivitas orang-orang yang memetik teh membuat kita semakin terpesona.

12. Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang merupakan daerah tujuan wisata kota Garut di desa Mancagahar Kec. Pameungpeuk. Suasana pantai yang jauh dari keramaian cocok untuk beristirahat dengan hamparan pantai putih deburan ombak. Jarak dari pusat kota kira-kira 80 Km atau 3,5 jam dengan kendaraan.

13. Pantai Santolo (Santolo Beach)
Terletak di Kec. Cikelet sebelah selatan kota Garut berdekatan dengan Sayang Heulang kira-kira 88 Km dari pusat kota. Pantai ini terkenal di kota Bandung yang merupakan tujuan objek wisata terutama pas hari-hari besar. Disini kita bisa menikmati panorama, biota laut, beli cendarmata, makan-makan dll.

14. Pantai Gunung Geger (Gunung Geger Beach)
Di desa Cijambe Kec. Cikelet 90 Km dari pusat Kota. Jika mau kesana, jangan lupa bawa topi, panas banget.

15. Pantai Cijeruk Indah (Cijeruk Indah Beach)
Di Kawasan Cagar Alam Leuwi Sancang melewati kebun karet, kira2 96 Kmdari pusat Kota. Biasanya mereka berkemah dan naik perahu.

16. Pantai Taman Manalusu (Manalusu Park Beach)
Tempat sepi sunyi jauh dari keramaian kota, hamparan pasir laut, gugusan karang yang terjal disepanjang pantai. 96 Km dari pusat kota.

17. Kampung Dukuh
Di desa Cijambe Kec. Cikelet. Keunikannya yaitu 3 rumah dengan kesergaman struktur dan bentuk arsitektur bangunannya dengan kemiringan tanah yang sama.

18. Pantai Cijayana (Cijayana Beach)
Di desa Cijayana Kec. Bungbulang, 87 Km dari pusat Kota dan dilanjutkan dengan mengendarai ojek.

19. Pantai Ranca Buaya (Ranca Buaya Beach)
Tidak ada buaya disini! Terletak di Kec. Caringin atau 102 Km dari pusat kota suasana yang masih asri dengan aktivitas nelayan, panorama, peternakan walet, dan biota laut.

20. Objek Wisata Leuwwung Sancang (Leuweung Sancang Tourist Resort)
Kawasan konservasi terletak di Kec. Cibalong, 96 Km dari pusat kota. Kondisi jalan masih berbatu (koral), dengan luas wilayah 2,157 Ha. Fauna disana adalah : Banteng, Burung Merak, Mencek, Werejit, dll.

21. Curug Cihanyawar (Cihanyawar Waterfall)
Terletak di kaki gunung Guntur di Kec. Cisewu 15 Km dari pusat Kota.

22. Cimandi Racun
kira2 30 menit dari Kec. Kadungora atau 17 Km dari pusat Kota. Cocok untuk jalan-jalan menikmati udara yang bebas polusi.

23. Pantai Karang Paranje (Paranje Coral Beach)
Di desa Cibalong, 86 Km dari pusat kota. Cocok untuk ketenangan jiwa.

24. Para Glaiding Gunung Haruman (Mount Raruman Para Glaiding)
Cocok untuk olah raga terbang layang di perkampungan Kec. Kadungora 30 menit dari Kota Garut.

25. Arung Jeram (Rafting Sport)
Di sungai Cimanuk dan Sungai Cikandang yang melewati hutan bambu, tebing, pesawahan, perkampungan dengan lama perjalanan 2,5 jam atau trip terpendek 7 Km.

26. Kawah Kamojang (Kamojang Creater)
Terletak di dua wilayah, di desa Cibeet Kec. Paseh masuk daerah Bandung atau dari Samarang dari garut.

27. Makanan Khas Garut (Specific Food From Garut)
Ya betul, DODOL! ada juga Ladu dari Malangbong, Burayot dari Leles, Jeruk dari Wanaraja, Angleng dan Wajit dari Cihurip. Dapat dijumpai di sepanjang pusat kota Garut atau di Spanjang Kec. Tarogong bagi mereka yang mau pulang dari Garut, Tarogong tempat persinggahannya.

28. Batik Tulis Garutan
Merupakan home industri yang tersohor kemana-mana yang dikerjakan dengan alat yang sederhana dengan tangan yang terampil dan motif yang indah dan menawan.

29. Kerajinan Kulit (Leather Craft)
Sukaregang tempatnya! untuk belanja aneka produk kulit dari mulai jaket sampai dengan aksesoris lainnya, dijamin asli.

30. Sutra Alam (Silk Worm Clothes)
Terletak di Tarogong Garut, merupakan tempat pengembangan ulat sutera dan pemintalan kain tenun sutra tradisional.

31. Akar Wangi (Fragrant Grass)
Daerah Bayongbong dan Samarang merupakan daerah penghasil akar wangi terbanyak Indonesia, karena akan ini hanya tumbul di daerah situ.

Dan banyak lagi yang lainnya… Silahkan “kukurilingan” di Garut untuk menikmati secara dekat indahnya kota Garut.

Referensi:
– Dinas Paariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut.
– Pengalaman Penulis sendiri saat melancong.
– Teman-teman.

Iklan

50 pemikiran pada “Guide To Garut

  1. # To Ibnu:
    Teu sadayana tempat ka datangan kang, ya aya sababaraha hiji anu can kaubek. Tapi anu deket rumah kang Ibnu mah atos diubek (Pantai Ranca Buaya) tea.

    # To Didin sadidin:
    Hidup pariwisata Garut. Garut bangkit, Garut berprestasi.

    # To Tagustian:
    Entar menyusul kalau ke sana lagi. Dulu mah can boga kamera (ayena oge sarua) he he… Sip masukannya. Tar saya edit dah klo ada waktu. Thx

  2. # To spypark.reborn:
    Udah saya baca, eh yang cash money itu bukan? kalau yang itu mah kurang tertarik euy.

    # To ira:
    Boleh, ajak-ajak kita kalau ke sana πŸ˜€

  3. ira

    …kalo da tamu yang mo rafting,hiking or climbing…ksulitan dpt fasilitas dsb nya….bisa kontek qta.. PPA JENGGALA – Garut…otrew????….!!!

  4. # To inimare:
    Sama2, makanan khas Garut yang terkenal adalah DODOL

    # To ira:
    Siap, akan saya segerakan bu.

    # To Indra Wijaya:
    Ya, namanya juga Kampung sendiri, pasti pengen pulang, tapi ingat kewajiban mencari nafkah harus jalan juga. Kalau rindu Garut mah tinggal buka aja blog ini he….

    # To Ina Manis:
    Saya sedang meluncur ka garut.org terima kasih infonya.

  5. dedeng

    abdi kataji ku carita prabu kian santang. tiasa pangaguarkeun babad godog?pami aya naskahna?
    nuhun
    wassalam

  6. hanna halimah

    saya mau tanya yang pernah ke kawah kamojang, apakah menuju kesana ( Kawah kamojang ) bisa mempergunakan Bus 43 seat?
    Tolong dong info lengkapnya

    Terimakasih ……….

  7. # To dedeng:
    Mangga dongkapan ke Makan Keramat Godog (Godog Holy Graveyard), didinya diguar carita Prabu Kiansantang.

    # To hanna halimah:
    Bisa, tapi ga sampai ke tempatnya pisan.

  8. dadan

    meni sono ka garut, tos lami teu ka kota garut, aya kana 5 taun mah. SImkuring ayeuna di Banten, salam wae kasadayana wargi-wargi di kota garut. Abdi ge asli garut asli Limbangan.

  9. halo.. lam kenal.. orang garut juga yah. πŸ™‚
    tau gak ke rancabuaya brp jam dr terminal guntur klo bawa mobil ndiri?
    btw gabung bloggergarut.or.id dooonggg… πŸ˜‰

    Kalau dari terminal guntur dengan kendaraan sendiri dengan kecepatan < 60 KM/Jam ya kurang lebih 5 jam lah. Soalnya jalannya lumayan berliku-liku dan ga rata.
    Kalau ke sana jangan Lupa ke Pakenjeng, deket curug orok ke bawah lah.

  10. Jang Yopiandi

    Kang Pono, tong di hilapkeun atuh oleh-oleh Khas ti Mancagahar Pameungpeukna kayaning Ager laut produksi pabrik Ager Rumput Laut APEL, Asin Jambal roti ti Santolo meserna ti bi Enok oge tongkol ti ceu Rohmah, sareng hiasan sato anu parantos di Air Keras ti mang Mulud sajabaning Lobster, Penyu, Manuk Laut sareng rea-rea deui….

    Salam kenal sareng ngahaturkeun nuhun weh kasadaya nu parantos rurumpaheun nyumpingan lembur sim kuring….

    Jajang Yopiandi
    Mancagahar

  11. # To rsuryanegara:
    Saya sudah e-mail pak…

    # To martha:
    Teu terang teh, tapi saya banyak temen n kluarga di sana, jadi bisa dicarikan kalo berminat ke sana.

    # To Jang Yopiandi:
    Salam kenal kang…
    Ya saya tau mancagahar, tapi belum pernah ke sana he he. baru sampai cikelet saja. Oleh2nya emang bikin gereget yah.

  12. indri

    Salam kenal kang Supono

    Saya dan keluarga berencana untuk main ke garut. Minta tolong panduan penginapan yg murah tapi nyaman πŸ™‚ serta rutenya. Starting point saya dari bandung.
    Hatur nuhun.

  13. hendri LNG

    Salam kenal dei lah kasadayana,..,….. sim abdi anak pamengpek lewinanggung… kirain saya
    kota pamengpek ga terkenal…eh ternyata orang jakarta juga banyak yang tau kota pamengpek,..emang bener dech
    jaman ke jaman kota pamengpek terus maju,… abdimah jujur
    abdimah bangga jadi sebagian orang pamengpek? sukses terus pamengpek ku…….!!!!!!!!!!!!!!

  14. # To indri:
    Saya udah kirim ke e-mailnya. mudah2an membatu dan selamat datang di kota Garut.

    # To ruri-maret 9, 2009:
    Salam kenal juga

    # To hendri LNG:
    Kita harus bangga menjadi orang daerah, tapi jangan kedaerah-daerahan. Katanya tahun 2010 ada isu pameungpeuk akan jadi kabupaten, memisahkan diri dari kabupaten Garut, bener ga yah? Apa cuma wacana saja.

    # To bobby:
    Setuju, hidup Garut…

  15. hendri_LNG

    kang supono punten ach….kalo masalah memisahkan diri mah?
    saya juga kurang tau..mhun cenah ari didangu dangu mah
    pameungpeuk teh bade janten kabupaten!!!!
    tapi eta oge tacan tentu…
    yaudah deh kita jangan terlalu memikirkan
    biarlah pemerintah yang mengurus nya
    yang terpenting kita jadi sebagian orang garut
    harus berusaha melestarikan budaya kita sendiri
    jangan mau kalah sama kota kota yang lebih maju.
    SUKSES terus garut pamengpek kuuuuu!!!

  16. nery

    Hallo Kang….

    saya ada rencana ke Garut akhir tahun ini bersama teman2 saya…

    mohon bantuan info penginapan yg murah meriah, & bisa muat banyak dong Kang….

    terima kasih sebelumnya.

  17. # To hendri_LNG:
    Sukses juga kang, yang penting adalah bagaimana kita bisa bermanfaat untuk sekitar kita.

    # To Djoko S:
    Ada di webnya garutkab.go.id pak

    # To Wiwin Indri:
    Ayo ke kota kami, kami sangat senang…

    # To nery:
    Ada di webnya garutkab.go.id, silahkan di akses

  18. Salam Kenal

    Jika Anda ingin menginap di Hotel Pantai Carita, Kami selaku Marketing Unit Owner Hotel Pantai Anyer Carita selaku pengelola Hotel dan Cottages menyediakan pilihan untuk Anda, Seperti Kondominium Lippo Carita dan Mutiara Carita Cottages. Untuk Lebih lengkapnya Anda bisa kunjungki Website kami di http://www.caritafantasi.com

    Terima Kasih

  19. abdie bangga jadi urang garut

    wah! janten hoyong uih ka garut ieu teh, emang garut mah moal aya duana. komo eta tempat nu nomer 1 mah.

  20. DuTski

    HuaAah jadi pengen ke garuT lagi..
    Pantai santolo yg indah, cikajang yg sejuk, neglasari yg bkin nyaman hati..
    Oia buat yg mau ke santolo dan nginap,disana ada koq penginapan murah tepat dipingGir pantai,dg harga 30 rb per mlm. Cuma ga ada listrik,pke lampu petroMax..

  21. Kalau yang saya tau, dulu sih tinggal langsung saja nyari ke wilayah kelapa sawit. Kebetulan rumah saya ga terlalu jauh dari situ, saya masuk dari kecamatan Pakenjeng. Kelapa sawit disana dikelola oleh PT. Condong, selalu ada pegawai disana baik yang pemeliharaan, kontrol atau panen sawit.

  22. Apakah pantai di garut selatan ada yang bisa untuk snorkeling? Apakah jalan dari garut ke pantai santolo cukup membayakan?

    Thanks untk info nya…

  23. Astri

    Pak boleh tau kalo ke arah kamojang dari stasiun cipeundeuy jauh tidak kira-kira? transportasi yang digunakan nya apa saja? Terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s